Cara Perbaiki Data Siswa di Akun LTMPT

Pelayananpublik.id- Siswa yang telah menyelesaikan studinya tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat diharuskan mendaftar ke Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau bisa disingkat (LTMPT).
LTMPT merupakan lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Jadi setiap siswa yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi harus membuat akun dan registrasi di portal LTMPT merupakan syarat wajib jika ingin mengikuti seleksi UTBK-SBMPTN 2021.
Seleksi ini bisa diikuti oleh siswa lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang lulus pada tahun 2019, 2020, dan 2021.
Dalam melakukan registrasi banyak siswa yang kebingungan ketika mereka salah input data dan ingin memperbaikinya. Apalagi jika mereka Siswa Madrasah Aliyah (MA) yang menghadapi kendala registrasi akun LTMPT, prosedur penanganannya sedikit berbeda dari siswa sekolah biasa.
Hal ini dikarenakan MA berada di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) berbeda dengan sekolah biasa.
Dikutip dari Kontan, berikut cara mengubah data siswa MA di portal LTMPT.
Mengubah Data Detail Lulusan Siswa
1. Menghubungi operator EMIS madrasah/admin EMIS Kanwil Kemenag Provinsi dengan menyerahkan data diri berupa:
– Nama lengkap siswa
– NISN
– Tempat/tanggal lahir
– Alamat lengkap beserta RT/RW dan kode pos.
– Email dan nomor ponsel.
– Tahun lulus dan tahun masuk.
– Kurikulum
– Jurusan
– Pilihan bahasa untuk lulusan jurusan bahasa.
– Scan ijazah.
2. Operator/admin EMIS akan mengubah/memperbaiki data melalui aplikasi EMIS Monitor.
3. Proses sinkronisasi data dari database EMIS ke Pusdatin Kemendikbud (sekitar empat jam setelah data diubah/diperbaiki).
4. Setelah sinkronisasi selesai, siswa lulusan bisa langsung melakukan registrasi akun di Portal LTMPT.
Belum Terdata Sebagai Lulusan
1. Menghubungi admin EMIS Kanwil Kemenag Provinsi dengan menyerahkan data diri berupa:
– Nama lengkap siswa
– NISN
– Tempat/tanggal lahir
– Alamat lengkap beserta RT/RW dan kode pos.
– Email dan nomor ponsel.
– Tahun lulus dan tahun masuk.
– Kurikulum
– Jurusan
– Pilihan bahasa untuk lulusan jurusan bahasa.
– Scan ijazah.
2. Operator/admin EMIS akan mengubah/memperbaiki data melalui aplikasi EMIS Monitor.
3. Proses sinkronisasi data dari database EMIS ke Pusdatin Kemendikbud (sekitar empat jam setelah data diubah/diperbaiki).
4. Setelah sinkronisasi selesai, siswa lulusan bisa langsung melakukan registrasi akun di Portal LTMPT.  (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *