Lion Air Gelar Rapid Tes Antigen Gratis Bagi Penumpang, Ini Persyaratannya

Pelayananpublik.id- Surat keterangan bebas Covid-19 menjadi persyaratan wajib sebelum bepergian terutama menggunakan pesawat terbang saat ini. Pilihan tes yang tersedia adalah rapid tes antigen atau swab test.

Nah, penumpang pun harus mengeluarkan dana lebih daripada sekedar ongkos pesawat yakni biaya tes Covid-19. Tes pun bisa dilakukan di bandara, karena pihak bandara sudah menyediakannya.

Kemudian, beberapa maskapai juga menyediakan tes Covid-19 secara gratis bagi penumpangnya. Misalnya Lion Air yang telah menyediakan layanan Rapid Tes Antigen gratis mulai Februari 2020.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan layanan ini berlaku untuk penumpang penerbangan rute domestik.

“Layanan tes Covid-19 gratis ini berlaku mulai Senin, 22 Februari 2021 hingga pemberitahuan lebih lanjut,” kata dia dikutip dari Liputan6.

Ia menjelaskan beberapa rute penerbangan domestik yang menyediakan rapid test antigen gratis pergi pulang. Rute domestik Lion Air tersebut adalah Jakarta – Medan – Jakarta, Jakarta – Padang – Jakarta, Jakarta – Pekanbaru – Jakarta, Jakarta – Palembang – Jakarta, Jakarta – Pangkalpinang – Jakarta, dan Jakarta – Banjarmasin – Jakarta.

Sementara, bandara yang melayani keberangkatan pesawat Lion Air dengan rapid test antigen gratis ini terdapat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten; Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara; Bandara Minangkabau di Padang Pariaman, Sumatera Barat; Bandara Sultan Syarif Kasim II di Simpang Tiga, Riau.

Rapid Tes Antigen gratis Lion Air juga tersedia di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Talang Betutu, Sukarami, Sumatera Selatan; Bandara Depati Amir di Dul, Beluluk, Pangkalan Baru, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; dan Bandara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Adapun syarat layanan rapid test antigen gratis bagi calon penumpang Lion Air adalah sebagai berikut.

1. Periode penerbangan mulai Senin 22 Februari 2021

2. Memiliki voucher rapid test antigen ketika memesan dan membeli tiket mulai Senin, 22 Februari 2021

3. Jika calon penumpang membeli tiket lewat daring, agen travel online, dan call center, maka pilih menu ‘Layanan Rapid Test’. Apabila calon penumpang membeli tiket secara offline, misalkan ke kantor penjualan tiket Lion Air, kantor agen mitra perjalanan, dan lainnya, maka harus menyampaikan kebutuhan atau ingin memperoleh voucher rapid test antigen.

4. Wajib menunjukkan voucher rapid test antigen saat datang ke fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan Lion Air

Bagi calon penumpang yang memesan dan membeli tiket tertanggal 22 Februari 2021, namun belum melaksanakan rapid test antigen, tetap bisa mendapatkan voucher gratis dengan memasukkan kode pemesanan tiket atau di situs resmi Lion Air. Metode lainnya, dengaan menunjukkan kode pemesanan melalui kantor penjualan Lion Air Group. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *