Bank Sumut Salurkan CSR di Agrowisata Paloh Naga

Pelayananpublik.id- Bank Sumut terus menggelar kegiatan yang mendukung peningkatan ekonomi desa. Kali ini PT Bank Sumut memberikan CSR di Desa Agrowisata Paloh Naga.

Acara penyeraha secara simbolis dana CSR sekaligus peresmian panggung seni, gazebo, dapur kuliner dan musala itu digelar Sabtu (16/1/2021).

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didampingi istri Nawal Lubis, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, serta rombongan.

Turut hadir, Dirut Bank Sumut Muchammad Budi Utomo, Komisaris Brata Kesuma dan Syahruddin Siregar, serta Direktur Kepatuhan Eksir dan Direktur Pemasaran Hadi Sucipto.

Gubernur Edy Rahmayadi mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengatakan ini merupakan wujud loyalitas untuk tercapainya Sumatera Utara yang bermartabat.

“Andai kata setiap desa punya tempat seperti ini, luar biasa. Visi saya membangun desa menata kota, benar-benar bisa terwujud. Terimakasih Bank Sumut. Lain kali UPT Pemprov Sumut bisa hadir semua dan melihat apa yang bisa dilakukan,” katanya.

“Untuk itu berikanlah kehidupan di desa ini. Saya terima kasih Bapak Bupati, dua kali saya datang ke sini sudah banyak perubahan. Saya yakin rakyat akan makmur, apalagi bisa berjualan di sini,” ujar Edy.

Sementara Bupati Deliserdang Ashari Tambunan mengatakan pihaknya sangat merasa bersyukur Gubernur Sumut bisa hadir di agrowisata ini, apalagi ini bukan yang pertama kali. Ia mengatakan Kabupaten Deliserdang sudah banyak kemajuan.

“Artinya setiap kunjungan Pak Gubernur saya yakini bahwa memberi arti dan menjadi motivasiĀ  tersendiri dan itu terbukti dengan perkembangan yang terjadi. Saya berharap pada kunjungan Pak Gubernur berikutnya sudah menjadi lebih baik lagi kawasan wisata ini,” katanya.

Direktur Utama PT Bank Sumut Muchammad Budi Utomo mengatakan pada tahun 2020 Bank Sumut mendapatkan alokasi Dana CSR total sebesar Rp 3 miliar.

Ruang lingkup penyaluran dana CSR berada dalam koridor tiga pilar CSR Bank Sumut, yaitu Pilar Lingkungan, Pilar Ekonomi, serta Pilar Pendidikan dan Kewirausahaan.

“Program Agrowisata Paloh Naga ini sejalan dengan Pilar Ekonomi dengan dana yang disalurkan sebesar Rp 265.905.000. Pada kesempatan yang berbahagia ini juga turut kami serahkan secara simbolis Dana CSR Bank Sumut alokasi Pemkab Deli Serdang sebesar total Rp616.339.429,” katanya.

Program program CSR tersebut antara lain pengadaan ambulan Rumah Sakit Umum Klas D Pancur Batu sebesar Rp318.000.000, pengadaan 10 unit alat penyaring udara Rumah Sakit Umum Daerah Deli Serdang sebesar Rp110.000.000, pengadaan drone dan perangkat multimedia Dinas Kominfo Kabupaten Deli Serdang sebesar Rp100.000.000.

Selain itu pengadaan satu unit becak motor sampah di kecamatan Patumbak sebesar Rp 38.250.000, Pengadaan Alat Daur Ulang Bahan Plastik untuk Pelaku UMKM sebesar Rp50.089.429.

“Dapat kami sampaikan kepada Bapak Gubernur Provinsi Sumatera Utara dan seluruh hadirin, bahwa pandemi ini sangat mempengaruhi kondisiĀ  berbagai sektor usaha masyarakat dan Bank Sumut turut mendorong perbaikan ekonomi di Sumatera Utara dengan menyalurkan dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional),” terang Budi.

Dijelaskannya program ini adalah program tahunan PT Bank Sumut dimana Bank Sumut mempunyai kewajiban untuk peduli kepada lingkungan. Salah satunya adalah dalam program ekonomi.

“Agrowisata Paloh Naga ini kita sudah bisa lihat, tempat ini sekarang menjadi destinasi wisata dan juga tempat berwisata kuliner bagi masyarakat Kota Medan dan sekitarnya. Ini adalah salah satu wujud Bank Sumut peduli dan mempercepat pemulihan ekonomi dalam masa pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Ia mengatakan ke depan, Bank Sumut akan terus berkontribusi untuk wilayah lain di Sumatera Utara. ApalagiĀ  melihat badan usaha milik desa (Bumdes) di Paloh Naga sangat proaktif dan inovatif.

Agrowisata Paloh Naga ini merupakan bagian dari Desa Wisata Kampoeng Lama yang terletak di Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

Lokasi wisata ini menawarkan beberapa kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung, antara lain, edufarming, traditional breakfast, dan lunch yang diiringi dengan musik tradisional.

“Pesan Pak Gubernur, yang sudah baik ini kalau bisa direplikasi di daerah lain. Kita masih punya banyak sekali wisata yang bagus, kita bisa mengembangkan wisata air, kita juga punya sungai yang bagus, itu akan kita kembangkan juga kedepannya,” tambahnya.

“Seperti motonya Sumatera Utara, membangun desa menata kota, desa menjadi prioritas utama untuk kita lakukan pembangunan khususnya pembangunan wisata. Karena itu bisa bergulir dan menghasilkan pendapatan daerah dengan cepat,” lanjutnya

Tak hanya memberikan bantuan, tapi melalui agrowisata ini, Bank Sumut bisa melakukan percepatan inklusi keuangan. Misalnya pengunjung sudah bisa melakukan transaksi di tempat ini dengan menggunakan QRIS.

“Kita bisa lihat bahwa UMKM yang berjualan di sini sudah menggunakan QRIS dalam bertransaksi. Ini pula merupakan pesan Pak Presiden bagaimana inklusi keuangan bisa dilakukan pada seluruh daerah-daerah di Indonesia ini,” ucapnya.

Sebelum melakukan peresmian, Gubernur dan pimpinan Bank Sumut beserta rombongan juga melakukan gowes sepeda mulai dari Prime Plaza Hotel hingga Agrowisata Paloh Naga.

“Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kembali saya sampaikan kepada Bapak Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Bapak Wakil Gubernur, Bapak Bupati Deli Serdang yang mewakili, seluruh unsur Forkopimda atas dukungan yang telah diberikan selama ini, kedepan kiranya dukungan ini dapat terus berlanjut dan menjadikan Bank Sumut sebagai bank yang kuat, kompetitif dan kontributif,” pungkas Dirut Bank Sumut, Muchammad Budi Utomo. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *