Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pembangunan Panca Budi Medan T.A 2020/2021

Pelayananpublik.id– Hallo calon mahasiswa! Walau masih dalam situasi new normal ini, harus tetap semangat ya.

Kamu sudah menentukan kampus tujuanmu dan berkenalan dengan kampus tersebut kan? Jika Universitas Pembangunan Panca Budi Medan adalah salah satu kampus tujuanmu, artinya kamu mengunjungi halaman yang tepat. Yap, kali ini kita akan membahas mengenai pendaftaran mahasiswa baru Universitas Pembangunan Panca Budi Medan T.A 2020/2021.

Dalam pendaftaran mahasiswa baru, tentunya hal pertama yang harus kita ketahui adalah jadwal pendaftaran. Jangan ketinggalan daftar, perhatikan jadwal berikut ya.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Jadwal Pendaftaran:

  • Gelombang I : 09 Maret 13 – 13 Juni 2020
  • Gelombang II : 15 Juni – 18 Juli 2020
  • Gelombang III : 19 Juli – 13 September 2020

Dengan waktu pendaftaran setiap hari senin s/d sabtu pukul 08.00 – 17.00 WIB (kecuali hari libur nasional)

Pendaftaran mahasiswa baru Universitas Pembangunan Panca Budi di bagi menjadi dua, yaitu :

  • Pendaftaran Online

Jika kampus UNPAB sulit kamu jangkau saat ini, kamu bisa mendaftar melalui online saja. Adapun alur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru UNPAB sebagai berikut:

Pendaftaran online di www.pancabudi.ac.id

(Daftar dan upload berkas Kartu Keluarga, Ijazah, KTP  dan dokumen lainnya, kemudian mengunggahnya)

Melakukan pembayaran biaya pendaftaran

(kamu bisa melakukan pembayaran pendaftaran melalui Bank yang telah ditentukan)

Ujian TPA

(Kamu wajib melakukan ujian online malalui halaman http://ujianonline.pancabudi.ac.id

Pengumuman

Isi data daftar ulang

 (kamu harus mengisi data daftar ulang dan pastikan kamu sudah melakukan konformasi data)

Melakukan pembayaran biaya daftar ulang

(Pembayaran pendaftaran bisa dilakukan melalui Bank yang telah ditentukan)

      Cek Petugas PMB

     Pembayaran Uang Kuliah

           NPM

  • Pendaftaran On Kampus

Jika kamu ingin daftar langsung, kamu bisa ke tempat pendaftaran kampus A, Gedung G lantai I di samping Bank Syariah Mandiri dengan alamat Jalan Gatot Subroto KM 4.5 Simpang Sei Kambing Kota Medan, Sumatera Utara.

Syarat Pendaftaran

  • Fotokopi Ijaza SMA 2 lembar
  • Salianan nilai SLTA atau Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) 2 lembar
  • Pas foto terbaru 3×4 4 lembar
  • Fotokopi KTP/SIM 2 lembar
  • Fotokopi Kartu Keluarga 2 lembar
  • Fotokopi kartu BPJS Kesehatan (jika ada)
  • Membayarb biaya pendaftaran dan daftar ulang yang sudah ditetapkan
  • Menandatangani surat pernyataan di atas materai 6000
  • Surat Keterangan Berkelakukan Baik dan Surat Keterangan Berbadan Sehat
  • Tidak terlibat penyalahgunaan NARKOBA
  • Terkhusus bagi Warga Negara Asing (WNA) kecuali berijazah SMU/SMK/MA harus menadapat persetujuan dari Depdiknas
  • Mengikuti Ujian Tes Potensi Akademik (TPA) Online
  • Bagi mahasiswa pindahan/lanjutan, wajib melengkapi persyaratakn berikut:
  • Fotokopi Ijazah D3 + Transkrip D3 legalisir 2 lembar
  • Surat Pindah dari kampus sebelumnya
  • Salinan nilai dari kampus sebelumnya
  • Mendapatkan rekomendasi Ka. Prodi yang dituju
  • IPK yang diperoleh dari perguruan tinggi swasta asal minimal 3.00 dari skala 4.00 dan dari Perguruan Tinggi Negeri asal minimal 2.75 dari skala 4.00

Alur Pendaftaran 

adapun alur pendaftaran penerimaan mahasiwa baru Universitas Pembangunan Panca Budi, dalam bagan berikut:

  • Mengisi formulir pendaftaran yang dapat diakses pada halaman http://pmb.pancabudi.ac.id
  • Mengikuti Ujian Potensi Akademik bisa kamu ikuti dimana saja, karena dilakukan secara online melalui website http://ujianonline.pancabudi.ac.id
  • Membayar biaya pendaftaran, biaya daftar ulang dan biaya anggota perpustakaan melalui Teller BSM/BRI atau ATM BRI menggunakan Nomor Registrasi
  • Memberikan dokumen-dokumen kelengkapan berkas
  • Setelah berkas kamu  dinyatakan lengkap, selanjutnya adalah melakukan pembayaran Termin 1 melalui Teller BSM/BRI atau ATM BRI menggunakan Nomor Registrasi
  • Jika pembayaran Termin 1 sudah kamu selesaikan, Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) kamu akan diterbitkan dan kamu dinyatakan sah menjadi Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.
  • Calon mahsiswa mengisi formulir pendaftaran yang dapat diakses pada halaman http://pmb.pancabudi.ac.id
  • Melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui Teller BSM/BRI atau ATM BRI menggunakan Nomor Registrasi
  • Mengikuti Ujian Potensi Akademik secara online melalui website http://ujianonline.pancabudi.ac.id menggunakan username dan password yang telah diberikan saat mendaftar
  • Melakukan pembayaran biaya daftar ulang dan biaya anggota perpustakaan melalui Teller BSM/BRI atau ATM BRI menggunakan Nomor Registrasi
  • Memberikan dokumen-dokumen kelengkapan berkas
  • Setelah berkas dinyatakan lengkap, kamu bisa melakukan pembayaran Termin 1 melalui Teller BSM/BRI atau ATM BRI menggunakan Nomor Registrasi
  • Jika kamu sudah melunasi pembayaran Termin 1, Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) kamu akan diterbitkan dan kamu dinyatakan sah menjadi Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.

Adapun tata cara pembayaran akan dijelaskan sebagai berikut:

Pembayaran melalui Teller Bank:

  • Pembayaran melalui Teller BSM atau Teller Bank BRI
  • Tulis 6 digit Nomor Registrasi pada kwitansi penyetoran
  • Tulis nominal yang akan dibayar
  • Serahkan pada petugas Teller
  • Tunggu konformasi transaksi kamu selesai
  • Ambil kwitansi bukti pembayaran kamu pada Teller

Pembayaran melalui ATM Bank BRI

  • Masukkan kartu ATM BRI kamu di mesin ATM BRI
  • Masukan PIN ATM kamu
  • Pilih menu Pembayaran
  • Pilih menu Pendidikan
  • Pilih Universitas Panca Budi
  • Masukkan 6 digit Nomor Registrasi. Misal: 1912345
  • Setelah keluar nominal yang harus dibayar, pilih lanjutkan

Nah, itulah informasi seputar Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pembangunan Panca Budi Medan T.A 2020/2021. Untuk informasi lebih lengkap ataupun perubahan jadwal, kamu bisa mengunjungi situs resmi kampus di alamat www.pancabudi.ac.id

Semoga ulasan kami membantu!