Pemprov Aceh Gelar Pelatihan Pemandu untuk Menunjang 3 Lokasi Wisata di Bener Meriah

Bener Meriah – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Provinsi Aceh melaksanakan Pelatihan Pemandu Wisata City Tour Kabupaten Bener Meriah, pada 12 hingga 14 Maret 2021. Peserta pelatihan ini dihadiri sebanyak 35 orang.

Pelatihan pemandu wisata tersebut untuk menunjang 3 Lokasi Wisata City Tour Bener Meriah yakni Bandara Rembele, Rumah Pitu Ruang dan Hutan Arboretum.
Ketiga lokasi wisata tersebut memiliki potensi wisata yang cukup tinggim, yang mana juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar lokasi wisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Aceh, Jamaluddin, SE, M.Si, Ak mengatakan, pariwisata merupakan sektor penting dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis masyarakat.

“Minat wisatawan saat ini mulai menyasar unsur petualangan keliling kota, edukasi, olahraga dan rekreasi. Di Kabupaten Bener Meriah ini punya potensi yang besar pada sektor ini,” jelasnya, Rabu (17/3/2021) di Bener Meriah.

Dijelaskannya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh merasa perlu untuk membenahi dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, untuk mengembangkan pemandu wisata City Tour Kabupaten Bener Meriah.

“Pelatihan pemandu wisata di Aceh masih minim, hal ini terbukti jumlah pemandu wisata City Tour yang telah bersertifikat sangat sedikit. Maka dari itu, penyelenggaraan pelatihan ini diharapkan menghasilkan sebuah pemahaman baru dan harus dilakukan berkesinambungan sehingga dampaknya bisa diawasi dan dikontrol,” tegas Jamaluddin.

Selain itu, ditambahkannya, kami mengharapkan bisa menghasilkan para pemandu wisata City Tour yang profesional, dan para peserta bisa menyerap seluruh materi yang disampaikan pemateri dan narasumber.

“Aceh sangat menaruh perhatian serius terhadap sektor pariwisata, karena melimpahnya pilihan destinasi wisata di Aceh. Potensi ini harus kita manfaatkan dengan baik,” ucapnya.

Jamaluddin juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan pelatihan pemandu wisata City Tour ini.

“Harapan kami, kerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah tetap terus terjalin, dan kepada para pemateri dan narasumber yang telah memberikan pembelajaran dalam memajukan pariwisata di Aceh, melalui pelatihan ini juga kami ucapkan terima kasih,” pungkas Jamaluddin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *