Review Universitas Bunda Mulia, Fasilitas, Prodi dan Akreditasinya

Pelayananpublik.id- Universitas Bunda Mulia sangat mengedepankan pengembangan teknologi informasi, manajemen, ilmu komunikasi, serta budaya dan bahasa. Hal ini dikemas dalam satu kesatuan sistem pembelajaran yang holistik, dalam hal pencapaian lulusan-lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan institusi-institusi perguruan tinggi lainnya. Universitas Bunda Mulia senantiasa mempersiapkan para lulusannya dengan kurikulum pendidikan yang berorientasi pada pembekalan mahasiswa dalam menghadapi era persaingan bebas dalam tingkat regional ASEAN, yakni Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Bisa dikatakan bahwa UBM merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi swasta yang paling prestisius di Indonesia.

Majalah Mingguan TEMPO & Webometrics, tersaring sebanyak 156 universitas yang dianggap layak untuk mengikuti seleksi ke tahap yang lebih lanjut. Sehubungan dengan seleksi lanjutan, Universitas Bunda Mulia termasuk dalam 50 Promising Indonesian Universities.

Pemilihan institusi pendidikan tinggi yang masuk dalam kategori Promising Universities dilaksanakan dengan mekanisme evaluasi intensif serta berdasarkan proposal yang diajukan oleh universitas-universitas yang terpilih pada tahap awal. Adapun kiteria seleksi beserta bobotnya adalah sebagai berikut:

  1. Penghargaan yang diraih – 30%
  2. Kehidupan Kampus (mahasiswa) – 20%
  3. Fasilitas (sarana prasarana kampus) – 10%
  4. Penelitian & Pengabdian pada masyarakat – 25%
  5. Kerjasama International – 15%

Kelima kriteria tersebut juga dipakai oleh Asia Week, Times Higher & World Education dalam menentukan Top Ranked Universities secara Internasional.

Prestasi tersebut memamng cocok diraih UBM, mengingat bahwa reformasi dalam bidang akademik dan non-akademik dilakukan sejak tahun 2003 hingga saat ini oleh Yayasan Pendidikan Bunda Mulia. Hal ini dibuktikan antara lain dengan usaha untuk meningkatkan kuantitas lulusan program sarjana dan pascasarjana, pembangunan kampus baru, serta dukungan infrastruktur teknologi informasi yang terkini. UBM mampu membuktikan kehadirannya sebagai sebuah perguruan tinggi yang ”menjanjikan” (promising). Pada periode penyeleksian tersebut, di Kopertis Wilayah III UBM merupakan 1 dari 7 perguruan tinggi yang terpilih.

Pembenahan dan inovasi yang berkelanjutan di bidang pendidikan membawa UBM kembali mengukir prestasi yang membanggakan dengan dianugerahinya predikat Perguruan Tinggi Swasta Unggulan Peringkat 1 Kategori Pembelajaran dan Tata Kelola dari Dir Jen Pendidikan Tinggi wilayah kopertis III DKI Jakarta pada tahun 2014.

Dalam kategori pengembangan Budaya dan Bahasa, sumbangsih dan eksistensi UBM pun diakui baik di kalangan civitas akademika maupun profesional. Dapat dilihat bahwa UBM merupakan salah satu universitas swasta nasional yang terbaik dalam bidang Bahasa Mandarin (Tionghoa), terbukti dengan segudang prestasi yang diraih oleh mahasiswanya dalam ajang kompetisi nasional maupun internasional.

UBM turut mengukuhkan diri sebagai salah satu penyelenggara pendidikan program studi Akuntansi, Manajemen, Desain Komunikasi Visual (DKV), Ilmu Komunikasi, Psikologi, serta Hospitaliti dan Pariwisata terbaik di Indonesia. Segudang prestasi telah diukirkan oleh para mahasiswa UBM, yang akan terus bertambah dari waktu ke waktu. Hal ini bukanlah sesuatu yang mengejutkan, mengingat banyaknya mahasiswa yang berasal dari berbagai kalangan dan asal daerah

Demi mendukung kenyamanan dan kesuksesan belajar mahaiswanya, Universitas yang beralamat di Jl. Lodan Raya No. 2 Ancol, Kota Jakarta Utara ini memberikan fasilitas pembelajaran yang memadai. Fasilitas kampus Universitas Bunda Mulia antara lain:

  • Fasilitas Olahraga.
  • Poliklinik.
  • Perpustakaan.
  • Sarana Ibadah.
  • Teknologi Informasi.
  • Gedung Pertemuan.
  • Kalender Pendidikan.
  • Free Hotspot.

Universitas Bunda Mulia membuka beberapa jurusan yang tentunya bisa kamu pilih sesuai minat dan menarik bagimu. Untuk lengkapnya, kamu bisa lihat daftar berikut !

Akademi Pariwisata (D3)

  • Perhotelan

Fakultas Teknologi dan Desain

  • Teknik Informatika
  • Teknik Industri
  • Desain Komunikasi Visual
  • Sistem Informasi

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora

  • Manajemen
  • Akuntansi
  • Psikologi
  • Ilmu Komunikasi
  • Bahasa & Budaya Inggris
  • Bahasa & Budaya Tionghoa
  • Hospitaliti & Pariwisata

Program Pasca Sarjana (S2)

  • Magister Manajemen

 

Melalui surat akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi Universitas Bunda Mulia telah mendapatkan peringkat “B” berdasarkan surat keputusan nomor 1235/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2015.

Untuk akreditasi masing-masing jurusan di Universitas Bunda Mulia yakni:

Akreditasi Program Studi S1 UBM

No Strata Program Studi Akreditasi
1 S1 Ilmu Komunikasi A
2 S1 Manajemen A
3 S1 Desain Komunikasi Visual A
4 S1 Akuntansi A
5 S1 Sistem Informasi B
6 S1 Teknik Informatika B
7 S1 Hospitality Dan Pariwisata A
8 S1 Teknik Industri B
9 S1 Sastra Inggris A
10 S1 Psikologi B
11 S1 Sastra Cina A

Akreditasi S2

12 S2 Manajemen B
13 S2 Ilmu Komunikasi B

 

Karena terus mengalami perkembangan, Universitas Bunda Mulia mungkin saja bisa melakukan update akreditasi yang bisa kamu lihat melalui website resmi Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) di  halaman https://banpt.or.id.  Semoga ulasan kami membantu dan tetap semangat! (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *