Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bina Nusantara T.A 2020/2021

Pelayananpublik.id- Calon mahasiswa Universitas Bina Nusantara sudah mempersiapkan diri menjadi maba BINUS 2020 kan? Ayo, harus semangat terus ya!

Nah, kali ini kita akan membagikan informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru Universitas Bina Nusantara yang akan memudahkan mu bersiap sebelum mendaftar. Selamat membaca…

Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu sebelum mendaftar. Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam pendaftaran universitas Bina Nusantara adalah membeli formulir dan mempersiapkan berkas. Formulir pendaftaran dijual di beberapa tempat yang tersebar di Jakarta serta beberapa kota besar di Indonesia. Kamu juga bisa mengakses formulir tersebut secara online dengan membuka situs payment.binus.edu.

Pendaftaran terdiri dari  beberapa gelombang pendaftaran yang bisa kamu ikuti sesuai waktumu. Untuk mengetahui informasi mengenai gelombang pendaftaran yang ada di universitas Bina Nusantara, kamu juga dapat melihat lengkapnya melalui situs tersebut.

Syarat Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Bina Nusantara T.A 2020/2021:

  • Formulir aplikasi BINUS UNIVERSITY (Rp.300.000,-)
  • 2 lembar pas foto terbaru ukuran 3×4
  • 1 lembar fotokopi kartu identitas (KTP/Passport)
  • 1 lembar fotokopi Akte Kelahiran
  • 1 lembar Curriculum Vitae (CV)
  • 2 lembar fotokopi Ijazah dan 2 lembar fotokopi Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) yang telah dilegalisir Kepala Sekolah (khusus lulusan SMA/SMK)
  • 2 lembar fotokopi Ijazah D3 dan 2 lembar fotokopi transkrip nilai akhir yang telah dilegalisir oleh Institusi D3 terkait (khusus lulusan D3)
  • 1 lembar Surat Keterangan Bekerja (bagi yang sudah bekerja)
  • Fotokopi rapor SMTA kelas 10-11 yang dilegalisir asli oleh Kepala Sekolah (khusus untuk pendaftar jalur beasiswa)
  • Surat Keterangan Sehat (untuk jurusan Business Hotel Management)
  • Sebelum melakukan pembelian formulir, cek data mahasiswa kamu di http://forlap.ristekgo.id/ (khusus lulusan D3). Data mahasiswa D3 kamu harus terdaftar didalam website PDDIKTI tersebut

 

JALUR PENDAFTARAN BINUS UNIVERSITY (PROGRAM REGULER)

Jalur Pendaftaran Binus (Program Reguler) terdiri dari Jalur Biasa dan Jalur Beasiswa

  1. Jalur Biasa

Jalur ini sama seperti jalur mandiri masuk kampus lainnya, diperuntukan bagi kamu calon mahasiswa lulusan SMTA.

  1. Jalur Beasiswa

Memahami bahwa banyaknya calon mahasiswa yang memiliki niat belaja tinggi namun terhalang dengan biaya, Binus membuka program beasiswa yang bisa di coba saat mendaftar melalui Jalur Beasiswa. Jalur Beasiswa terdiri dari Beasiswa Parsial & The Widia Scholarship for Outstanding Achievers (Beasiswa Penuh).

 

TES POTENSI KEBERHASILAN STUDI (TPKS)

Dalam keberangsungan tes ini, BINUS memiliki beberapa peraturan yang harus kamu patuhi. Agar tidak melanggar peraturan dan dapat mengikuti tes dengan nyaman, yuk langsung aja simak ketentuan pada saat TPKS berikut:

  • Wajib mengikuti TPKS sesuai dengan jadwal yang ditentukan
  • Membawa kartu TPKS, kartu identitas (KTP/Kartu Siswa) dan alat tulis yang diperlukan (pensil 2B, penghapus, dll).
  • Hadir 30 menit sebelum TPKS dimulai, jika datang terlambat lebih dari 30 menit tidak diperkenankan mengikuti TPKS.
  • Wajib mengenakan pakaian rapi, sopan dan mengenakan sepatu.
  • Tidak diperkenankan membawa barang-barang berharga selama mengikuti tes. Pihak kampus tidak bertanggung jawab atas kehilangan apapun selama TPKS berlangsung.
  • Materi TPKS terdiri dari: Logika Berhitung, Abstraksi-Non-Verbal & Tes Verbal (Kemampuan Berbahasa).

Hasil TPKS bersifat rahasia dan mutlak yang dapat kamu dapat kamu lihat hasil TPKS melalui Admisi Online (http://admission.binus.ac.id). Jika kamu dinyatakan lulus TPKS, kamu dapat melakukan pembayaran biaya kuliah dan pendaftaran ulang melalui Admisi Online atau datang langsung ke Admisi kampus BINUS.

 

Biaya Pendidikan Universitas Bina Nusantara

Untuk menjadi pertimbanganmu, ada baiknya kamu mengetahu biaya pendidikan dan program pendidikan yang berlaku di Universitas Bina Nusantara. Karena setelah selesai melakukan pendaftaran universitas Bina Nusantara, yang harus kamu siapkan adalah pembayaran biaya kuliah untuk semester pertama termasuk uang gedung dan sebagainya.

 

Nah, biaya yang harus dibayarkan tentunya berbeda antara satu program studi dengan program studi lainnya. Misalnya biaya pendidikan universitas Bina Nusantara yang ada di Sumarecon Bekasi, akan berbeda dengan kampus lainnya.

Di kampus Bekasi, terdapat dua program studi reguler yaitu Business Information Technology dan Business Management dengan jenjang pendidikan S1.Untuk program Business Information Technology, biaya BP3 yang diberlakukan sebesar Rp7.000.000 dengan biaya per SKS Rp370.000. Biaya laboratorium sebesar Rp2.125.000 dan biaya sumbangan yang dibayarkan sekali sebesar Rp 27.000.000. Estimasi biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan hingga lulus  adalah Rp151.520.000.

 

Sedangkan untuk program studi business management, biaya BP3 yang dibebankan adalah Rp5.300.000 dengan biaya per SKS Rp360.000. Ditambah biaya laboratorium Rp1.100.000 dan sumbangan yang dibayarkan satu kali Rp27.000.000. Maka estimasi biaya yang perlu dikeluarkan sampai lulus selama 4 tahun adalah Rp132.360.000. Biaya tersebut masih belum termasuk biaya buku yang diperlukan dan biaya e-book. Keduanya harus dibayarkan secara terpisah dan tidak termasuk dalam rincian biaya yang disebutkan di atas.

 

Program Pendidikan Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara memiliki beberapa program kuliah antara lain Program Kelas Regular, Program Kelas Internasional, Program Online Learning dan Program Double Degree.

  • Program Kelas Reguler yang diperuntukkan bagi kamu yang mau melanjutkan studi di Universitas Bina Nusantara dengan sistem yang hamper sama dengan kuliah di kampus biasanya.
  • Program Kelas Internasional diperuntukkan bagi kamu yang ingin mengembangkan karier sampai ke ranah internasional.
  • Program Online Learning sangat bagus bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah namun terhambat kesibukan kerja. Dalam program ini, semuanya diatur secara digital sehingga mudah diakses dan dipelajari oleh mahasiswa. Ada juga program pasca sarjana yang ditujukan bagi kamu yang ingin meraih gelar master atau doktor sesuai dengan bidang yang ditawarkan oleh universitas Bina Nusantara tersebut.
  • Program Double Degree diperuntukkan bagi kamu yang ingin meraih dua gelar sekaligus saat lulus.

 

Demikian informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru Universitas Bina Nusantara yang bisa kami bagikan. Semoga ulasan kami memudahkanmu saat mendaftar!

Leave a Reply

Your email address will not be published.