Gelombang 13 Telah Dibuka, Ini Besaran Insentif Prakerja 2021 dan Cara Mencairkannya

Pelayananpublik.id- Program Kartu Prakerja untuk tahun 2021 sudah dibuka. Saat ini gelombang 13 juga sudah dibuka pada Kamis (4/3/2021) pukul 12.00 WIB.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mendaftar segera kunjungi situsnya di prakerja.go.id. Pendaftaran gelombang 13 Prakerja akan ditutup pada 7 Maret 2021.

Bagi pendaftar yang akunnya sudah diverifikasi, jangan lupa untuk login dan klik “Gabung” ke Gelombang 13 agar dapat masuk ke tahap seleksi.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Jika lulus Anda akan mendapatkan insentif setelah mengikuti program tersebut. Adapun besaran insentif Kartu Prakerja 2021 adalah:

– Bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta.

– Insentif biaya mencari kerja sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan dengan total Rp 2,4 juta.

– Insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei untuk 3 kali survei sehingga total Rp 150.000.

Untuk mengetahui jumlah insentif yang akan diterima, peserta bisa mengecek melalui akun dashboard Prakerja masing-masing. Pastikan untuk mengecek statusnya secara berkala.

Saat pertama kali Anda lolos, bukan berarti Anda sudah menerima insentif. Anda harus mengikuti pelatihan sesuai bidang yang Anda pilih. Berikut syarat agar insentif Kartu Prakerja Anda cair.

– Telah menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat

– Dalam hal penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, Insentif Biaya Mencari Kerja hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya.

– Telah memberikan ulasan terhadap Lembaga Pelatihan

– Telah memberikan penilaian kepada Lembaga Pelatihan di Platform Digital

– Telah berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akun situs www.prakerja.go.id

– Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan telah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade) oleh bank/perusahaan e-money terkait.

– Sementara insentif Prakerja untuk pengisian survei evaluasi akan diterima jika penerima Kartu Prakerja telah mengisi survei di akun www.prakerja.go.id untuk mengetahui evaluasi efektivitas Program Kartu Prakerja. (*)