Sudah Tahu Belum, Ini Loh Arti Angka dalam Barcode

Pelayananpublik.id- Ketika Anda membeli sebuah produk, maka Anda akan mendapati kode batang atau barcode di kemasannya.

Barcode ini biasanya terdapat di produk-produk yang dijual di supermarket atau toko.

Barcode berguna untuk memudahkan kasir dalam menyelesaikan transaksi dengan cara memindai (scan) atau memasukkan nomor yang tertera di bawahnya.

Kode unik itu pada sebagian besar produk ritel di Amerika Serikat dan Kanada dikenal sebagai UPC-A untuk produk universal yang terdiri dari 12 digit angka.

Angka-angka di barcode memang terlihat seperti acak. Namun ternyata setiap angka itu ada artinya loh.

Dilansir Mental Floss, Geeky Camel menjelaskan bahwa digit pertama menunjukkan kategori suatu produk.

Misalnya angka 3 menunjukkan barang yang berhubungan dengan kesehatan. Sedangkan angka 2 merujuk pada barang yang harus ditimbang, seperti daging.

Lima digit berikutnya akan memberi informasi perusahaan mana yang membuat produk itu.

Selanjutnya, digit terakhir disebut digit cek yang digunakan komputer memverifikasi semua nomor lain dalam kode telah dipindai atau dimasukkan dengan benar.

Jadi setiap digit angka pada barcode sudah tersistem dalam komputer sehingga jika terjadi kesalahan akan muncul peringatan.

Laporan BizFluent menyatakan produk kecil yang tidak mampu menampung 12 digit akan dipangkas menjadi 6 digit saja, namun tidak menghilangkan arti dari setiap digitnya. Inilah yang disebut barcode UPC-E.

Selain itu ada pula barcode EAN-13 yang digunakan di seluruh dunia berisi informasi yang sama dengan kode batang UPC-A, juga menyertakan nomor yang sesuai dengan negara tempat kode batang itu didaftarkan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *