ACT Sumut Gandeng Relawan dan Komunitas Kumpulkan Donasi untuk Kalsel dan Sulbar

Pelayananpublik.id- Duka masyarakat Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan akibat gempa dan banjir turut dirasakan oleh seluruh bangsa Indonesia. Untuk itu, masyarakat mulai bahu-membahu mengumpulkan bantuan yang akan diberikan kepada korban bencana alam tersebut.

Itulah hal yang terjadi Sumatera Utara. Penggalangan dana dilakukan di berbagai daerah di Sumut seperti Medan, Binjai, Deliserdang, Langkat, Serdang Bedagai, Tebingtinggi, Asahan, Batubara, Tapsel, Padangsidimpan, dan berbagai daerah lainnya.

Saat ini para relawan yang tergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) se Sumut, komunitas, dan mahasiswa sedang bergerak menggalang bantuan untuk saudara sebangsa yang menjadi penyintas bencana alam di beberapa daerah.

Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa dibeberapa daerah sedang dilanda bencana, sebt saja ada Erupsi Gunung Semeru di Jatim, Longsong di Sumedang, Banjir di Bogor, dan yang paling memusatkan perhatian adalah banjir di Kalimantan Selatan yang hingga 70% wilayahnya tergenang air yang sudah memasuki 2 pekan ini, selain itu yang membuat kita miris adalah Gempa Bumi M 4,3 di Sulawesi Barat yang menewaskan 91 jiwa dan 3 orang hilang.

Terkait bencana tersebut, Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali menginisiasi Gerakan “Bergerak Bersama Selamatkan Bangsa”.

Dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat yang memliki kepedulian akan penderitaan saudara sebangsa, ACT Sumut
ACT Sumut mengajak seluruh elemen masyarakat terkhusus di Sumut utk bergerak bersama dalam gerakan ‘Sumut Bergerak Bersama Selamatkan Bangsa’ dengan pengiriman kapal kemanusiaan ke Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan
“Ini gerakan kita bersama untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa bencana. Kita buka posko Lumbung Peduli sebanyak-banyaknya se Sumut bahkan sampai ke kecamatan-kecamatan, bisa di Masjid-masjid, di perkantoran, kampus, bahkan dirumah-rumah untuk dijadikan posko pengumpulan bantuan logistik,” demikian disampaikan Yessi Oktaviana selaku Kepala Cabang ACT Sumatera Utara.

Yessi mengatakan nantinya bantan logistik ini, baik berupa paket logistik, beras, sembako lainnya, juga obat-obatan, selimut bahkan tenda sekalipun akan dikrimkan ke Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat dengan menggunakan Kapal peniriman barang, kapal ini diberi nama Kapal Kemanusiaan.

“Kapal kemanusiaan dari belawan medan ini bukan pertama kali, sebelumnya bersama sudah di layarkan kapal kemanusiaan ke Afrika, Suriah dan Palu,” jelasnya.

Kapal kemanusiaan ini, kata dia, bukan hanya sekedar membawa bantuan kemanusiaan, tetapi lebih kepada energy gerakan kepedulian para Sahabat Dermawan khususnya masyarakat Sumut untuk membersamai dan membahagiakan saudara-saudara yang membutuhkan.

“Awal Februari ini masyarakat Sumatera Utara dapat mengumpulkan paket bantuan untuk warga terdampak bencana di Kalsel dan Sulbar sebanyak 1000 ton paket logistik,” kata dia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *