Perlu Tahu! Ini Deretan Aplikasi yang Menguras Baterai dan Memori Ponsel Anda

Pelayananpublik.id– Baterai handphone yang cepat habis tentu membuat kesal. Padahal tidak terlalu banyak dipakai, tapi ketika diperlukan baterainya malah turun dengan cepat.

Begitu juga dengan memori yang tiba-tiba penuh dan memberatkan kinerja ponsel. Pasti akan menyusahkan ketika ponsel lambat bekerja karena memorinya berat.

Tapi tahukah Anda penyebab baterai cepat habis dan memori penuh?

Ternyata ada beberapa aplikasi yang memakan ruang memori dan membuat ponsel bekerja ekstra hingga baterainya cepat habis loh.

Dilansir dari PhoneArena, ada deretan aplikasi yang paling banyak menguras baterai dan ruang penyimpanan di smartphone.

Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi sebuah aplikasi itu bisa menguras baterai dan ruang penyimpanan secara drastis. Mulai dari penggunaan sensor, akses data hingga aplikasi yang terus berjalan di background.

Seperti diketahui bersama, beberapa aplikasi ketika diinstal ke ponsel akan membutuhkan izin dari smartphone kita untuk mengakses kontak, wi-fi, kamera, lokasi (GPS) hingga mic.

Nah, ketika aplikasi yang membutuhkan akses tersebut terus berjalan, tidak heran baterai maupun ruang penyimpanan bisa terkuras dengan cepat.

Adapun deretan aplikasi yang paling banyak menguras baterai dan ruang penyimpanan HP Anda menurut pCloud adalah sebagai berikut:

20. Linkedin

19. Likke

18. Grindr

17. Telegram

16. Amazon

15. Booking.com

14. YouTube

13. Zoom

12. WhatsApp

11. Snapchat

10. Bumble

9. Tinder

8. Instagram

7. BIGO LIBE

6. Airbnb

5. Facebook

4. Skype

3. Uber

2. Verizon

1. Fitbit

Dari sekian banyak aplikasi di atas, pCloud mengungkapkan bahwa Fitbit merupakan aplikasi yang paling banyak menguras baterai dan ruang penyimpanan HP.

Hal tersebut karena aplikasi yang digunakan untuk kegiatan olahraga ini membutuhkan banyak akses. Mulai dari kamera, lokasi (GPS), mic, dan internet (wi-fi).

Terlepas dari semua itu, beberapa aplikasi sosial media juga mendominasi, sebut saja WhatsApp, Telegram, Snapchat, Instagram hingga Facebook. Aplikasi sosial media juga terus berjalan di background supaya bisa mendapatkan informasi terbaru, termasuk pesan yang terus diperbarui supaya tidak telat masuknya.

Tidak heran, aplikasi-aplikasi tersebut juga menguras baterai dan ruang penyimpanan yang cukup signifikan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *