Ingin Nulis Novel dan Dibayar, Ini Deretan Platform yang Bisa Kamu Manfaatkan

Pelayananpublik.id- Era pandemi Covid-19 ini memaksa orang-orang untuk tinggal lebih banyak di rumah. Di rumah, orang-orang pasti sangat sulit melepaskan diri dari ponsel. Mereka bahkan menemukan akan melakukan banyak hal dengan ponsel mereka seharian, salahsatunya adalah membaca novel.

Dengan demikian, saat ini platform novel online sedang ramai dikunjungi para pembaca.

Bukan hanya itu, selama pandemi banyak orang yang kehilangan pekerjaan. Sehingga orang harus pintar memutar otak agar bisa menghasilkan uang. Tak heran banyak orang yang mencoba mencari aktivitas yang menghasilkan uang lewat internet.

Salahsatu hal yang bisa kamu lakukan di internet untuk mendapat uang adalah dengan menulis.

Ya, jika Kamu hobi menulis cerita, kamu bisa mulai menulis untuk platform novel online.

Aplikasi novel online itu disebut webnovel yang merupakan novel yang berbasis web, yaitu novel yang ditulis atau di-publish di dalam jaringan situs online. Untuk karakteristik novel dan webnovel pada umumnya sama saja, yang membedakan hanya tempat penerbitannya. Webnovel di-publish di suatu situs website ataupun yang menyediakan layanan novel online.

Secara umum perbedaan webnovel dengan novel yang dipublikasikan di penerbit atau dicetak (printed novel) hanya media publikasi. Pada media website, penulis memiliki tantangan pada jumlah kata yang akan dimuat. Tantangan tersebut bukan terbatas pada platform, tapi lebih kepada kenyamanan pembaca. Kalau terlalu panjang akan menyebabkan minat pembaca berkurang dan sebaliknya.

Menulis di platform novel online memungkinkan kamu mendapat uang mulai dari recehan hingga harga yang fantastis. Dan banyak orang yang justru memilih menulis novel online sebagai pekerjaan utamanya.

Dengan menggunakan platform online, kamu tidak harus bergantung kepada editor dan menunggu lama agar novelmu diterbitkan. Apalagi di zaman digital yang semakin canggih saat ini kesempatan untuk menulis di berbagai web sangat banyak. Bahkan saat ini banyak orang menggunakan gadget mereka untuk membaca secara online.

Menulis novel awalnya memang susah-susah gampang, belum lagi jika karyamu tidak dibaca orang, pasti akan kehilangan kepercayaan diri. Namun jika sabar dan terus mencoba tidak ada yang tidak mungkin. Anda pasti segera menjadi penulis yang sukses.

Sebab jika karyamu menarik dan banyak yang
membaca, selain makin pede, kamu juga mulai akan menuai penghasilan. Tak menutup kemungkinan juga karyamu dilirik penerbit ternama atau bahkan sutradara untuk dijadikan film.

Contohnya saja Erisca  Febriani yang memulai tulisannya dari Wattpad. Karya pertamanya Dear Nathan, dan siapa sangka ternyata karyanya mendapat perhatian publik. Begitu juga dengan penulis sukses Almira Bastari, di mana cerita yang ia bagikan banyak dilirik oleh publik. Hingga akhirnya banyak karya Almira diterbitkan oleh Gramedia.

Nah, untuk memulai, berikut beberapa platform webnovel yang bisa kamu gunakan. Mereka menyediakan ruang untuk membaca serta menulis novel online.

1. Noveltoon

Noveltoon juga salah satu platform menulis online yang penggunanya sudah jutaan. Untuk membuat cerita, kamu tinggal mendaftar di aplikasi ini.

Cara mendapatkan uang dari aplikasi ini adalah dengan mendaftarkan karyamu untuk dikontrak.

Untuk lulus kontrak, kamu harus rajin membuat cerita yang menarik agar peminat pembaca melihat ceritamu. Semakin banyak peminat, maka karyamu akan mendapat reward. Jika karyamu tembus 30 ribu kata, kamu bisa mengajukan tanda tangan kontrak untuk mendapatkan penghasilan.

2. Storial

Platform webnovel lainnya yang bisa kamu coba adalah Storial.co. Storial merupakan salah satu online platform untuk  menulis ataupun membaca novel online.

Di samping itu, juga kamu bisa berkolaborasi dengan penulis lain dalam satu buku. Jadi kamu nggak perlu bingung untuk mencari inspirasi.

Kamu tinggal berdiskusi dengan komunitas di Storial. Storial juga bekerjasama dengan nulisbuku.com dalam menerbitkan karya-karya penulis yang ada di platform ini. Kamu bisa dapat royalti dengan minimum pembaca 500.

Para pendiri Storial yaitu Brillian Yotenege, Steve Wirawan, dan Aulia Halimatussadiah menyebut platform tersebut sebagai “social story telling platform”, di mana penulis dapat mengunggah karya mereka seperti puisi, cerpen, novel, atau naskah nonfiksi dan dapat berinteraksi dengan pembacanya.

Untuk mengirim tulisan yang akan publikasikan, kamu tinggal mendaftar dan mengikuti petunjuk yang ada. Untuk mendapatkan uang, Steve beserta kawan-kawannya membuat fitur seperti Storial Premium Chapter atau monetisasi dan Storial wallet atau dompet digital.

Dengan Storial Wallet, pembaca dapat mengatur uang digital (Storial Coin) yang digunakan untuk membaca tulisan berbayar. Koin inilah yang nantinya akan menjadi royalti bagi para penulis.

3. Joylada

Joylada adalah aplikasi novel chat pertama di Indonesia. Uniknya, Joylada menyediakan cerita dalam bentuk chat. Untuk mendapat penghasilan, kamu tinggal mengunduh aplikasinya di Play Store atau App Store.

Setelah itu, kamu bisa login dengan Facebook ataupun membuat akun baru. Lalu, mengikuti petunjuk dalam pembuatan akun, dan setelah mengisi semua data, maka kamu bisa langsung memuat cerita kamu.

4. Novelme

NovelMe adalah salah satu platform online untuk membaca novel maupun menulis. Project Manager NovelMe, Aji mengaku bahwa perkembangan aplikasi tersebut meningkat pesat dalam kurun waktu setahun.

Bahkan jumlah pembaca juga semakin meningkat. Awalnya platform ini gratis, tapi pada 19 Juli 2019 mulai mengunci novel-novel favorit. “Pembaca diminta untuk membeli koin agar bisa membuka bab yang berbayar, senilai Rp100 untuk setiap bab”, ujar Aji.

Andrei, Editor dari NovelMe mengatakan dengan platform novel online NovelMe, pembaca bisa secara langsung memberikan dukungan kepada penulis.

“Namun kami menggangap ini masih tidak sebanding dengan jerih payah yang penulis berikan, Itulah sebabnya kami menetapkan bab-bab berbayar. Tujuannya sangat jelas untuk memberikan penghasilan tambahan kepada para penulis,” kata dia.

Hal ini bukan hanya untuk mencari keuntungan semata, tetapi juga sebagai salah satu cara untuk meningkatkan taraf hidup penulis di Indonesia. Agar penulis dapat memiliki penghasilan tetap. Wow!

5. Dreame

Platform webnovel yang populer lainnya adalah Dreame. Dreame merupakan salah satu aplikasi untuk membaca yang mirip dengan Wattpad.

Di dalamnya banyak menyajikan cerita-cerita gratis dan berbayar yang dapat kamu baca. Kamu juga bisa mendapatkan koin dengan cara harus mempunyai cerita yang akan dikirim di Dreame. Di Dreame ada beberapa cara untuk mengirimkan tulisan kamu.

Yang pertama, jika kamu memiliki viewers Wattpad minimal 100K. Jalur ini akan lebih memudahkan kamu untuk bisa langsung tanda tangan kontrak dengan pihak Dreame.

Cara kedua adalah dengan seleksi naskah. Ini bisa kamu lakukan jika kamu belum mempunyai viewers. Proses ini berlangsung sekitar 1 sampai 2 bulan.

Cara lainnya adalah dengan cara promosi karya untuk mengumpulkan Love atau Like.

Di Dreame akan ada tombol love. Jadi, kamu harus mengumpulkan orang-orang untuk membaca ceritamu. Dengan banyaknya pembaca yang menyukai cerita kamu ataupun memasukkannya ke dalam library yang akan dibaca, maka kamu juga mempunyai kesempatan untuk mendapatkan koin.

Itulah cara dan daftar platform webnovel yang bisa membuat kamu menjadi penulis dan menghasilkan uang. Selamat berkarya! (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *