Pendaftaran Vaksin untuk Perusahaan Dibuka 10 Februari, Begini Caranya

Pelayananpublik.id- Indonesia tengah dalam proses vaksinasi dalam Covid-19. Selain vaksin mandiri untuk perorangan, pemerintah juga menyiapkan vaksin berbayar untuk perusahaan.

Vaksin ini disebut vaksin gotong royong dan hanya diberikan kepada perusahaan yang berniat memberikan vaksin gratis ke karyawannya.

Adapun program vaksin gotong royong ini ditangani oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Shinta W Kamdani menyebut program ini dilakukan guna mendukung program Vaksinasi Covid-19 Nasional yang digagas pemerintah pada pertengahan Januari 2021.

“Betul, Kadin diminta untuk melakukan pendataan perusahaan yang tertarik ikut program ini,” kata Shinta dikutip dari Liputan6.com, Selasa (2/2/2021).

Pelaksanaan program Vaksinasi Gotong Royong ini, tegasnya, ditujukan hanya bagi pengusaha atau perusahaan yang mau melakukan vaksinasi gratis kepada para pekerjanya.

Pendaftaran bagi perusahaan yang ingin ikut serta dalam program Vaksinasi Gotong Royong ini dibuka selambat-lambatnya hingga 10 Februari 2021.

Adapun cara mendaftarnya dilakukan secara online lewat vaksin.kadin.id.

Dalam laman itu nantinya perwakilan perusahaan diminta mengisi data perusahaan dan beberapa kuisioner seputar Vaksin Gotong Royong.

Pemerintah memastikan vaksin tersebut akan diberikan secara gratis kepada karyawan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bahkan menegaskan tidak ada komersialisasi pada vaksin mandiri. Baik mandiri mau pun dari pemerintah, semua gratis.

“Perusahaan yang akan membeli vaksin mandiri untuk karyawannya, dan itu tidak boleh potong gaji karyawan,” tegasnya.

Dia menuturkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 mandiri masih menunggu prioritas. Saat ini, pemerintah masih pada tahap pemberian vaksin pada pihak yang masuk dalam prioritas vaksinasi. Yaitu vaksinasi untuk tenaga kesehatan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *