Vaksin Gotong Royong untuk Perusahaan Dibanderol Rp500 Ribu

Pelayananpublik.id- Vaksinasi gotong royong akan segera bisa dilakukan untuk perusahaan. Vaksin ini diperuntukkan kepada pegawai perusahaan dan dibayarkan oleh perusahaannya.

Adapun harga vaksin untuk vaksinasi gotong royong adalah Rp500 ribu.

Hal itu dikatakan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto, Senin (10/5/2021).

“Sudah ditetapkan harga vaksin Rp 375.000 per dosis dan penyuntikan Rp 125.000, sehingga totalnya Rp 500.000,” sebutnya dikutip dari Kontan.co.id.

Airlangga menyebutkan, saat ini sudah tersedia 500.000 dosis vaksin Sinopharm di Indonesia yang nantinya digunakan untuk vaksinasi gotong royong.

Jumlah itu baru sebagian kecil lantaran pemerintah telah menyepakati kerja sama pengadaan vaksin Sinopharm sebanyak 7,5 juta dosis. Selain Sinopharm, dalam mekanisme vaksinasi ini pemerintah juga menyiapkan 5 juta dosis vaksin Cansaino.

Vaksinasi gotong royong diharapkan dapat dimulai secepatnya. Apalagi, vaksin tersebut telah dinyatakan aman oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan sudah bersertifikasi MUI.

“Dan tentunya vaksin gotong royong ini diharapkan sudah bisa dilaksanakan nanti di akhir bulan Mei ini,” kata Airlangga.

Sebelumnya, BPOM telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin Sinopharm pada 29 April 2021.

BPOM menerbitkan izin penggunaan darurat vaksin Sinopharm dengan nomor EUA 2159000143A2 dan memiliki kemasan satu vial berisi 0,51 ml.

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan, berdasar hasil dari uji klinik yang dilakukan di Uni Emirat Arab ditemukan bahwa vaksin Sinopharm memiliki efikasi 78 persen.

Ia juga mengatakan, kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) yang ditimbulkan dari vaksin tersebut bersifat ringan, seperti bengkak, kemerahan, sakit kepala, diare, nyeri otot, atau batuk.

“Jadi dari aspek keamanan adalah baik kategorinya, dapat ditoleransi dengan baik,” kata dia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *