Cara Cek Lolos Kartu Prakerja Lewat Web dan SMS

Pelayananpublik.id- Program Kartu Prakerja sejauh ini masih dinantikan bagi masyarakat agar mendapat bantuan dari pemerintah.

Seperti yang diketahui, saat ini pemerintah Indonesia sedang gencar memberikan bantuan dana kepada masyarakatnya lewat berbagai program.

Kartu Prakerja adalah salahsatunya, yakni membidik masyarakat yang belum memperoleh pekerjaan dengan sederet pelatihan keterampilan.

Nah, saat ini program Kartu Prakerja telah mencapai gelombang 10.

Kartu Prakerja Gelombang 10 hanya dibuka selama tiga hari dari Sabtu 26 September 2020 dan ditutup Senin 28 September 2020.

Tentu masyarakat sudah tidak sabar untuk mengetahui apakah mereka lolos atau tidak.

Bagaimana cara mengecek Anda lolos Kartu Prakerja atau tidak?

Yang pertama, pengumuman peserta yang lolos program tersebut akan diberitahu lewat SMS.

“Selamat kamu dpt Kartu Prakerja. Cek Akunmu di www.prakerja.go.id. Catat dan rahasiakan nomor Kartu Prakerjamu, pakai untuk beli pelatihan di platform,” demikian bunyi SMS yang akan dikirim jika Anda lolos mendapat Kartu Prakerja.

Namun, tidak semua pelamar juga mendapat SMS meskipun lolos. Jadi Anda bisa cek langsung ke www.prakerja.go.id dan masuk akun dashboar masing-masing.

Jika lolos dashboard Kartu Prakerjanya akan berubah, meski sms belum diterima.

Dashboard anda akan muncul insentif hingga tulisan saldo pelatihan.

Berdasarkan pengalaman peserta yang sebelumnya lolos, sehari setelah penutupan pendaftaran kadang ada yang dashboard yang telah berubah.

Nah, untuk gelombang 10 sendiri, Hingga Rabu 30 September 2002 belum diumumkan kepastian jadwalnya.

Lalu kapan Gelombang 11 Dibuka?

Gelombang 10 disebut-sebut sebagai batch terakhir Kartu Prakerja. Namun, Kemenko Perekonomian mengatakan kemungkinan akaj ada Gelombang 11, yakni kuota dari kepesertaan yang dicabut.

Jadi, mereka yang sudah lolos tapi belum memanfaatkan insentif untuk pelatihan, kepesertaannya akan dicabut. Kuota mereka akan dialihkan untuk pendaftar di Gelombang 11. Namun gelombang tersebut tidak akan dibuka pada waktu dekat ini.

Seperti yang diketahui, ada beberapa manfaat yang akan diterima. Penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif Rp3.550.000 per orang.

Rincian dana tersebut di antaranya, Rp1 juta untuk bantuan pelatihan, Rp600.000 per bulan selama empat bulan untuk insentif setelah pelatihan dan Rp150.000 insentif setelah melakukan survei.

Insentif Prakerja tak langsung cair bagi Anda yang dinyatakan lolos. Anda hanya akan menerima insentif jika:

– Telah menyelesaikan Pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat;

– Dalam hal penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, Insentif Pelatihan hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya;

– Telah memberikan ulasan terhadap Lembaga Pelatihan;

– Telah memberikan penilaian kepada Lembaga Pelatihan;

– Telah berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akun situs www.prakerja.go.id;

– Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan telah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade) oleh bank/perusahaan e-money terkait.

Bagi Anda yang belum lolos pada gelombang 7 ini atau belum melakukan pendaftaran program Prakerja, berikut syarat hingga tata cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pendaftaran program Prakerja. (*)

Jjj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *