Apa Itu Relasi: Manfaat, Fungsi, Tujuan, dan Cara Membangun Relasi yang Baik

Pelayananpublik.id- Dalam dunia kerja, pendidikan maupun bisnis Anda pasti sering kali mendengar istilah relasi. Relasi bisnis misalnya, yang berarti rekan atau partner dalam berbisnis.

Dalam berbisnis ini relasi tentu memiliki manfaat di antaranya membuat bisnis semakin berkembang dengan cara yang disepakati.

Namun lebih luas lagi, relasi bukan hanya di bidang bisnis melainkan hampir di segala bidang. Misalnya dalam bidang politik, Indonesia menjalin relasi dengan negara lain dengan tujuan yang baik yaitu kemajuan Indonesia sendiri.

Kemudian ada yang namanya relasi media, nah relasi ini akan berfungsi memajukan citra sebuah perusahaan atau lembaga serta memberitahu publik tentang diri dan kegiatan mereka.

Relasi media atau media relation adalah salahsatu kegiatan humas untuk menjalin hubungan yang baik dengan media massa.

Lalu apa sebenarnya relasi itu?

Dalam ini akan kita bahas apa itu relasi mulai dari pengertian, fungsi, manfaat dan cara membangunnya.

Pengertian Relasi

Secara umum pengertian relasi adalah hubungan antara dua pihak atau lebih untuk mencapai suatu tujuan.

Jadi relasi ini bukan hanya seputar bisnis saja, namun hubungan dua orang juga sudah bisa disebut relasi. Dua orang tersebut setidaknya harus saling kenal agar dapat disebut relasi.

Relasi dalam bahasa Inggris adalah relation yang artinya hubungan dua hal atau dua pihak.

Defenisi Relasi Menurut Para Ahli

1. Christensson dan Robinson menyebut relasi adalah orang yang tinggal disuatu daerah, dan dalam daerah tersebut memiliki ikatan dan terjalin komunikasi antara satu dengan yang lainnya.

2. George Hillery Jr. mendefenisikan relasi sebagai sekelompok orang yang tinggal pada daerah tertentu dan memiliki hubungan interaksi satu sama lain dan menjadikan kelompok itu saling mengenal dalam sebuah lingkungan atau kelompok mereka.

3. Hartono Widodo dan Judiantoro mengartikan relasi juga sebagai hubungan kerja dimana hubungan kerja itu sendiri adalah kegiatan-kegiatan pengerahan tenaga atau jasa seseorang secara teratur demi kepentingan orang lain yang memerintahnya, sesuai dengan perjanjian kerja yang disepakati.

4. Berdasarkan Zakapedia, relasi berarti sebuah kumpulan dari berbagai populasi manusia yang berada dalam suatu wilayah, yang mana para anggotanya saling berinteraksi satu sama lainnya.

Manfaat Membangun Relasi

Mengapa orang harus membangun relasi? Sebagai makhluk sosial manusia tentu tidak bisa hidup sendiri. Walaupun ada yang bisa, pasti ia merasa kesulitan menghadapinya. Untuk itu membangun relasi itu penting. Bukan hanya bisnis tapi juga relasi pribadi.

Membangun relasi akan memberi manfaat kepada orang tersebut. Berikut ini kami rangkum beberapa manfaat membangun relasi.

1. Jika Anda menemukan relasi yang tepat maka ia akan dapat membantu tercapainya keinginan. Contoh akan lebih mudah bagi Anda untuk menemui pejabat di kantor dinas jika Anda mengenal seseorang di sana. Setidaknya Anda bisa menanya jadwalnya dan mengatur waktu pertemuan.

2. Relasi dapat membuat anda terbebas dari permasalahan. Menemukan relasi yang tepat bisa membuat Anda menemukan ide menyelesaikan masalah. Ia bisa membantu memberi beberapa masukan kepada masalah Anda.

3. Hubungan baik dengan lama akan berguna nantinya. Teman lamapun suatu waktu bisa membantu anda atau bekerja sama dengannya dalam hal apapun.

4. Relasi dapat membuat pekerjaan menjadi lancar. Anda diterima bekerja di kantor, sebagai orang baru Anda juga perlu berinteraksi dengan orang lama agar memahami ritme kerja perusahaan itu. Bonusnya, mereka akan bisa membantu pekerjaan Anda menjadi lancar.

5. Membantu memahami karakter orang. Rambut sama hitam hati siapa yang tahum Ya, setiap orang memiliki sifat masing-masing. Dan cara memahaminya adalah bergaul dengam mereka. Anda menbangun relasi seluas-luasnya juga akan membantu memahami sifat banyak orang.

Fungsi Relasi dalam Bisnis

Jika di atas sudah dijelaskan manfaat relasi bagi kehidupan sehari-hari, maka berikut ini kami akan rangkum manfaat dan bagaimana pentingnya relasi dalam dunia bisnis.

Dalam menjalankan bisnis apapun, tentunya memerlukan relasi agar dapat berjalan sesuai rencana. Tanpa ada relasi, menjadi hal yang sangat sulit kiranya untuk dapat mengembangkan bisnis yang dijalankan.

Berikut ini adalah beberapa fungsi relasi dalam bisnis.

– Sebagai Partner

Sebagai partner, relasi bisnis akan membantu Anda mempertahankan bisnis Anda. Agar bertahan lama, carilah relasi bisnis yang akan menimbulkan saling menguntungkan seperti simbiosis mutualisme.

Sehingga Anda akan menguntungkan bisnis dia, begitu juga sebaliknya.

– Sebagai Pesaing

Selain sebagai partner, relasi bisnis juga bisa muncul sebagai pesaing. Tidak melulu harus dipandang negatif, pesaing akan meningkatkan kualitas bisnis Anda karena Anda akan terus berinovasi untuk bertahan.

– Jaringan di Masa Depan

Dengan adanya relasi yang baik, Anda akan memiliki jaringan bisnis dalam jangka waktu yang panjang.

– Keperluan Ekspansi

Relasi bisnis harus dibina dengan baik. Mereka tidak hanya partner kerja, juga merupakan sahabat Anda. Perlakukan dengan hangat dan sopan. Bahasa komunikasi yang terjalin juga tidak baku, harus fleksibel. Jangan selalu mengutamakan bisnis agar didapat relasi bisnis yang baik dan awet.

Cara Membangun Relasi

Membangun relasi bisnis dalam perusahaan biasanya adalah tugas humas atau PR (public relation). Mereka nantinya akan mencari orang-orang yang akan memberi citra positif dan keuntungan bagi perusahaan.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangun relasi bisnis. Namun jangan gegabah, mencari relasi bisnis ini juga harus jeli. Yang penting adalah saling menguntungkan, jangan sampai ada yang dirugikan.

Berikut kami rangkumkan cara membangu relasi yang baik.

1. Mengetahui Kebutuhan Bisnis

Sebelum mencari relasi, ada baiknya pahami dulu kebutuhan bisnis Anda. Setidaknya carilah relasi yang benar-benar ada hubungannya dengan bisnis yang Anda bangun.

2. Jangan Sombong

Meskipun Anda dari perusahaan besar bukan berarti Anda bisa menyombongkan diri. Sikap Anda akan mempengaruhi kesediaan seorang relasi bisnis apakah akan melanjutkan kerjasama atau tidak.

Bersikaplah seperti Anda yang butuh, dan jangan bersikap abai. Hal yang terlihat sederhana ini memiliki dampak yang lumayan besar. Karena ketika Anda suatu saat membutuhkan bantuan mereka secara tidak langsung, maka akan tanggap untuk membantu Anda demi kemajuan bisnis.

3. Identitas

Sebagai seorang yang menjalakan bisnis, Anda perlu menyiapkan identitas diri berupa kartu nama yang di dalamnya tercantum nama Anda, nomor telepon yang bisa dihubungi sewaktu-waktu, alamat dan bisnis apa yang sedang Anda geluti.

Keberadaan kartu nama menjadi hal yang paling penting bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis. Dapat dikatakan kalau kartu nama menjadi informasi identitas yang dapat digunakan untuk menambah relasi bisnis.

4. Membangun Interaksi dan Memperkuat Komunikasi

Membangun interaksi tidak hanya satu golongan atau sesuai dengan bisnis yang Anda geluti saja, namun dengan berbagai jenis kenalan dengan bisnis yang berbeda akan memperluas Anda memiliki relasi bisnis yang berbeda-beda.

5. Memahami Kebutuhan Relasi

Ingatlah sebuah relasi bisnis harus saling menguntungkan. Jika itu hanya menguntungkan Anda, maka biasanya perusahaan lain tidak akan mau jadi relasi. Maka dari itu pahami kebutuhan relasi Anda juga.

Jika mengetahui kebutuhan setiap orang yang Anda kenal, Anda bisa menjadi pihak yang nantinya berperan sebagai penghubung. Hal inilah yang bisa membuat relasi bisnis Anda terus bertambah.

6. Menampilkan Citra Low Profile

Tanamkan selalu dalam diri Anda sifat low profile, hal ini sangat berguna agar Anda tidak memiliki karakter yang selalu meremehkan orang lain mungkin karena penampilan atau karena karakter dari orang yang ditemui.

Setiap individu memiliki keunikannya sendiri dan memiliki kelebihan masing-masing serta mungkin juga orang dipandang sebelah mata memiliki kerabat atau relasi yang bisa membantu mengembangkan bisnis Anda.

7. Aktif Menjaga Komunikasi

Ketika sebuah urusan selesai, bukan berarti komunikasi juga harus selesai. Anda mungkin akan membutuhkannya lagi nanti di masa depan.

Jadi, tetaplah jaga komunikasi, undang mereka dalam acara di perusahaan Anda, misalnya saat pembukaan cabang baru, atau ulangtahun perusahaan, atau acara buka puasa bersama dan lainnya.

Ini tentunya akan membuat orang-orang yang Anda temui menjadi nyaman dan merasa dihargai.

8. Jangan Malu

Jangan pernah bersikap malu-malu dalam membangun hubungan dengan orang baru karena dengan sikap yang seperti itu, calon relasi Anda akan merasa tidak nyaman dan tidak bisa menangkap pesan apa yang akan Anda sampaikan.

Jika Anda merupakan tipe pemalu cobalah memulai dengan percakapan sederhana dahulu pada saat bertemu dan sikap yang harus Anda tampilkan harus bisa menarik orang di sekitar yang akan Anda gunakan sebagai relasi bisnis.

Maka dari itu orang yang mengisi posisi Humas biasanya orang yang supel, mudah bergaul, dan menarik.

Demikian ulasan mengenai relasi mulai dari pengertian, manfaat, fungsi hingga cara membagunnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *