Italia Akan Kembali Lockdown Total Karena Gelombang Baru Covid-19

Pelayananpublik.id- Kasus Covid-19 masih yang menimpa hampir semua negara di dunia ternyata masih belum selesai. Bahkan muncul virus Corona jenis baru dan juga gelombang baru virus tersebut

Salahsatu negara yang mengalami peningkatan signifikan kasus Covid-19 adalah Italia.

Italia mengalami penambahan pasien Covid-19 lebih 25.000 dalam sehari selama enam minggu terakhir.

Oleh sebab itu, Italia akan menerapkan kebijakan lockdown atau penguncian wilayah total selama tiga hari, mulai 3 hingga 5 April 2021.

Selain itu, mulai Senin pekan depan, sekolah, toko, dan restoran akan tutup di lebih dari separuh Italia, termasuk dua wilayah terpadat di Roma dan Milan.

Masyarakat juga akan diminta untuk tinggal di rumah kecuali untuk pekerjaan, kesehatan atau alasan penting lainnya.

Terkait hal itu, Perdana Menteri Italia Mario Draghi menyebut pembatasan tambahan akan berlangsung hingga Paskah. Selama akhir pekan Paskah, seluruh negeri akan diubah menjadi zona merah berisiko tinggi.

“Saya sadar bahwa pembatasan hari ini akan berdampak pada pendidikan anak-anak Anda, ekonomi dan kesehatan mental setiap orang. Namun itu perlu untuk menghindari memburuknya situasi yang membutuhkan tindakan yang lebih ketat, ” jelasnya dikutip dari BBC, Sabtu (13/3/2021).

Sampai saat ini, Italia memiliki hampir 3,2 juta infeksi yang dikonfirmasi positif virus Corona sejak wabah dimulai tahun lalu.

Sementara itu vaksinasi Italia mengalami penundaan, seperti yang terlihat di tempat lain di Uni Eropa. Minggu lalu pemerintah di Roma memblokir ekspor 250.000 dosis vaksin Oxford-AstraZeneca ke Australia dalam upaya untuk mengatasi kekurangan vaksin. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *