Tak Pernah Lolos Kartu Prakerja, Lapor Kesini

Pelayananpublik.id- Program Kartu Prakerja telah diluncurkan hingga gelombang 15. Begitupun, banyak orang yang mengaku belum pernah lolos sebanyak apa pun dia mencoba.

Teranyar di Gelombang 15, laman pendaftaran Prakerja dilengkapi alasan mengapa akun tersebut tidak lolos. Namun kebanyakan keterangannya hanyalah “Anda belum berhasil lolos gelombang”.
Masyarakat pun bertanya-tanya kenapa mereka tidak lolos. Bahkan timbul kecurigaan apakah ada faktor keberuntungan yang menentukan kelulusan.
Terkait itu, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menginformasikan satu hal yang pertama-tama perlu dicek bila pendaftaran peserta gagal karena sudah terdaftar sebagai penerima bantuan sosial atau bansos kendati merasa tidak pernah menjadi penerima.
Jadi, jika salahsatu anggota keluarga si pendaftar telah mendapat bantuan sosial mulai dari program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non tunai (BNPT), bantuan sosial tunai (BST) hingga kartu Indonesia sehat (KIS), maka ia tidak bisa lolos Kartu Prakerja.
“Apakah ada anggota keluarga kamu yang menerima bansos seperti PKH, BPNT, BST, atau KIS?” demikian tulisan di akun Instagram Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja.
Namun jika tidak, maka calon pelamar diminta untuk melaporkan ke Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja melalui sejumlah pilihan jalur yang tersedia.
“Jika tidak, sampaikan keluhanmu diĀ www.lapor.go.id atau di nomor hotline WhatsApp Kemensos di 0811-10-222-10 agar diubah statusmu,” tulis akun tersebut. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *