Catat! Ini Jadwal Pemblokiran ATM Lama BRI, BNI, Mandiri dan BCA

Pelayananpublik.id– Bank Indonesia telah memberlakukan peraturan mengenai Standar Nasional Teknologi Chip untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet.

Maka sesuai Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP terkait itu, bank-bank di Indonesia akan segera memblokir kartu ATM yang belum menggunakan teknologi chips atau masih menggunakan kartu berbasis magnetic stripes.

Perubahan kartu ATM ini dilakukan bertahap hingga akhir tahun 2021.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Jadi, bagi Anda yang kartu ATM-nya masih model lama yakni menggunakan magnetic stripes harus segera mendatangi kantor cabang bank berbasis chip.

Adapun dokumen yang harus Anda bawa hanya KTP dan Kartu ATM lama Anda.

Nah, perlu diketahui bahwa tiap bank memberikan tenggat waktu yang berbeda untuk penukaran/transmigrasi kartu. Simak jadwal di bawah ini agar kamu bisa menukar ATM lama sesuai waktu yang ditentukan.

1. Bank Mandiri

Bank Mandiri menerapkan pemblokiran dalam tiga tahap, dan akan mulai dilakukan pada 1 April 2021.

Tahap awal, pemblokiran kartu ATM lama yang dimulai pada 1 April 2021 akan dilakukan untuk kartu ATM magnetic stripe dengan expiry date 2021-2022.

Kemudian pemblokiran akan dilanjutkan untuk tahap kedua pada 1 Juni 2021 untuk kartu dengan expiry date 2023-2025. Lalu tahap ketiga pada 1 Juli 2021 untuk kartu dengan expiry date 2026-ke atas.

Bagi nasabah yang belum melakukan penggantian, segera lakukan penggantian untuk menghindari pemblokiran.

Penggantian kartu chip dapat dilakukan melalui cabang bank mandiri terdekat atau Mandiri CS Machine yang berada di 5 lokasi yaitu Jakarta Pondok Indah Mall, Senayan City Mall, Kota Kasablanka Mall, Mandiri Cabang Depok, dan Mandiri Cabang Bekasi Juanda.

2. BRI

PT bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk juga akan segera memblokit kartu ATM lama berbasis magnetic stripes dan menggantinya menjadi berbasis chip tercapai 100 persen pada September 2021.

Oleh karena itu, nasabah diminta segera mengganti kartu ATM lama. Adapun hingga Februari 2021, migrasi kartu ATM berbasis chip BRI sudah mencapai 82 persen.

Jika ingin mengganti kartu menjadi berbasis chip, jangan lupa membawa KTP dan kartu ATM yang ingin diganti secara gratis.

3. BNI

BNI akan memberikan waktu hingga awal semester I-2021 tahun ini sebelum memblomir kartu ATM model lama. Penukaran kartu harus dilakukan nasabah sebelum tanggal 30 April 2021.

Jika sampai 30 April 2021 belum dikonversi, maka BNI akan melakukan penonaktifan kartu debit magnetic stripes tersebut.

Adapun sampai Januari 2021, implementasi kartu debit menggunakan cip di BNI baru mencapai 10 juta atau mendekati 80 persen.

Jika kamu termasuk 20 persen nasabah yang masih menggunakan kartu ATM magnetic stripe, segera mengganti kartu dengan mengunjungi seluruh kantor cabang BNI terdekat.

Kamu juga bisa mengganti kartu ATM melalui BNI SONIC (Self Service Opening Account). BNI Sonic ini ini merupakan layanan cepat perseroan untuk pembukaan rekening dan mengganti kartu yang beroperasi selama 24 jam.

4. BCA

PT Bank Central Asia Tbk menargetkan migrasi kartu ATM model magnetic stripes menjadi model chip maksimal selesai tahun ini, mengingat BI memberi waktu bagi bank hingga akhir Desember 2021.

BCA meminta nasabah untuk segera mengganti kartu ATM lama. BCA juga tengah mengintensifkan edukasi dan mempermudah serta memperluas akses untuk penukarannya, disamping adanya promosi untuk mendorong konversi tersebut.

Nasabah bisa menukar kartu ATM berbasis magnetic stripes menjadi chip di kantor cabang terdekat maupun mesin CS digital.

Nasabah perlu menyiapkan KTP dan Paspor BCA lama yang ingin ditukar. Kartu berbasis chip ini mampu mengurangi risiko kejahatan seperti skimming. Sebab kartu magnetic stripes secara teknologi akan lebih mudah disalin ketimbang kartu chip. (*)