Cara Ajukan Kerjasama dengan Pertamina Berjualan BBM dan LPG

Pelayananpublik.id- Punya modal tapi bingung mau usaha apa? Anda bisa memilih bekerjasama dengan Pertamina untuk menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG.

Anda bisa berjualan BBM dan LPG yang kualitasnya sama dengan yang ada di SPBU. Program kerjasama ini disebut Pertashop.

Pertashop atau Pertamina Shop adalah lembaga penyalur Pertamina skala kecil yang disiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM Non Subsidi, LPG Non Subsidi dan produk Pertamina Ritel lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain.

Program kemitraan bisnis Pertashop ini terbuka untuk Koperasi serta UKM yang sudah berbadan hukum CV atau PT di seluruh Indonesia.

“Pertashop adalah lembaga penyalur resmi Pertamina dengan skala kecil untuk melayani kebutuhan BBM Non Subsidi, LPG Non Subsidi dan juga produk ritel Pertamina lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur resmi” ungkap CEO PT Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading Pertamina Mas’ud Khamid, dikutip dari Suara.com.

Pertashop ini bisa menjadi peluang usaha bagi calon mitra Pertamina di pedesaan untuk peningkatan kegiatan ekonomi. Sehingga pada akhirnya dapat memaksimalkan potensi desa, meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

“Tahun ini, Pertamina mengajak calon mitra Pertashop untuk membangun lembaga penyalur yang tersebar di banyak kecamatan seluruh Indonesia,“ kata Mas’ud.

Adapun tujuan Pertashop yakni menggerakan ekonomi desa karena mobilisasi warga semakin mudah dan murah.

Pertashop juga mendekatkan bahan bakar berkualitas untuk masyarakat desa.

Pertashop bertujuan menjual bahan bakar berkualitas dengan harga sama dengan SPBU dan takaran yang terjamin.

Cara Mendaftar jadi Mitra Pertashop

Sebelum mendaftar, ada baiknya Anda pahami dulu beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar Anda diterima menjadi mitra. Adapun persyaratan menjadi mitra Pertashop adalah sebagai berikut:

– Memiliki legalitas usaha berbentuk Badan Usaha dan atau Badan Hukum (CV , Koperasi , PT).

– Memiliki kelengkapan dokumen legalitas berupa KTP , NPWP , Akta Perusahaan.

– Memiliki atau menguasai lahan untuk pengoperasian Pertashop.

– Mendapatkan rekomendasi dari Kepala Desa

Selain itu ada juga kriteria lokasi usaha yang nantinya jadi pertimbangan Pertamina untuk menyetujui permohonan Anda. Adapun kriteria lokasi Pertashop adalah sebagai berikut:

– Aksesibilitas Desa (akses mobil tangki , akses pengiriman modular)

– Ketersediaan Jaringan Listrik.

– Lokasi yang akan dibangun Pertashop memiliki potensi omset yang baik secara keekonomian.

– Evaluasi kelayakan lokasi akan dilakukan oleh PT. Pertamina (Persero).

Jika sudah memenuhi kriteria di atas, Anda sudah bisa mendaftar secara online ke https://kemitraan.pertamina.com/registration_pertashop/index/7.html.

Calon mitra kemudian dapat memilih menu Informasi Pendaftaran dan klik pada tombol “Daftar Sekarang”.

Sebelum dapat masuk ke halaman registrasi, Anda akan diminta untuk memberi centang pada peryataan bahwa calon mitra mengisi data dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kemudian calon mitra dapat melanjutkan untuk melengkapi form registrasi dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Calon mitra memilih lokasi dari pilihan yang tersedia dengan melengkapi informasi yaitu: Provinsi, Kota/Kabupaten, kecamatan, kelurahan, dan alamat detil rencana lokasi Pertashop.

Kemudian Anda akan diminta untuk mendaftarkan nama perusahaan, nama pengusaha, alamat e-mail, dan nomor handphone serta melengkapi password yang akan digunakan seterusnya untuk memasuki akun pendaftaran kemitraan Pertashop.

Setelah memberi centang pada pernyataan “Saya telah membaca dan memahami persyaratan dan prosedur pengajuan kemitraan Pertamina”, calon mitra dapat meng-klik tombol “submit” dan calon mitra akan mendapat email verifikasi yang berisi informasi pendaftaran serta kode aktivasi melalui SMS ke nomor handphone yang telah didaftarkan.

Dari proses registrasi online ini, calon mitra akan diberi nomor registrasi untuk melakukan pengecekan status aplikasi dan sebagai pengisian data di website.

Proses ini akan memudahkan tim kelayakan Pertamina untuk mengidentifikasi pemohon dan memungkinkan calon mitra untuk menyimpan dan melengkapi data terkait kelengkapan perizinan Pertashop.

Tahapan Pengajuan Mitra Pertashop

1. Isi Data

– Input Web kemitraan.pertamina.com

– Detail lokasi

– Legalitas badan usaha

– Melampirkan Surat Rekomendasi Desa

2. Verifikasi Lapangan

3 . Administrasi

– Persyaratan Pemda

– Penguasaan Lahan

4. Izin Bangun

– Design yang di setujui Pertamina

– Proses Pembanguna

5. Kontrak

6. Operasional

Demikian cara mengajukan kerjasama menjadi mitra Pertashop Pertamina. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *