Syarat Tes Covid-19 Pakai GeNose yang Diadakan di Stasiun KA dan Bus

Pelayananpubik.id- Pemerintah akan mulai memberlakukan tes Covid-19 dengan menggunakan alat GeNose. Berbeda dengan Rapid Test, Pemeriksaan GeNose tidak mengambil sampel darah, tapi napas yang ditiupkan dalam sebuah kantung plastik.

Pemberlakuan pemeriksaan GeNose akan dimulai 5 Februari 2021 di stasiun KAI.

Untuk permulaan, KAI menyediakan layanan Pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta sebagai syarat untuk naik KA Jarak Jauh.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Sebelum melakukan pemeriksaan GeNose, calon penumpang harus memenuhi syarat yang ditentukan. Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut:

– Memiliki tiket keberangkatan

– Wajib dalam kondisi sehat

– Dilarang merokok 30 menit sebelum tes

– Tidak makan dan minum (kecuali) sebelum tes

Kemudian, VP Public Relations KAI Joni Martinus, mengatakan calon penumpang diharuskan mengantre dan mendaftar dengan tertib untuk selanjutnya diberikan kantong GeNose C19 setelah melakukan proses pembayaran.

Nantinya, calon penumpang diminta untuk mengambil napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak 3 kali. Langkahnya adalah, sebanyak 2 kali di awal, ambil napas dan buang di dalam masker.

Lalu pada saat pengambilan napas ke-3, langsung embuskan ke dalam kantong hingga penuh. Kunci kantong agar udara di dalamnya tidak keluar dan serahkan kantong kepada petugas untuk dianalisis menggunakan alat GeNose C19.

Hasil pemeriksaan GeNose C19 ini akan keluar dalam waktu sekitar 3 menit. Pemeriksaan dilakukan 1 kali tanpa pengulangan. Hasil pemeriksaan yang menunjukkan negatif berlaku 3 x 24 jam sejak dikeluarkannya print-out.

Sedangkan jika hasilnya positif, calon penumpang tidak diperbolehkan naik Kereta Api. Tiket dapat dibatalkan melalui loket khusus atau melalui WhatsApp KAI121 di 081-1121-11121 dan uang tiket akan dikembalikan penuh.

Sebelumnya, pemerintah memberlakukan tes Covid-19 lewat pemeriksaan GeNose. Layanan GeNose akan diwajibkan untuk penumpang kereta api. Sedangkan untuk bus, pemeriksaan dilakukan random saja.

Terkait harga, GeNose jauh lebih terjangkau dibanding tes lainnya seperti Rapid Test Antigen apalagi Swab Antigen.

Tarif layanan GeNose hanya Rp20 ribu, sedangkan Rapid Test Antigen biayanya Rp105.000 sampai Rp125.000. (*)