Deretan Kebiasaan Sepele yang Bikin Rusak Mental dan Fisik

Pelayananpublik.id- Kesehatan manusia sangat dipengaruhi dari pola hidupnya. Sebagian manusia mati-matian menerapkan pola hidup sehat agar fisiknya tetap bugar dan jiwanya sehat. Namun tak sedikit pula yang tidak peduli dengan itu semua. Mereka terus melakukan kebiasaan yang bisa mengakibatkan gangguan mental dan fisik.

Kebiasaan buruk itu bisa saja hal-hal sepele atau hal yang biasa tiap hari dikerjakan banyak orang. Namun ternyata kebiasaan sepele itu bisa merusak mental dan mengakibatkan gangguan fisik. Kebiasaan apakah yang dimaksud?

Berikut ini tujuh di antaranya, sebagaimana dikutip dari Very Well Health, Kamis (4/2/2021).

1. Terus Memikirkan Kesedihan

Mood Anda akan berpengaruh kepada semangat Anda dalam kehidupan sehari-hari. Jadi stop berfikir hal-hal yang menyedihkan, itu akan mempengaruhi kesehatan Anda.

Selain menimbulkan depresi dan stress, banyak berpikir hal buruk juga akan mengganggu kesehatan fisik Anda. Anda bisa menderita hipertensi, masalah lambung, hingga sakit kepala akibat gangguan kecemasan.

Jadi mulai sekarang pikirkanlah hal-hal yang menyenangkan meski hidup Anda menyedihkan.

2. Begadang

Begadang jangan begadang kalau tiada artinya. Penggalan lirik lagu dangdut itu ada benarnya. Begadang akan membuat kesehatan Anda menurun dan membuat suasana hati Anda memburuk.

Orang yang kurang tidur biasanya lebih cepat tersulut emosi. Jadi bayangkan saja jika Anda begadang setiap hari, jelas Anda akan kelelahan secara mental dan fisik.

3. Berfoya-foya dengan Uang

Bagi sebagian orang menghambur-hamburkan uang adalah hal yang sangat menyenangkan. Sehingga uang dibelikan untuk hal-hal yang tidak perlu.

Namun apa jadinya jika uangnya sudah ludes? Jalan lainnya adalah berhutang demi nafsu berbelanja.

Menurut penelitian Clinical Psychology Review, banyak utang sangat memicu stres seseorang. Bahkan bisa menimbulkan keinginan untuk bunuh diri, jadi hati-hati ya..

4. Curhat ke teman

Sejalan dengan memikirkan hal tidak menyenangkan, curhat ke teman mungkin bisa melegakan. Tapi nyatanya itu salah. Menurut penelitian Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology, percakapan berorientasi negatif hanya akan meningkatkan kadar hormon stres. Mengulangi kesulitan sebenarnya hanya akan menjebak suasana hati dalam kondisi buruk.

5. Menyalahkan diri sendiri

Perasaan bersalah yang dilayangkan untuk diri sendiri nyatanya sama-sama meningkatkan gejala depresi. Ini terbukti dari penelitian dari Personality and Individual Differences. Untuk menanggulanginya, cobalah untuk mengubah cara berpikir untuk merasa lebih baik.

6. Terus-menerus makan

Ada saat di mana seseorang terus-menerus makan. Ini akan memungkinkan menambah kalori yang masuk sehingga berat badan meningkat. Jika dilanjutkan akan sangat berbahaya dan menyebabkan beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, dan lainnya.

7. Terlalu banyak duduk

Terlalu banyak duduk sering terjadi bagi orang-orang yang bekerja kantoran. Faktanya, perilaku ini memiliki risiko kesehatan fisik seperti obesitas, diabetes, dan kardiovaskular.

Itulah deretan kebiasaan sepele yang bisa merusak mental dan fisik Anda. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *