Webinar Dengan OJK, Bank Sumut Sosialisasikan SIMPEL Kepada Pesantren Darul Arafah

Pelayananpublik.id – Dalam rangka menyosialisasikan budaya menabung dan hidup hemat, sekaligus mengenalkan perbankan dan inklusi keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Bank Sumut menggelar sosialisasi sekaligus webinar tabungan simpanan pelajar (SIMPEL) di Yayasan Pesantren Darul Arafah Lau Bakery, Kabupaten Deliserdang pada Kamis (13/8/2020).

Kegiatan ini juga sekaligus untuk menyambut Hari Indonesia Menabung pada Tanggal 20 Agustus yang akan datang.

Pelaksanaan webinar tersebut dilaksanakan di Auditorium Pesantren Darul Arafah, hadir langsung pada acara tersebut Ketua Yayasan Darul Arafah Ustad Harun Lubis, Pemimpin Divisi Dana dan Jasa Bank Sumut Budi Anshari Nst, Pemimpin Unit Usaha Syariah Julian Helmi Lubis, Pemimpin Cabang Simpang Kuala Radius Perangin angin dan Pemimpin Bank Sumut Cabang Pembantu Tanjung Anom Ernanda Batubara.

Kegiatan ini diikuti sekitar 100 santri dan dyah pesantren Darul arafah namun tetap mematuhi protokol kesehatan. Sementara turut hadir juga secara virtual dalam webinar tersebut Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK Kristrianti Puji Rahayu, Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 1 Kantor OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara Uzersyah, dan jajaran OJK lainnya.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Deli Serdang H. Tolibun Pohan dan Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Deli Serdang Sry Ekayani.

Dalam sambutannya Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 1 Kantor OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara Uzersyah menyampaikan Tabungan SIMPEL merupakan produk yang diinisiasi oleh OJK Sejak 14 Juni 2015 sebagai salah satu upaya membangkitkan kembali budaya menabung sejak dini bagi pelajar.

“Program simpanan pelajar ini memiliki keunggulan antara lain persyaratan administrasi yang sederhana, setoran awal dan selanjutnya yang sangat ringan serta bebas biaya administrasi bulanan,” jelas Uzersyah

Uzersyah juga menjelaskan dalam rangka melaksanakan amanat pemerintah untuk “satu rekening satu pelajar”.

Tentunya kegiatan sosialisasi seperti ini harus terus didorong ke seluruh sekolah-sekolah dan agar perbankan juga meningkatkan kerjasamanyan dengan satuan pendidikan.

“Secara khusus OJK kantor regional dan provinsi di Kabupaten/Kota juga mengimplementasikannya melalui eksistensi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) yang kini telah terbentuk di 32 Provinsi dan 154 Kabupaten Kota,” ujarnya lagi.

Pemimpin Divisi Dana dan Jasa Bank Sumut Budi Anshari Nst menjelaskan, Tabungan SIMPEL telah juga diimplementasikan Bank Sumut untuk mendukung peningkatan budaya menabung, Budi juga menyampaikan per Juli 2020 total Tabungan SIMPEL di Bank Sumut mencapai 33.857 rekening dengan jumlah tabungan yang terhimpun sebesar Rp9,3 miliar.

Lebih lanjut Budi juga menyampaikan pada acara tersebut Bank Sumut juga telah membukakan rekening SIMPEL untuk 100 santri dan dyah di Pesantren Darul Arafah.

Ketua Yayasan Pesantren Darul Arafah Ustad Harun Lubis menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas terselenggaranya acara tersebut. Dirinya juga berharap Bank Sumut kedepannya dapat terus meningkatkan pelayanan perbankan bagi kalangan Pesantren. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published.