Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Udayana T.A 2020/2021

Pelayananpublik.id- Hallo calon mahasiswa! Persiapan menjadi mahasiswanya sudah matang? Pasrtinya harus matang ya. Nah, kali ini kita akan mengulas mengenai penerimaan mahasiswa baru Universitas Udayana T.A 2020/2021. Untuk kamu yang ingin menjadi bagian dari Universitas Negeri di Pulau Bali ini, yuk simak artikel berikut!

 

  1. Pendaftaran Universitas Udayana Jalur SNMPTN

SNMPTN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi khusus untuk mahasiswa berprestasi terdaftar oleh sekolah yang dilakukan secara nasional dan serentak seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Pendaftaran SNMPTN Universitas Udayana dilakukan secara online, untuk persyaratan  dan ketentuan lainnya kamu bisa langsung cek di snmptn.ac.id—2020/2021—

Adapun jadwal pendaftaran SNMPTN Universitas Udayana sebagai berikut:

  1. Peluncuran sistem PMB tanggal 15 November 2020
  2. Registrasi akun LTMPT 02 Desember – 07 Januari 2020
  3. Pengisian PDSS tanggal 13 Januari – 06 Febuari 2020
  4. Pemeringkatan siswa oleh pihak sekolah tanggal 13 Januari – 06 Febuari 2020
  5. Pengumuman siswa eligible pendaftaran SNMPTN tanggal 13 Januari – 06 Febuari 2020
  6. Pendaftaran SNMPTN tanggal 11 – 25 Febuari 2020
  7. Pengisisan data nomor pendaftaran KIP kuliah tanggal 02 – 31 Maret 2020
  8. Finalisasi dan ectak kartu tanda peserta SNMPTN (bagi siswa yang baru sampai tahap memilih prodi) tanggal 02 – 31 Maret 2020
  9. Pendaftaran SNMPTN bagi siswa eligible (bagi yang mengajukan KIP kuliah dan belum pernah mendaftar) tanggal 02 – 31 Maret 2020
  10. Pengumuman SNMPTN tanggal 08 April 2020
  1. Pendaftaran Universitas Udayana Jalur SBMPTN

Jalur seleksi nasional yang dibuka setelah SNMPTN adalah jalur SBMPTN. Perbedaan jalur pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN terletak dalam proses seleksi. Untuk proses seleksi SBMPTN berdasarkan nilai UTBK dan persyaratan lainnya, seperti portofolio bagi pelamar jurusan seni dan olahraga.

Pendaftaran SBMPTN juga dilakukan secara online, untuk persyaratan dan ketentuan lainnya kamu bisa langsung cek di pendaftaran.sbmptn.ac.id.2020/2021

Adapun jadwal pendaftaran UTBK SBMPTN Universitas Udayana sebagai berikut:

  1. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN tanggal 02 – 20 Juni 2020
  2. Cetak kartu tanda peserta UTBK tanggal 29 Juni – 02 Juli 2020
  3. Tes UTBK tahap I tanggal 05 – 14 Juli 2020
  4. Tes UTBK tahap II tanggal 20 – 29 Juli 2020
  5. Pengumuman SBMPTN tanggal 20 Agustus 2020
  1. Jalur Mandiri Universitas Udayana

Universitas Udayana membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk 44 program studi dari 13 fakultas untuk sarjana dan diploma melalui jalur mandiri. Nah… buat kamu yang belum lulus jalur SBMPTN maupunn SNMPTN 2020, jangan khawatir. Jalur mandiri Universitas Udayana mungkin bisa menjadi pintu masukmu.

Pendaftaran jalur mandiri Universitas Udayana dilakukan secara online melalui laman http://utbk.unud.ac.id dengan seleksi ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Pendaftaran jalur ini dimulai dari tanggal 19 Mei hingga 30 Juli 2020.

Syarat pendaftaran:

  • Warga Negara Indonesia
  • Fotokopi Ijazah yang telah dilegalisir bagi calon mahasiswa dengan tahun kelulusan 2018 dan 2019
  • Bagi pendaftar yang lulus pada 2020 dapat berupa Surat Keterangan Lulus (SKL) yang berisi pas foto berwarna
  • Membayar biaya pendaftaran
  • Memilih dua program studi yang tersedia di Universitas Udayana

 

  1. Pendaftaran Bidikmisi/KIP Kuliah Universitas Udayana

Dewasa ini, kuliah itu bukan hanya untuk orang mampu saja. Asalkan kamu punya tekad dan mau berjuang meningkatkan kemampuan akademik yang baik, biaya kuliah tidak boleh lagi menjadi penghalang tekad mu itu. Program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah sendiri adalah program Bidikmisi.

Sekarang ini, Bidikmisi sudah dirubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Kartu Indonesia Pintar Kuliah adalah beasiswa yang diperuntukkan bagi siswa pelamar yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Untuk detail pendaftaran KIP Kuliah, kamu bisa mengunjungi situs resminya di : Pendaftaran Online KIP-Kuliah TA 2020/2021.

Bagi kamu yang ingin mendaftar ADik yang masih dalam tahap pengembangan oleh Kemendikbud, kamu bisa mengunjungi situs resminya di : http://adik.kemendikbud.go.id/

Ketentuan pendaftaran KIP- Kuliah dan ADik bagi pelamar SNMPTN dan SBMPTN yaitu:

  1. Berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi
  2. Pelajari dengan teliti prosedur pendaftaran
  3. Mendaftar di http://kip-kuliah.kemendikbud.go.id/
  4. Bagi yang memenuhi syarat pendaftar UTBK di laman https://portal.ltmpt.ac.id (pendaftaran gratis)
  5. Bagi yang tidak lulus jalus SNMPTN, kamu bisa menggunakan NISN dan NPSN untuk mendaftar UTBK (pendaftaran gratis)
  6. Jika kamu sudah lulus seleksi SNMPTN, tidak diperkenankan mendaftar jalur SBMPTN

Adapun persyaratan pendaftaran KIP-K adalah sebagai berikut:

  1. Siswa SMA/sederajat lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020
  2. Memiliki NISN, NPSN dan NIK
  3. Berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dengan kemampuan akademik yang tinggi (dibuktikan dengan surat keterangan)
  4. Bagi siswa SMA/sederajat lulusan tahun berjalan, harus memiliki kemampuan akademik yang baik serta memiliki Kartu KIP atau Kartu Keluarga Sejahtera.
  5. Lulus seleksi pada PTN atau PTS di program studi yang berakreditasi A atau B, untuk program studi berakreditasi C akan dipertimbangkan
Univeristas Udayana, Bali
  1. Pendaftaran SPMB (UMB-PT) Universitas Udayana

P-SPMBN merupakan badan penyelenggara seleksi SPMB yang terdiri dari UMB-PT, UMB-PTS dan TPBI. UNUD sendiri termasuk dalam salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam UMB-PT yang diselenggarakan oleh P-SPMBN ini.

Nah, buat kamu yang belum lulus seleksi jalur SNMPTN & SBMPTN, P-SPMBN tentunya bisa menjadi salah satu jalan yang bisa kamu coba.

Pendaftaran UMB-PT bisa kamu lakukan secara online melalui laman www.spmb.or.id. Dengan mengakses alamat tersebut, kamu bisa melakukan pengisian biodata diri secara lengkap dan benar. Panduan pendaftaran, jadwal seleksi, daftar PTN yang tergabung dalam UMB-PT serta keterangan lainnya bisa kamu baca pada Pendaftaran Online SPMB atau Pendaftaran SPMB

  1. Pendaftaran Jalur Non Reguler Universitas Udayana

Selain membuka penerimaan mahasiswa baru secara reguler melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan UMB-PT, Universitas Udayana juga membuka penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur Non Reguler.

Penerimaan penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur Non Reguler ini dibuka bagi lulusan SLTA/sederajat serta lulusan Diploma untuk melanjutkan pendidikan di UNUD. Penerimaan mahasiswa baru jalur non Reguler meliputi program Non SKS, program Ber-SKS dan program kelas paralel.

 

Jalur Non Reguler Non SKS adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi lulusan SLTA/ ederajat dimana seleksi dilaksanakan melalui tes tulis TPA (Tes Potensi Akademik) dan TKD (Tes Kemampuan Dasar).

Sedangkan jalur ber-SKS adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang telah mempunyai transkrip nilai dari institusi pendidikan tinggi yang diakui oleh pemerintah, diperuntukkan bagi lulusan Diploma yang seleksinya dilakukan melalui tes tulis (TPA) dan Tes Wawancara.

Persyaratan Umum Pendaftaran

  • File Pas foto berwarna terbaru dengan resolusi 600 x 800 piksel.
  • Ijazah SLTA/sederajat (untuk pendaftar jalur Program Non Reguler).

Untuk Tata Cara Pendaftaran Online sebagai berikut:

  • Calon peserta mengakses alamat: https://nonreguler.unud.ac.id untuk mendaftar online.
  • Melakukan registrasi tahap awal untuk mendapatkan Bukti Registrasi Pendaftaran yang berisi Nomor Pendaftaran yang digunakan untuk membayar Biaya Pendaftaran ke Bank BNI.
  • Membayar biaya pendaftaran ke Bank BNI
  • Login dan dilanjutkan proses pendaftaran dengan aktivasi PIN pada laman pendaftaran online: https://nonreguler.unud.ac.id
  • Proses login ke sistem menggunakan akun yang sama dengan yang dibuat pada saat melakukan Registrasi Awal.
  • Mengisi formulir isian yang terdapat pada sistem pendaftaran.
  • Jika telah selesai, cetaklah Tanda Peserta Seleksi Masuk pada sistem online.

 

  1. Pendaftaran Program Pascasarjana Universitas Udayana

Penerimaan calon mahasiswa baru untuk program Pascasarjana UNUD sekarang ini dilakukan secara online di alamat pps.unud.ac.id atau pendaftaran-pasca.unud.ac.id. Sebelum melakukan pendaftaran, kamu harus memenuhi persyaratan umum, persyaratan khusus, persyaratan adminstrasi dan persyaratan akademik.

Kamu bisa langsung mengakses alamat diatas untuk melakukan pengisian data secara online. Untuk ketentuan lain dan lebih lengkapnya bisa langsung kamu baca dialamat terkait ya!

 

Nah, Itulah ulasan mengenai penerimaan mahasiswa baru Universitas Udayana tahun ajaran 2020/2021 lengkap dengan jalur-jalur seleksi masuk yang bisa kamu pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru. Kamu juga harus memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu ya. Tetap semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.