Akun Palsu Marak Beredar, Ini Cara Hindari Penipuan Atas Nama BCA

Pelayananpublik.id- Zaman semakin canggih. Namun begitu pula dengan trik para penipu yang terus terimprovisasi setiap pertambahan waktu.

Bahkan para penipu itu tidak segan-segan berbicara dengan gaya meyakinkan untuk menjerat korbannya. Salahsatunya dengan membuat akun palsu bank.

Sebab di zaman serba canggih ini kejahatan perbankan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Berbagai medium pun bisa digunakan, mulai melalui internet, telepon, hingga short message services (sms).

Penipu itu bisa menyamar menjadi operator bank Anda. Kasus yang seperti ini menimpa Bank BCA, yakni banyak akun palsu yang mengaku Bank BCA

Terkait itu Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F Haryn dalam keterangan resminya saat ini banyak akun palsu yang mengatasnamakan BCA

Untuk menghindari berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan bank atau pihak lainnya, manajemen BCA menghimbau kepada nasabah untuk menghindari memposting informasi pribadi di social media.

“Nasabah diharapkan juga mewaspadai telepon, chat, SMS atau email yang mencurigakan. Selain itu, nasabah juga diharap mengecek ulang semua informasi yang didapat,” katanya dikutip dari Merdeka.com.

Untuk itu, kata Hera, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali mengingatkan nasabahnya terkait marak beredarnya akun palsu yang mengatasnamakan BCA.

Manajemen BCA berkomitmen memberikan pelayanan dan keamanan terbaik bagi seluruh nasabah dengan menghadirkan HaloBCA sebagai contact center yang siap melayani nasabah 24 jam. Hal tersebut sekaligus mencegah penipu digital yang kini banyak bergentayangan di dunia maya.

“Mengingat pentingnya contact center dalam keberlangsungan operasional perbankan bagi nasabah, kami menyediakan beragam kanal komunikasi bagi nasabah untuk mendapatkan informasi sekaligus untuk menyampaikan keluhan yang senantiasa hadir selama 24 jam,” urai

Adapun kanal komunikasi resmi HaloBCA meliputi nomor resmi HaloBCA yakni 1500888 (tanpa prefix tambahan apapun di bagian depan nomor). Selain nomor tersebut, bukan merupakan milik BCA. Selain itu, pihak BCA tidak pernah meminta data pribadi yang bersifat rahasia untuk alasan apapun.

Kedua, twitter resmi Bank BCA adalah @halobca dengan logo verified (centang biru). Ketiga,WhatsApp resmi Bank BCA adalah 0811-1500-998 dengan logo verified (centang warna hijau) saat membuka aplikasi WhatsApp Bank BCA. Jangan lupa, ketik #HaloBCA untuk memulai chat dan akan segera dijawab oleh Customer Service Halo BCA. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *