KPOTI Sumut Dukung KNPI Palas Lestarikan Kebudayaan dan Kearifan Lokal

Pelayananpublik.id- Musyawarah Daerah (Musda) III DPD KNPI Kabupaten Padang Lawas (Palas) resmi digelar dan dibuka langsung Ketua DPD KNPI Sumut Samsir Pohan. Tokoh muda Irham Habibie Harahap terpilih secara aklamasi di perhelatan tersebut.

Apresiasi dan dukungan pun mengalir untuk DPD KNPI Palas. Salahsatunya dari Ketua Umum Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Provinsi Sumatera Utara, Agustin Sastrawan Harahap SPd MPd.

“Selamat atas terpilihnya Bung Irham Habibie sebagai Ketua KNPI Palas. Kami apresiasi perhelatan Musda dan mendukung penuh KNPI Palas di bawah kepengurusan Irham Habibie,” kata Agustin.

Dosen Universitas Negeri Medan itu pun berharap KNPI Palas mampu bersinergi dengan seluruh elemen pemuda, khususnya KPOTI Kabupaten Palas.

“Visi KPOTI Sumut melestarikan kebudayaan dan kearifan lokal. Kita mendorong ada sinergi kesinambungan dengan KNPI Palas serta Pemkab Palas,” ujar Presiden Mahasiswa Unimed 2007-2009 tersebut.

Diutarakan Agustin, Palas merupakan salahsatu kabupaten di Sumatera Utara yang memiliki kekayaan budaya dan kearifan lokal.

Agustin optimis gerakan-gerakan KNPI Palas di bawah kepemimpinan Irham Habibie mampu berdampak pada upaya-upaya pemajuan kebudayaan.

Tentu hal itu bisa mendorong perhatian pemerintah daerah untuk lebih peduli terhadap pelestarian kebudayaan serta kearifan lokal.

“KPOTI bersedia melakukan pendataan budaya asli Palas yang bisa saja itu masuk dalam hiritage dan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) serta permainan rakyat dan olahraga tradisional,” tukas Agustin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *