Review Universitas Pamulang dan Akreditasinya

Pelayananpublik.id- Pada tahun 2000, Universitas Pamulang atau yang sering disapa UNPAM didirikan oleh Yayasan Prima Jaya dengan diketuai oleh Drs. Wayan. Namun pada awal tahun 2005, terjadi pemindahan kepemilikan dan pengelolaan dari Yayasan Prima Jaya kepada Yayasan Sasmita Jaya.

Pergantian manajemen tentu mengubah tujuan yang ingin dicapai oleh Universitas Pamulang. Demi meningkatkan mutu pendidikan Universitas Pamulang selalu memilih tenaga pengajar dan staff administrasi yang sudah berpengalaman dan kompeten di bidangnya. Serta terus melakukan pengembangan kurikulum yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja, sehingga lulusan Universitas Pamulang diharapkan bisa diterima dengan baik.

Adapun sasaran dari Universitas Pamulang adalah sebagai berikut:

  1. Penetapan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dunia industri
  2. Peningkatan mutu pendidikan dan kemahasiswaan serta perluasan akses kesempatan belajar
  3. Peningkatan mutu soft skill dan hard skill lulusan
  4. Pengembagan dalam bidang Information Communication Technology (ICT)
  5. Pengembangan perpustakaan
  6. Pembinaan kualitas dan kuantitas penelitian
  7. Pengembangan kelembagaan penelitian yang terarah
  8. Pembinaan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat
  9. Pengelolaan dan pemanfaatan hasil penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat
  10. Pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan
  11. Pengembangan kesejahteraan civitas academica
  12. Peningkatan keunggulan organisasi dan tatakelola
  13. Peningkatan citra universitas di masyarakat baik nasional maupun internasional
  14. Perluasan jaringan kerjasama dengan institusi dalam negeri dan luar negeri.

Universitas Pamulang juga menyediakan berbagai macam fasilitas seperti perpustakaan UNPAM, perpus JDIH, e-Prints, klinik, gedung perkuliahan bertingkat, ruang kelas ber-AC, laboratorium praktikum, auditorium, galery investasi BEI, secure parking dan fasilitas-fasilitas yang masih dalam proses pembangunan lainnya.

Untuk memudahkan kamu dalam menegerjakan tugas ilmiah, skripsi atau tugas akhir lainnya, UNPAM menyediakan Open Jurnal System yang terakreditasi sehinga mahasiswa tidak perlu repot mencari referensi dari tempat lain. Open Jurnal System ini juga sudah terakreditasi dan dapat diakses oleh siapapun untuk publikasi jurnal maupun untuk mencari referensi dan rujukan.

Yayasan Sasmita memberikan biaya pendidikan murah di Universitas Pamulang, dengan harapan semua lapisan masyarakat di Indonesia dapat menikmati pendidikan di bangku kuliah. Niat mulia dari Yayasan Sasmita ini patut diapresiasi, yayasan ini ingin turut menurunkan tingkat kebodohan dan kemiskinan serta meningkatkan daya jual dan harga diri masyarakat Indonesia.

Tidak hanya berpikir tentang perubahan secara nasional, kampus swasta ini begitu memberikan impact bagi lingkungan sekitar Pamulang. Sekitar kampus Pamulang bisa menjadi peruntungan bagi pelaku usaha kuliner, fotocopy, percetakan, angkutan umum, ojek dan lainnya.

Universitas dengan misi “Menjadi universitas peringkat 40 besar pada tingkat nasional yang dilandasi oleh nilai humanis dan religius pada tahun 2024” ini memiliki gedung kampus utama yang beralamat di Jalan Surya Kencana No.1, Pamulang – Tangerang Selatan Banten. Sedangkan dua kampus lainnya adalah Kampus Witana Harja Pamulang dan Kampus Viktor Serpong.

Buat kamu yang suka berorganisasi ataupun bersosial, UNPAM menawarkan dan mewadahi beragam Unit Kegiatan Mahasiswa yang sangat bermanfaat. Kegiatan mahasiswa yang ada di Universitas Pamulang antara lain mahasiswa berwirausaha, pertukaran mahasiswa, pengabdian masyarakat, rekognisi dan masih banyak kegiatan ekstrakurikuler mandiri maupun ekstrakurikuler Belmawa lainnya. Tentu kegiatan mahasiswa ini bisa dimanfaatkan mahasiswanya untuk menambah pengalaman, relasi serta mengasah sikap kritis mahasiswanya.

Pilihan waktu perkuliahan di kampus almamater biru ini cukup ramah dan fleksibel. Sehingga kamu bisa kuliah sambil bekerja, atau bagi karyawan yang ingin berkuliah akan sangat mudah.  Karena selain menyediakan kelas reguler seperti pada umumnya, UNPAM juga menyediakan perkuliahan kelas malam dan juga kelas weekend. Terdapat pilihan waktu perkuliahan dengan sebutan reguler A (pagi), Reguler B (malam) dan Reguler C (sabtu full day). Membantu para pekerja banget, ya!

Universitas Pamulang membuka beberapa fakultas dan program studi yang dapat menjadi pilihan kamu. Adapun daftar fakultas dan program studi di Universitas Pamulang adalah sebagai berikut:

  1. Fakultas Ekonomi
  • Program Studi S1 Manajemen
  • Program Studi S2 Manajemen
  • Program Studi S1 Akuntansi
  • Program Studi D3 Akuntansi
  • Program Studi D3 Sekretari.
  1. Fakultas Hukum
  • Program Studi S1 Ilmu Hukum
  • Program Studi S2 Hukum.
  1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
  • Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
  1. Fakultas MIPA
  • Program Studi S1 Matematika
  1. Fakultas Sastra
  • Program Studi S1 Sastra Inggris
  • Program Studi S1 Sastra Indonesia
  1. Fakultas Teknik
  • Program Studi S1 Teknik Elektro
  • Program Studi S1 Teknik Kimia
  • Program Studi S1 Teknik Industri
  • Program Studi S1 Teknik Informatika
  • Program Studi S1 Teknik Mesin.

Program Pascasarjana

  • Magister Manajemen (S2)
  • Magister Hukum (S2)

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan

  • Program Studi Kebidanan (D3)
  • Program Studi Keperawatan (S1)

 

UNPAM selalu mengedepankan sistem layanan berbasis web atau digital untuk kelancaran dalam pelayanan dan perkuliahannya. Mulai dari akun My Unpam yang memiliki fungsi sebagai sumber informasi akademik yang dapat diakses mahasiswa dan E-learning program tambahan yang wajib dikuti mahasiswa untuk efisiensi pertemuan perkuliahan yaitu dengan cara online.

UNPAM memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi atau biasa disebut LSP yang memilki lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan asesor-asesor yang sudah teruji oleh BNSP itu sendiri. Selain itu, UNPAM juga memiliki Lembaga Bahasa yang menyelenggarakan pelatihan TOEFL dan Test TOEFL Prediction. LSP dan Lembaga Bahasa ini berfungsi sebagai wadah bagi  mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi.

Tidak tertutup hanya untuk mahasiswa UNNPAM, LSP dan Lembaga Bahasa ini bisa dimanfaatkan bagi mahasiswa lain atau masyarakat umum yang ingin mendapatkan pelatihan dan sertifikasi. Uji kompetensi dari LSP dan Test TOEFL Prediction ini wajib diikuti oleh mahasiswa Unpam sebagai salah satu syarat mengikuti sidang tugas akhir. Keren ya! Pantas saja UNPAM telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan surat keputusan nomor 34/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2019.

Nah.. untuk akreditasi masing-masing program studi Universitas Pamulang, yuk cek dalam daftar berikut!

Akreditasi Program D-III

No Strata Program Studi Akreditasi
1 D-III Akuntansi B
2 D-III Sekretari B

Akreditasi Program Studi S1 UNPAM

3 S1 Ilmu Hukum B
4 S1 Akuntansi B
5 S1 Pendidikan Ekonomi C
6 S1 Manajemen B
7 S1 Teknik Elektro C
8 S1 Matematika C
9 S1 Sastra Indonesia B
10 S1 Teknik Kimia C
11 S1 Teknik Informatika C
12 S1 Teknik Mesin C
13 S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan B
14 S1 Sastra Inggris C
15 S1 Teknik Industri C

Akreditasi Prodi S2

16 S2 Manajemen B
17 S2 Ilmu Hukum B

 

Kamu tertarik dengan Universitas Pamulang? Persiapkan diri kamu dan mantapkan niat ya. Semoga ulasan kami membantu. (NOY)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *