Disalurkan Mulai Maret 2021, UMKM Akan Dapat BLT Rp1,2 Juta

Pelayananpublik.id- Selama pandemi Covid-19, pemerintah terus melakukan stimulus pada perekonomian Indonesia. Salahsatunya dengan membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bertahan di situasi sulit.

Bantuan yang diberikan adalah bantuan tunai senilai Rp1,2 juta yang akan mulai disalurkan pada Maret 2021 mendatang.

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan bantuan tersebut merupakan bagian dari program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Askolani menyebut akan ada 14 juta UMKM yang akan mendapat bantuan tunai Rp1,2 juta mulai Maret 2020. Bantuan tersebut melengkapi subsidi bunga kredit yang sebelumnya sudah disalurkan.

“Tentu kalau bisa dijalankan, akan bisa mendukung pertumbuhan ekonomi di Q1 [kuartal I/2021]. Jadi maksimal untuk menjadi pijakan dalam triwulan-triwulan berikutnya,” katanya dikutip dari Bisnis, Rabu (23/2/2021).

Berdasarkan pemaparan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, anggaran PEN 2021 naik i menjadi Rp699,43 triliun. Angka ini meningkat 21 persen dari realisasi sementara 2020 sebesar Rp579,78 triliun.

Secara khusus, sambung Askolani, anggaran untuk kesehatan membutuhkan tambahan Rp130 triliun yang berasal dari belanja pusat dengan transfer ke daerah dan dana desa.

Tambahan anggaran tersebut, kata dia, akan digunakan untuk kebutuhan vaksinasi, kebutuhan pasien, peralatan kesehatan, dan insentif tenaga kesehatan.

Selain alokasi untuk sektor kesehatan, tambahan belanja lain juga pemerintah siapkan untuk program kartu prakerja sebesar Rp10 triliun. Pemerintah juga sudah memberikan diskon listrik untuk 500 va dan 900 va. Potensi perpanjangan bantuan sosial tunai juga akan terus menjadi bahan evaluasi hingga April 2021. (*)