Sudah Coba Berkali-kali Tapi Tak Juga Lolos Kartu Prakerja, Mungkin Ini Sebabnya

Pelayananpublik.id- Program Kartu Prakerja gelombang 14 sudah dibuka. Masyarakat kembali berlomba mendaftar dan berharap bisa lulus.

Untuk mereka yang sudah pernah mendaftar namun tidak lolos, diperkenankan kembali mendaftar Program Prakerja ini di situs prakerja.go.id, log in, kemudian klik gabung gelombang 14.

Pengumuman pembukaan Gelombang 14 ini juga diumumkan melalui akun Instagram Kemenaker. Namun banyak warga yang berkomentar bahwa mereka sudah berkali-kali mendaftar namun tidak lolos. Mereka juga bingung apa yang menyebabkan mereka tidak selalu lolos.

“Yang gak pernah lulus dari gelombang 1-13 sini kumpul,” ujar seorang netizen.

“Gak lulus itu kenapa ya? Apakah faktor luck?” jawab yang lain mengomentari postingan itu.

Terkait penyebab tidak lolosnya peserta, Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mengatakan kemungkinab karena belum memenuhi syarat berdasarkan Nomer Induk Kependudukan (NIK).

Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari menjelaskan, kemungkinan NIK peserta yang mau bergabung masih terdaftar di Kementerian/Lembaga (K/L) hingga menyebabkan tidak memenuhi syarat.

Misalnya, lanjut dia, tanpa disadari NIK masih terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai pelajar, padahal syaratnya tidak boleh sedang mengikuti pendidikan formal.

“Kalau seperti itu teman-teman statusnya masih dianggap aktif (sebagai pelajar). Kami memiliki NIK dari K/L yang merupakan kelompok yang dilarang untuk menerima Kartu Prakerja, termasuk di masa pandemi ini supaya bantuan pemerintah tidak over,” ujarnya dilansir dari Detik belum lama ini.

Ia pun menyarankan calon peserta Kartu Prakerja menghubungi perguruan tinggi terkait agar data diperbarui.

Selain itu pastikan juga bahwa Anda memenuhi syarat lainnya seperti berkewarganegaraan Indonesia (WNI), berusia 18 tahun ke atas, bukan berasal dari pekerja di pemerintahan, dan belum menjadi penerima bantuan sosial (bansos).

Denni juga mengatakan pada gelombang 14, pemyelenggara akan menyertakan alasan kenapa calon peserta tidak lulus. Sehingga calon peserta bisa memperbaiki syarat agar bisa lolos di tahap berikutnya.

“Pada gelombang 14 kami berusaha memperbaiki fitur yaitu untuk teman-teman yang tidak lolos akan diberikan informasi di dashboard-nya masing-masing, alasan kenapa tidak berhasil menjadi penerima Kartu Prakerja,” imbuhnya.

Denni menyarankan agar calon peserta mencari informasi seputar Kartu Prakerja di situs resmi yakni di website www.prakerja.go.id, Instagram dan Facebook @prakerja.go.id. Dia meminta masyarakat yang menghubungi harap bersabar karena banyak permintaan informasi yang masuk.

“Kalau ada pertanyaan, keluhan dan sebagainya silakan bisa telepon call center Kartu Prakerja, buka setiap hari dari jam 08.00-20.00 WIB dan di sini saya sampaikan per hari itu telepon yang masuk 20.000 dengan layanan lebih dari 90%,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *