Pengertian Efektif Menurut Ahli, Ciri, Manfaat dan Bedanya dengan Efisien

Pelayananpublik.id– Efektif mungkin kata yang sering Anda dengar sehari-hari baik di dunia kerja, sekolah, pasar dan lainnya. Efektif seringkali dikaitkan dengan kinerja yang baik, sesuai target dan semacamnya.

Pekerjaan yang efektif seringkali ditandai dengan selesai tepat waktu dan minim kesalahan. Jadi untuk membuat suatu pekerjaan selesai dengan benar dan efektif harus melalui beberapa cara.

Efektif adalah pencapaian hasil yang sesuai dengan tujuan seperti yang telah ditetapkan.

Agar lebih jelas, silakan simak pengertian efektif menurut para ahli berikut ini.

Menurut Sondang P. Siagian (2001 : 24), mengatakan efektif ialah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu untuk menghasilkan sejumlah barang atas jasa kegiatan yang dijalankannya.

Sementara Hidayat (1986) mendefinisikan efektif sebagai suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target (kuantitas,kualitas dan waktu) telah tercapai. Semakin besar presentase target yang dicapai, maka semakin tinggi pula efektifitasnya.

Schemerhon John R. Jr. (1986:35) mengartikan efektif sebagai pencapaian target output yang diukur dengan cara membandingkan output anggaran atau seharusnya (OA) dengan output realisasi atau sesungguhnya (OS), jika (OA) > (OS) disebut efektif.

Prasetyo Budi Saksono (1984) mendefenisikan efektif sebagai ukuran seberapa besar tingkat kelekatan output yang dicapai dengan output yang diharapkan dari sejumlah input.

Mardiasmo (2009:132) mengatakan efektif adalah hubungan antara keluaran dengan tujuan atau sasaran yang harus dicapai. Kegiatan operasional dikatan efektif apabila kegiatan mencapai tujuan dan sasaran akhir kebijakan (spending wisely).

Ciri Efektif

Ciri-ciri sebuah pekerjaan dikerjakan secara efektif adalah sebagai berikut:

– Tujuan tercapai

– Sasaran atau target terpenuhi

– Tujuan tercapai dengan cepat

– Tidak peduli bagaimana cara atau biayanya karena orientasinya adalah tujuan yang tercapai secepatnya

Beda Efektif dengan Efisien

Kata efektif sering disandingkan dengan efisien. KArenanya banyak yang menganggap kedua kata itu sama. Padahal dua kata itu berbeda. Berikut beberapa perbedaannya.

1. Efektif dan efisien sama-sama berorientasi pada tujuan.

2. Efektif adalah tentang bagaimana cara tercepat mencapai tujuan, sedangkan efisien adalah tentang bagaimana cara terhemat mencapai tujuan.

3. Efektif adalah ketika waktu pengerjaan lebih singkat karena ketersediaan sumber daya dll, Sementara efisien adalah ketika Waktu pengerjaan lebih lama karena sumber daya yang dipangkas.

4. Efektif ketika biaya yang dikeluarkan tinggi untuk tujuan, efisien lebih pada menghemat biaya.

Nah, sebuah pekerjaan akan sempurna jika dilakukan secara efektif dan efisien. Jadi bisa hemat waktu dan hemat biaya namun tujuan tetap tercapai.

Jika pekerjaan dilakukan dengan efektif dan efisien maka tujuan dapat tercapai dengan cepat dan biaya yang hemat.

Sedangkan jika Eefektif tapi tidak efisien tujuan dapat tercapai dengan cepat namun biaya yang dikeluarkan tinggi

Ada juga kondisi tidak efektif tapi efisien, ini berarti tujuan lama tercapai atau bahkan tidak tercapai karena cara-cara untuk mencapai tujuan tidak jelas, namun biaya sedikit.

Yang terburuk adalah tidak efektif dan tidak efisien, yakni tujuan lama tercapai atau besar kemungkinan tidak akan tercapai dan beban yang dikeluarkan tinggi. Ini karena pekerjaan tidak dilakukan dengan step by step yang benar dan tanpa perhitungan biaya.

Cara Bekerja dengan Efektif dan Efisien

1. Membagi Waktu dan Jadwal, berguna untuk mengingatkan suatu pekerjaan yang hendak anda jalankan setiap hari, sebaiknya anda harus membagi waktu dan jadwal anda secara efektif.

2. Memikirkan dan Backup File, mencegah terjadinya kerusakan yang akan mengulur pekerjaan dan menghabiskan lebih banyak biaya. Anda harus memikirkan dan harus membackup semua file yang penting agar tidak lupa meletakkan dimana.

3. Menghindari Semua Gangguan, apabila anda sedang berada diruang rapat, maka ada baiknya anda menghindari untuk mengecek pesan dan menerima panggilan bahkan kalau perlu anda harus mematikan ponsel terlebih dahulu supaya anda tetap fokus pada pertemuan rapat yang penting tersebut dan pekerjaan anda bisa menyelesaikannya dengan baik.

Contoh Pekerjaan yang Efektif

1. Seorang cleaning servis melakukan pekerjaan lebih pagi sehingga pekerjaannya lebih cepat selesai.

2. Seorang manajer membawahi 20 orang pegawai dan harus membagi tugas/pekerjaan masing-masing pegawai tersebut. Pada kenyataannya manajer tersebut tidak menentukan orang terbaik disuatu posisi, maka manajer tersebut dianggap tidak memiliki efektivitas yang baik.

3. Sebuah mesin foto copy melayani 20 orang pegawai dan diharapkan dapat mengcopy 500 kertas per hari. Pada kenyataannya mesin foto copy tersebut dapat mengcopy lebih dari 500 kertas per hari, maka mesin tersebut dianggap efektif.

Demikian ulasan mengenai pengertian efektif, ciri, manfaat hingga bedanya dengan efisien. Semoga membantu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *