Dongkrak PAD, Bank Sumut dan Pemkab Dairi Luncurkan ETP

Pelayananpublik.id– Bank Sumut meluncurkan program Smart Elektronifikasi Pemda (ETP) di Dairi, Senin (12/4/2021).

Program ini diharapkan akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dairi dari berbagai bidang termasuk tempat wisata.

Direktur Pemasaran Bank Sumut, Hadi Sucipto menjelaskan peluncuran layanan Smart ETP ini merupakan bagian dari wujud komitmen Bank Sumut dalam implementasi elektronifikasi Transaksi Pemda khususnya di Kabupaten Dairi, untuk mendukung transaksi keuangan maupun sistem pembayaran.

Layanan tersebut meliputi layanan aplikasi non tunai pada Pemkab Dairi baik dari sisi pengeluaran yaitu aplikasi CMS Kasda dan CMS OPD yang digunakan bendahara utk melakukan pembayaran secara online (SP2D online) kepada pihak rekanan atau pihak ketiga.

Dari sisi penerimaan pajak dan retribusi daerah, kata dia, Bank Sumut juga telah mengimplementasikan aplikasi E-sts/E-pendapatan.

Aplikasi itu dipergunakan Badan Pendapatan Daerah untuk mengelola data wajib pajak dan wajib retribusi daerah seperti PBB, BPHTB, pajak hotel, restoran, IMB, e-Kir, retribusi kebersihan sehingga para wajib pajak/retribusi dapat membayarkan dari beberapa channel pembayaran seperti teller, ATM dan mobile banking.

“Saat ini Bank Sumut telah mengembangkan layanan berbasis QR Code yaitu QREN yang bekerjasama dengan PT Telkom untuk memudahkan masyarakat membayarkan pajak dan retribusi dengan dompet elektronik seperti T-money Bank Sumut, Linkaja, OVO, Gopay, Dana dan lain-lain,” tambahnya.

Sementara, Bupati Dairi, Edy Keleng Ate Berutu mengaku puas dan bangga akan layanan produk Bank Sumut yang telah banyak berbasiskan teknologi.

Ia mengatakan dengan dukungan produk dan layanan dari Bank Sumut maka Pemerintah Dairi akan semakin mudah mempercepat elektronifikasi transaksi, optimalisasi pendapatan daerah.

Juga membangun masyarakat sejahtera dengan meningkatkan kualitas layanan publik dan Tata kelola pemerintahan berbasiskan elektronik.

Dengan launching smart ETP tersebut, Pemkab Dairi kini telah mengimplementasi berbagai pembayaran non tunai maupun transaksi Pemda yang berbasis teknologi dengan dukungan Bank Sumut.

Hadir pada acara launching tersebut Bupati Dairi Edy Keleng Ate Berutu, Deputi Pengawasan Perwakilan Bank Indonesia Sumut Nasrullah, Perwakilan OJK Regional 5 Sumatera Mariana, Sekda Pemkab Dairi Leonardus Sihotang, anggota DPRD Kabupaten Dairi dan unsur Forkom Pimda Kabupaten Dairi, tutur hadir juga Direktur Pemasaran Bank Sumut Hadi Sucipto, Pemimpin Divisi Dana dan Jasa Bank Sumut Budi Anshari Nst dan Pemimpin Bank Sumut Cabang Sidikalang Iwanta Sitepu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *