Layanan Tukar Uang di BI Kembali Dibuka, Catat Jadwalnya

Pelayananpublik.id- Layanan penukaran uang di Bank Indonesia (BI) kembali dibuka mulai 12 November 2020.

Dengan demikian masyarakat bisa kembali menukarkan uang rupiah rusak mereka dengan datang langsung ke kantor BI dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan pembukaan kembali layanan ini sebagai upaya BI dalam memastikan ketersediaan uang rupiah yang layak edar di masyarakat.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Adapun jadwal penukaran uang rusak di BI adalah setiap Kamis 08.00-11.00 WIB.

“Penukaran uang rusak dibuka setiap Kamis, pukul 08.00-11.30 waktu setempat di loket layanan BI,” katanya, Rabu (11/11).

Adapun kriteria uang rupiah kertas dan logam rusak yang diberikan penggantian sesuai dengan nilai nominal berlaku yakni dalam hal fisik uang rupiah kertas lebih besar dari 2/3 ukuran aslinya dan ciri uang rupiah dapat dikenali keasliannya.

Uang rusak dengan kriteria tersebut diberikan penggantian sebesar nilai nominal uang rupiah yang ditukarkan dengan persyaratan uang rupiah kertas masih merupakan satu kesatuan dengan atau tanpa nomor seri yang lengkap, atau uang rupiah kertas tidak merupakan satu kesatuan dan kedua nomor seri pada uang rupiah rusak tersebut lengkap dan sama.

Dalam hal fisik uang rupiah kertas sama dengan atau kurang dari 2/3 ukuran aslinya, tidak diberikan penggantian.

Sementara itu, dalam hal fisik uang rupiah logam lebih besar dari 1/2 ukuran aslinya dan ciri uang rupiah dapat dikenali keasliannya, diberikan penggantian sebesar nilai nominal uang rupiah yang ditukarkan, dan dalam hal fisik uang rupiah logam sama dengan atau kurang dari 1/2 ukuran aslinya, tidak diberikan penggantian.

Untuk menukarkan uang rupiah rusak ke BI, masyarakat cukup membawa uang rupiah rusak yang masih memenuhi persyaratan ke Kantor BI sesuai jadwal layanan.

“BI mengimbau masyarakat yang akan melakukan penukaran di seluruh kantor BI untuk tetap menjalankan protokol Covid-19,” kata Onny.

Sumber : Antara