Jumlah Kematian Akibat Covid-19 di Indonesia Menurun 9,9 Persen

Pelayananpublik.id- Jumlah kematian akibat virus Covid-19 di Indonesia menunjukkan angka penurunan. Pada pekan ini, kematian akibat virus asal Wuhan, China itu sudah menurun sebesar 9,9 persen. Persentase penurunan ini lebih tinggi dari data pekan sebelumnya yang hanya turun 7,7 persen.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan data ini merupakan perbandingan kematian Covid-19 untuk periode tanggal 5 sampai 11 Oktober 2020 dengan periode 28 September sampai 4 Oktober 2020.

Dalam laporannya Wiku menyebut, ada lima provinsi yang berhasil keluar dari lima besar kematian Covid-19 tertinggi pekan ini. Pada pekan sebelumnya, lima provinsi ini mencatat kematian Covid-19 tertinggi. Yakni, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, Aceh dan Papua.

“Kami mengapresiasi provinsi yang berhasil menekan angka kematian pada pekan ini dan berkontribusi pada penekanan angka kematian secara nasional,” ucapnya.

Namun, lima provinsi melaporkan peningkatan kasus kematian Covid-19 tertinggi pekan ini. Yaitu, DKI Jakarta naik 65 kasus. Dari 69 menjadi 134 kasus kematian.

Kemudian Jawa Tengah naik 7 kasus, dari 55 menjadi 62 kasus kematian. Kepulauan Riau naik 4 kasus, dari 1 menjadi 5 kasus kematian. Kalimantan Tengah naik 3, dari 4 menjadi 7 kasus kematian.

“Sulawesi Tengah naik 2 kasus,” tambah Wiku.Dia pun meminta agar lima provinsi yang mencatat kasus kematian Covid-19 tertinggi pekan ini untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Terutama pelayanan terhadap pasien Covid-19 dengan gejala sedang, berat maupun komorbid.

Sumber: Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *