Dimulai 21 Desember, Operasi Lilin di Masa Pandemi Akan Lebih Mengedepankan Kemanusiaan

Pelayananpublik.id- Korlantas Polri kembali akan menggelar operasi lilin menjelang Natal dan Tahun Baru 2021. Hal itu diputuskan dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Operasi Lilin tahun 2020 menyambut libur Natal dan tahu baru 2021 atau Nataru.

Pelaksanaan Operasi Lilin Tahun 2020 yang akan digelar selama 15 hari, mulai tanggal 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.

Menyampaikan arahan Kapolri, Brigjen Pol Kushariyanto mengingatkan kembali kepada jajaran agar seluruh personel yang bertugas di lapangan untuk mengutamakan protokol kesehatan Covid-19.

Ia mengatakab pelaksanaan Operasi Lilin tahun ini adalah Operasi Kemanusiaan, ke depankan kegiatan simpatik dan kemanusiaan.

“Seperti pembagian masker, sembako dan lainnya, Ini lebih banyak membawa dampak positif di masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan menjabarkan tugas pokok Korlantas Polri dalam pelaksanaan Operasi Lilin Tahun 2020.

Yaitu, demi terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) pada jalur tol, jalur arteri dan tempat wisata, serta tempat ibadah Natal maupun pada lokasi perayaan malam pergantian tahun baru 2021.

Selain itu, tujuan lainnya adalah memperlancar distribusi logistik dan BBM serta menurunkan jumlah fatalitas korban kecelakaan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Pada gelaran Operasi Lilin tahun 2020 jumlah personil gabungan yang akan diturunkan sekitar 191 ribu dari berbagai instansi terkait.

Rapat koordinasi dihadiri oleh Karodalops Asops Kapolri Brigjen Pol Endi Sutendi, Dir Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf, Perwakilan dari Dirhubdat, Bina Marga, stakeholder terkait, dan seluruh Dirlantas se-Indonesia serta para pejabat utama Korlantas Polri. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.