Geger Sampah Alat Medis Covid-19 Dibuang di Pinggir Jalan, Ini Kata Polisi

Pelayananpublik.id- Beberapa waktu lalu warga Bekasi digegerlan dengan beredarnya video yang menunjukkan puluhan kilogram sampah yang dibuang di pinggir jalan.

Bukan sembarang sampah, setelah diperiksa ternyata isi sampah yang dibuang di pinggir jalan raya Sukatani, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi adalah limbah medis yang diduga bekas penanganan Covid-19.

Lokasi tersebut sempat diawasi garis polisi. Kapolsek Sukatani, AKP Makmur, menuturkan, semula warga melihat ada sampah yang berserakan.

Sampah itu berisi rapid tes, alat pelindung diri (APD) tenaga medis serta surat keterangan rapid tes dari klinik kesehatan.

“Warga pertama lihat ada yang berserakan, lalu pas dilihat kaitannya dengan alat-alat penanganan Covid-19 akhirnya pada lapor ke perangkat desa dan kemudian lapor ke polsek karena kaitannya dengan alat-alat covid karena takut ada apa-apa kita police line waktu itu,” jelas Makmur kepada wartawan, Jumat (6/11).

Makmur menduga, limbah medis tersebut sengaja dibuang orang yang tak bertanggung jawab saat melintas.

“Kelihatannya seperti kaya orang sengaja sembari jalan bisa dikatakan, buang dari jalan pasti,” ujar dia.

Ia mengatakan sebagai tindak lanjut, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup setempat. Sebab mereka yang mengetahui persis bahaya atau tidaknya benda-benda tersebut. Saat ini, kasus tersebut tengah ditangani oleh Polres Metro Bekasi.

“Kita langsung kerja sama dengan DLH, karena mereka yang tahu berbahaya atau tidak, kemudian prosesnya kita kerja sama ditangani sama krimsus polres,” kata dia.

Makmur mengatakan jumlah limbah yang dibuang itu beratnya sekitar 50 kilogram atau setara tiga karung plastik. Menurut penuturan dia, area tersebut letaknya jauh dari rumah sakit.

“Saat pertama ditemukan langsung dievakuasi sudah steril bekasnya sudah abis. Enggak ada (rumah sakit) dekat situ adanya puskesmas,” jelasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *