Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bakrie T.A 2020/2021 Melalui 5 Jalur Masuk dan Biaya Pendidikan Lengkap dengan Beasiswa

Pelayananpublik.id- Universitas Bakrie memiliki lima jalur masuk kampus yang dilaksanakan secara serentak dengan PTS lain maupun yang dikelola secara mandiri. Kamu yang ingin menjadi mahasiswa Universitas Bakrie, penting sekali menentukan jalur daftar yang sesuai dengan kemapuan dan ptensi kamu sebelum benar-benar melakukan pendaftaran. Untuk itu, langsung saja kita ulas satu persatu jalur masuk yang ada di Universitas Bakrie!

 

 

 

Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Swasta (UMB PTS) adalah salah satu seleksi untuk mahasiswa baru yang tergabung dalam seleksi tertulis Mandiri Nusantara untuk itu seperti dikutip dari situs pendaftaran bahwa UMB-PTS diselenggarakan oleh P-SPMBN (Perhimpuan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara). Dalam UMB-PTS , kamu dapat memilih salah satu atau lebih dari PTS yang tergabung dalam UMB-PTS  dan tidak harus mengikuti ujian di tempat program studi atau universitas yang menjadi pilihan  mu. Pendaftaran dilaksankan melalui online melalui laman resmi Universitas Bakrie di http://bakrie.ac.id/en/spmb dan  https://penerimaan.spmb.or.id/.

 

  1. Jalur Masuk Rapor Universitas Bakrie.

Ujian ini dilaksanakan melalui seleksi undangan  tanpa ujian tertulis, seleksi ini dilaksanakan melalui verifikasi nilai rapot yang selama sekolah melalui evaluasi nilai rapor semester I – IV dengan nilai minimal 70. Beasiswa yang tersedia pada jalur ini adalah Beasiswa Gemilang. Pendaftaran dilaksankan melalui online melalui laman resmi Universitas Bakrie di http://bakrie.ac.id/en/rapor dan http://usm.bakrie.ac.id/.

 

  1. Jalur Masuk Khusus SMK Universitas Bakrie

Jalur masuk ini diperuntukan khusus bagi kamu yang berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan semua jurusan yang sesuai dengan program studi. Berdasarkan bentuk dan jenis seleksi yang ada pada jalur ini dapat disesuaikan seperti berikut:

 

  • Merupakan program penerimaan mahasiswa baru yang di khususkan kepada lulusan SMK 
  • Peserta yang dapat mengikuti program ini adalah siswa lulusan SMK berbagai jurusan tahun ini.

 

Pendaftaan juga dilaksanakan melalui alamat web yang sama yaitu http://bakrie.ac.id/smk dan  http://usm.bakrie.ac.id/.

 

  1. Jalur Masuk USM Universitas Bakrie

Ujian Saringan Masuk merupakan seleksi khusus yang bisa kamu ikuti jika memenuhi ketentuan Ujian Saringan Masuk Mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Bakrie. Beasiswa yang tersedia pada jalur ini ialah Beasiswa Unggulan, Beasiswa Gemilang dan Beasiswa Cemerlang. Pendaftaran dilaksanakan melalui laman resmi dialamat http://bakrie.ac.id/usm dan  http://usm.bakrie.ac.id/.

 

 

  • Jalur Masuk Beasiswa KUB Universitas Bakrie

 

Kelompok Usaha Berplatfom Bakrie (KUB Universitas Bakrie) merupakan jalur seleksi dimana bisa kamu ikuti dengan ketentuan Beasiswa Khusus KUB. Beasiswa ini diberikan kepada keluarga Kelompok Usaha Bakrie atau anak asuh dari karyawan KUB dengan Potongan Biaya lebih dari 50%  atau hanya membayar biaya SKS per semester dan daftar ulang. Untuk detail pendaftaran ini, kamu bisa lihat melalui http://bakrie.ac.id/kub dan http://usm.bakrie.ac.id/.

Nah, selanjutnya yang akan kita bahas adalah Biaya Kuliah – Beasiswa Universitas Bakrie. Tentunya program beasiswa yang ditawarkan oleh Universitas Bakrie harus kamu coba dan jangan sampai melewatkan kesempatan ini!

 

  • Biaya Kuliah Universitas Bakrie – Beasiswa Unggulan

 

Beasiswa Unggulan ini hanya bisa didapatkan melalui Ujian Saringan Masuk Mandiri (USM). Tahun ini USM dibuka pada tiga gelombang pendaftaran, untuk jadwal USM sendiri bisa kamu lihat di laman www.bakrie.ac.id/en/usm.

Jika kamu dinyatakan lolos USM dan memenuhi persyaratan penerimaan beasiswa unggulan maka akan dibebaskan dari biaya Sumbangan Prasarana Pendidikan (SPP), Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) dan Satuan Kredit Semester (SKS). Dengan ketentuan, basiswa ini hanya berlaku untuk siswa lulusan 2020.

 

  • Biaya Kuliah Universitas Bakrie – Beasiswa SMK

 

Beasiswa SMK Universitas Bakrie merupakan beasiswa yang diberikan oleh Universitas Bakrie bagi kamu lulusan SMK yang telah mengikuti USM dan lolos dengan skor nilai yang sudah ditentukan oleh Universitas. Bisa juga dengan mengikuti Jalur Penerimaan melalui Jalur Rapor yaitu nilai rata-rata minimal 70. Sayangnya, beasiswa SMK tidak berlaku untuk Prodi Ilmu Komunikasi.

Keunggulan dari Beasiswa SMK diantaranya:

  • Bebas Biaya SPP yang dibebankan kepada Mahasiswa Reguler FTIK sebesar Rp13.000.000 dan Mahasiswa Reguler FEIS Rp15.000.000
  • Bebas Biaya BPP yang dibebankan kepada Mahasiswa Reguler FTIK Rp3.000.000 dan Mahasiswa Reguler FEIS Rp4.000.000
  • Diskon Biaya SKS yang dibebankan kepada Mahasiswa Reguler sebesar Rp350.000 per SKS, hingga hanya membayar Rp300.000 per SKS
  • Hanya perlu membayar dengan rincian biaya sebagai berikut:

Uang Pangkal        : Rp4.000.000

Uang SKS/semester    : Rp300.000

Jaket Almamater     : Rp250.000

Biaya Registrasi/semester        : Rp500.000

Biaya Kemahasiswaan/semester    : Rp175.000

Asuransi Kecelakaan/semester     : Rp30.000 (semester 2 dan seterusnya Rp20.000)

 

 

  • Biaya Kuliah Universitas Bakrie – Beasiswa Gemilang

 

Beasiswa Gemilang Universitas Bakrie merupakan beasiswa yang diberikan oleh Universitas Bakrie kepada kamu lulusan SMA dan SMK yang telah mengikuti USM dan lolos dengan skor nilai yang sudah ditentukan oleh pihak kampus.

Keunggulan dari Beasiswa Gemilang diantaranya:

  • Bebas Biaya SPP yang dibebankan kepada Mahasiswa Reguler FTIK sebesar Rp13.000.000 atau Mahasiswa Reguler FEIS Rp15.000.000
  • Uang Pangkal            : Rp3.000.000 untuk Teknik & Ilmu Komputer, Rp4.000.000 untuk Manajemen Akuntansi, HI & PP dan Rp6.000.000 untuk Ilmu komunikasi
  • Uang SKS/Semester         : Rp350.000
  • Jaket Almamater         : Rp250.000
  • Biaya Registrasi /semester    : Rp705.000

 

 

  • Biaya Kuliah Universitas Bakrie – Beasiswa Cemerlang

 

Beasiswa Cemerlang merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa Universitas Bakrie yang berdasar pada nilai melalui Jalur Rapor dan Ujian Saringan Masuk Mandiri.

Keunggulan dari Beasiswa Cemerlang diantaranya:

  • Bebas Biaya SPP yang dibebankan kepada Mahasiswa Reguler FTIK sebesar Rp13.000.000 dan Mahasiswa Reguler FEIS Rp15.000.000
  • Diluar Biaya BPP, hanya perlu membayar dengan rincian biaya sebagai berikut:
    Uang Pangkal        : Rp3.000.000 Untuk Teknik & Ilmu Komputer, Rp4.000.000 untuk Manajemen Akuntansi, HI & PP dan terakhir Rp6.000.000 untuk Ilmu komunikasi.

Uang SKS/Semester        : Rp350.000

Jaket Almamater         : Rp250.000

Biaya Registrasi /semester    : Rp705.000

 

Demikianlah informasi mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bakrie T.A 2020/2021 melalui 5 jalur masuk dan biaya pendidikan lengkap dengan beasiswa yang bisa kami bagikan. Semoga ulasan kami bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.