Beginilah Kondisi KCW Pascadiresmikan Bobby Nasution, Lihat Foto-fotonya

Pelayananpublik.id – Sebulan pascadiresmikan oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution, Kesawan City Walk (KCW) menimbulkan polemik di tengah masyarakat.

Polemik itu muncul lantaran masyarakat khawatir KCW yang jadi pusat keramaian itu bakal jadi tempat penyebaran Covid-19.

KCW buka setiap hari mulai pukul 18.00 WIB. Penerapan dan pinindakan protokoler kesehatan (prokes) di lokasi terlihat berbeda dengan tempat lainnya.

Banyak dari pengunjung terlihat tidak menjaga jarak sesuai prokes yang berlaku. Ada juga yang terlihat melepas masker atau pelindung wajah.

Masyarakat ramai kunjungi KCW, Kiriman Budi Lubis

Faktanya, kondisi di KCW sangat jauh dari penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability). Padahal penerapan CHSE sedang disosialisasikan bagi pelaku usaha sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid-19.

Pascadiresmikan oleh Bobby Nasution, KCW jadi magnet bagi masyarakat. Ratusan orang berkunjung ke lokasi itu.

Untuk dugaan pelanggaran Prokes di KCW, ada baiknya masyarakat menilai sendiri.

Hal itu semua sangat kontras, di tengah meningkatnya penyebaran Covid-19, pemerintah Indonesia sudah melakukan banyak upaya antisipasi, salah satunya sampai kembali membuat larangan mudik.

“Khawatir sudah pasti. Karena Medan termasuk kota dengan jumlah positif Covid terbanyak di Sumut. Apalagi ada lokasi yang jadi pusat keramaian,” ujar M. Hasbi warga Kota Medan.

Alumni jurusan ilmu komunikasi UMSU itu menerangkan agar pemerintah bijak dalam membuat program di tengah pandem Covid-19.

“Kita ini butuh komintmen dulu. Mau antisipasi Covid atau tidak. Enggak butuh ahli-ahli dalam melihat kondisi keramaian di KCW itu, masyarakat kan bisa lihat sendiri,” tambahnya.

Tangkapan Layar CCTV, kiriman Andi Yusri

Menurutnya, pemerintah harus serius dalam penangganan Covid-19. Sedangkan untuk sektor perekonomian harus mematuhi Prokes yang berlaku.

“Masyarakat kita butuh edukasi. Ada masyarakat yang terinfeksi virus karena kurang teredukasi. Harusnya pemerintah bukan membuat pusat keramaian yang membuat masyarakat yang kurang mendapat edukasi berkumpul di sana,” pungkas Hasbi.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Bobby Nasution resmi membuka pusat kuliner di Kesawan City Walk, di Jalan Ahmad Yani Medan Minggu (28/3/2021).

Kesawan City Walk telah diisi oleh sekitar 113 pedagang dari kalangan UMKM. Para pedagang telah divaksinasi untuk mendukung program nasional pemulihan pasca pandemi Covid-19. Lokasi launching sendiri berada di depan Tjong A Fie Mansion.

 

Masyarakat kunjungi KCW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *