BRTI Ingin Konsumen Bisa Tolak SMS Spam

Pelayananpublik.id- Belakangan ini, pengguna provider telekomunikasi mengeluhkan SMS Spam yang bertubi-tubi masuk ke ponsel mereka.

Isinya pun bermacam-macam, ada yang menawarkan diskon internet, diskon makanan, hingga promosi lapak judi online.

Nah, sebagai pengguna masyarakat merasa lumayan terganggu dengan adanya SMS-SMS Spam tersebut.

Terkait itu. Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) pun turun tangan untuk menyelesaikan masalah ini.

Anggota BRTI Setyadi Widodo mengatakan untuk menolak SMS Spam, pihaknya akan meminta operator seluler untuk menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menolak atau menerima SMS penawaran brodcast tertentu dari operator atau mitranya.

“Bisa dengan SMS balik tertentu, atau dengan menekan kode-kode tertentu dalam ponsel,” ujarnya Setiyadi kepada CNBC Indonesia, Jumat (2/10/2020).

Setyadi menambahkan pengguna juga dapat memanfaatkan fitur dalam ponsel untuk memblokir atau daftar hitam bagi pengirim pesan yang dianggap mengganggu.

“Kadang-kadang SMS mengganggu atau tidak bersifat subjektif. Misalnya ada yang senang dapat info diskoan makanan, ada yang merasa terganggu. Oleh sebab itu ada fitur yang memungkinkan penerima untuk tetap menerima atau tidak lagi menerima pesan tertentu semacam itu,” jelasnya.

Ia menambahkan hari ini BRTI akan mengundang operator seluler dan Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) untuk membahas lebih jauh mengenai detil SMS khususnya SMS penawaran brodcast.

“Mudah-mudahan segera dapat dirumuskan aturan demi kenyamanan pengguna,” jelasnya. (*)

Sumber: CNBC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *