Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Katolik Santo Thomas T.A 2020/2021

Pelayananpublik.id– Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara didirikan pada tahun 1984 di Jalan S. Parman 107, Medan. Sering disingkat menjadi UNIKA Santo Thomas, sudah terakreditasi “B” oleh BAN-PT pada tahun 2018.  Pertumbuhan dan perkembangan UNIKA sangat pesat, sehingga dibutuhkan lokasi kampus baru yang lebih luas. Maka pada tahun 1994, UNIKA berhasil membangun kampus baru di Tanjung Sari dan diresmikan sebagai tempat seluruh kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kemudian dibuka lagi kampus baru di Pematang Siantar, tepatnya di Sinaksak sebagai Fakultas Filsafat sekaligus tempat untuk pendidikan calon imam Katolik.

Jika kamu ingin menjadi mahasiswa di Universitas Katolik Santo Thomas, tepat sekali kamu membaca artikel kali ini. Karena artikel kali ini akan mengulas mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Katolik Santo Thomas T.A 2020/2021. Yuk, kita simak!

Periode Pendaftaran UNIKA dari 01 Februari 2020 – 30 September 2020, jangan sampai kelewatan, ya!

SYARAT DAN KETENTUAN

  1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang memperoleh izin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  2. Lulusan SMA/SMK dan Sederajat.
  3. Mengisi formulir pendaftaran.
  4. Membayar Biaya Pendaftaran sebesar Rp 350.000 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah)
  5. Pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat dipindah tangankan kepada orang lain.

BIAYA PENDAFTARAN

  1. Biaya Pendaftaran sebesar Rp 350.000 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah).
  2. Biaya administrasi Bank sebesar Rp 3.000 (tiga ribu rupiah).

KELENGKAPAN PENDAFTARAN TETAP

  1. Pas foto dalam file .jpg atau .png (softcopy)
  2. Menyerahkan fotocopy Ijazah (legalisir), SKHUN (legalisir) masing – masing 2 (dua) lembar (bagi yang sudah memilikinya) dan fotocopy Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar.
  3. Menyerahkan pas foto warna ukuran 3 x 4 sebanyak 5 lembar (tidak pakai seragam sekolah).
  4. Mengisi surat pernyataan bebas narkoba, Peraturan Tata Tertib Kemahasiswaan di atas materai 6000.
  5. Menyerahkan fotocopy Sertifikat/tanda bukti bagi pendaftar yang memiliki prestasi lomba atau Surat Tugas dari Kepala Sekolah bagi aktivis organisasi sekolah masing – masing 1 lembar.
  6. Membayar uang kuliah cicilan pertama.

CARA PENDAFTARAN

Pendaftaran dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara sebagai berikut:

  • Langsung. Calon mahasiswa baru datang langsung ke kampus Unika Santo Thomas dengan membawa semua kelengkapan.
  • Online. Calon Mahasiswa mendaftar melalui website pada laman www.pmb.ust.ac.id, dengan alur sebagai berikut:

Alur Pendaftaran Online Mahasiswa Baru

  1. Klik Formulir pada nomor 3 yang ada pada Informasi Penting, maka akan muncul Formulir dan semua file yang ada harus kamu isi, dengan ketentuan pilihlah Jenis Pendaftaran yang sesuai, dimana :
  • Regular – Calon Mahasiswa Lulusan SMA/SMK dengan biaya orangtua mulai dari semester pertama
  • Transfer – Calon Mahasiswa yang akan masuk menjadi mahasiswa Unika Santo  Thomas  dari  Perguruan  Tinggi  lain  mulai  semester tertentu atau Lulusan Diploma 3 yang akan melanjutkan studi jenjang S-1 ke Unika Santo Thomas
  • Pindahan – Calon Mahasiswa yang pindah antar Program Studi di Unika Santo Thomas
  • Bidikmisi – Calon Mahasiswa Lulusan SMA/SMK dengan biaya pemerintah yang dinyatakan Lulus (diatur tersendiri oleh Pemerintah)
  • Nias Barat – Calon Mahasiswa Lulusan SMA/SMK dengan biaya Pemerintah Daerah Nias Barat  (diatur tersendiri oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Barat yang diperuntukkan khusus bagi anak- anak dari Kabupaten Nias Barat)
  • Mentawai – Calon Mahasiswa Lulusan SMA/SMK dengan biaya Beasiswa APTIK    (diatur    tersendiri    oleh    Pengurus    APTIK    yang diperuntukkan khusus bagi anak-anak dari Kabupaten Mentawai)
  • Afirmasi Dikti – Calon Mahasiswa Lulusan SMA/SMK dengan  biaya  Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik)
  • Isilah Nama lengkap sesuai Izajah
  • Isilah Jenis Kelamin dengan memilih Laki-Laki atau Perempuan
  • Isilah Asal SLTA dengan nama SMA dengan lengkap
  • Isilah e-mail yang masih aktif
  • Isilah Nomor Telepon / HP yang masih aktif
  • Isilah Alamat saat ini
  • Isilah Nama ayah
  • Isilah Nama Ibu
  • Pilihlah Fakultas yang minati
  • Pilihlah Program Studi yang anda minati
  • Upload Pas Foto terbaru dengan cara klik kotak Pas Foto
  • Pilih Daftar jika yakin data sudah benar.
  1. Tunggu sesaat, maka dilayar akan muncul Kartu Pendaftaran Awal kamu. Kartu ini wajib di download kemudian cetak. Simpanlah Kartu Pendaftaran mu, karena disana tertera User Name dan Password yang akan kamu gunakan untuk tahapan berikutnya yaitu Pendaftaran Tetap.
  2. Lakukan pembayaran ke Bank dengan nomor Virtual Account yang tertera dalam Kartu Pendaftaran Awal kamu (melalui Teller ataupun ATM).
  3. Silahkan menunggu paling lambat 1×24 jam hingga Admin Panitia Pendaftaran akan memvalidasi pembayaran kamu.
  4. Buka kembali laman www.pmb.ust.ac.id kemudian klik menu Login kemudian masukkan User Name dan Password yang ada pada Kartu Pendaftaran mu.
  5. Jika  kamu  telah  melakukan  pembayaran  Pendaftaran  Awal  dan  Admin  Petugas Pendaftaran telah melakukan validasi maka calon dapat untuk melengkapi Data. Tetapi  jika  Admin  Petugas  Pendaftaran  belum  melakukan  validasi  maka  akan muncul pesan “Anda belum divalidasi oleh Admin, Silahkan menunggu ”
  6. Jika diminta untuk melengkapi data, maka silahkan klik Melengkapi Data yang ada pada pesan atau klik Melengkapi Data pada menu sebelah kiri. Lengkapilah data kamu yang masih kosong dengan baik dan benar, dimana simbol bintang warna merah menyatakan wajib diisi (tidak boleh kosong). Pada field Ukuran Jaket, silahkan pilih S, M, L, XL atau XXL sesuai dengan ukuran badan mu.
  7. Klik Kirim setelah selesai melengkapi data.
  8. Tunggu  sesaat,  maka  dilayar  akan  muncul  Rincian  Pembayaran  Uang Kuliah Cicilan Pertama.
  9. Download dan cetak Rincian Pembayaran Uang Kuliah Cicilan Pertama yang ada dilayar.
  10. Admin Panitia akan mendaftarkan nomor Virtual Account anda ke Rekening BNI
  11. Lakukan pembayaran ke Bank dengan nomor rekening Virtual Account yang tertera dalam Kwitansi Pembayaran Cicilan I yang baru dicetak sebesar yang tertera dalam Rincian (melalui Teller ataupun ATM Bank BNI). Nomor Virtual Account ini berbeda dengan Virtual Account kamu sebelumnya (beda kode pada digit ke-7 yaitu 1 : pembayaran pendaftaran awal dan 2 : pembayaran cicilan pertama)
  12. Admin Panitia Pendaftaran akan memvalidasi pembayaran kamu.
  13. Buka kembali laman www.pmb.ust.ac.id kemudian klik menu Login kemudian masukkan User Name dan Password yang ada pada Kartu Pendaftaran mu kemudian pilih Download Kuitansi
  14. Silahkan Download Kuitansi Cicilan Pertama yang telah berisi Nomor Pokok Mahasiswa (NPM), Kalender Akademik dan Surat Pernyataan. Cetak dan isilah Surat Pernyataan kemudian ditandatangani (Mahasiswa dan Orangtua/wali) setelah membubuhi Materai Rp 6.000.
  15. Semua berkas kelengkapan pendaftaran seperti : Fotocopy Ijazah yang dilegalisir 2 lembar (jika sudah ada), foto copy SKHUN yang dilegalisir 2 lembar, foto copy Kartu Keluarga 1 lembar, foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) jika sudah ada 1 lembar, Pas foto warna ukuran 3×4 sebanyak 5 lembar dan Surat Pernyataan dibawa dan dikumpulkan    ke    masing-masing    fakultas    pada    minggu    pertama    masa perkuliahan.Informasi  lengkap  dapat  menghubungi  nomor  081264935370  (Helena Sihotang, SE).

Nah, itulah ulasan seputar Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Katolik Santo Thomas T.A 2020/2021 yang bisa kami bagikan. Semoga artkel kami membatu! (NOY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *