Ini Dia Aplikasi “Digital Poken” Bank Sumut yang Bantu UMKM Tapsel Pasarkan Produk

Pelayananpublik.id- Bank Sumut meluncurkan aplikasi baru bernama Digital Poken untuk pelaku UMKM di Kabupaten Tapanuli Selatan, Senin (15/2/2021).

Digital Poken adalah aplikasi berbasis Android yang akan membantu pelaku UMKM di Tapsel dalam memasarkan produk-produk mereka.

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M Pasaribu meminta Bank Sumut agar terus meningkatkan kepeduliannya terhadap pengembangan sektor UMKM terutama di Kabupaten Tapanuli Selatan.

“Akibat pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi khususnya para pelaku ikm dan ukm untuk itu diperlukan digitalisasi dalam hal membantu pelaku IKM dan UKM untuk memasarkan produknya agar memiliki pasar yang luas tidak hanya di kabupaten Tapanuli Selatan,” jelas Syahrul dalam acara launching aplikasi Digital Poken Tapsel tersebut.

Hadir pada acara tersebut Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M Pasaribu, Direktur Utama Bank Sumut Muchammad Budi Utomo, Corporate Secretary Bank Sumut Syahdan Ridwan Siregar dan Pemimpin Bank Sumut Cabang Kordinator Padang Sidempuan Syahmirdan Siregar dan Pemimpin Bank Sumut Cabang Sipirok M.Aspin Sinaga, jajaran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan serta 40 pelaku usaha IKM dan UKM di Tapanuli Selatan.

Dirut Bank Sumut, Muchammad Budi Utomo menjelaskan aplikasi Poken merupakan bentuk dukungan nyata Bank Sumut untuk membantu para pelaku usaha IKM dan UKM untuk memasarkan produknya sejalan dengan tren belanja online dan himbauan untuk tidak berpergian ditempat kerumunan guna mengantisipasi bahaya penyebaran Covid 19.

“Dengan aplikasi ini, maka Bank Sumut tidak hanya berperan mendukung UKM dan IKM dari sisi penyediaan permodalan, melainkan juga membantu pemasaran agar dapat meningkatkan kualitas usaha UKM dan IKM,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Bank Sumut juga menyalurkan CSR berupa pembanguann 4 (empat) unit Guest House yang berlokasi di Kebun Raya Sipirok Tapanuli Selatan.

“Pemberian CSR tersebut, dilandasi kepedulian Bank Sumut selaku bank kebanggaan daerah masyarakat Sumatera Utara terhadap pembangunan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan pariwisata, karena selain di Danau Toba sangat banyak destinasi wisata menarik di Tapanuli Selatan,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, pemberian CSR ini juga wujud nyata mendukung konservasi lingkungan dan pendidikan di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Budi Utomo juga menjelaskan Pembangunan 4 unit guest house kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dengan nilai total penyaluran CSR sebesar Rp2,2 Miliar rupiah dari alokasi CSR 2020 Pemkab Tapsel.

“Ini merupakan lanjutan pembangunan sebelumnya juga 4 unit guest house dan aula guest house di kebun raya Sipirok Tapanuli Selatan. Pembangunan ini berasal dari dana alokasi CSR Kabupaten Tapanuli Selatan untuk Tahun 2019 sebesar Rp1,7 Milyar Rupiah yang dikelola oleh PT Bank Sumut. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *