Peringatan Cuaca Ekstrem Dalam 3 Hari di 13 Daerah

Pelayananpublik.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan peringatan dini terkait cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di 13 daerah/provinsi di wilayah Indonesia selama 6 Agustus 2020 – 08 Agustus 2020.

Potensi cuaca ektrem hujan lebat, petir dan puting beliung itu terjadi karena pusat tekanan rendah terpantau di Laut Cina Selatan (1006 hPa) yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Laut Cina Selatan bagian selatan.
Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Laut Banda bagian utara hingga perairan Pulau Ambon dan dari Samudera Pasifik utara Papua hingga Papua Barat bagian selatan.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah dan daerah konvergensi tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang/puting beliung:
6 Agustus 2020: Maluku, Papua Barat dan Papua.
7 Agustus 2020: Maluku, Papua Barat dan Papua.
8 Agustus 2020: Papua Barat dan Papua

Sedangkan Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang/puting beliung yakni:

6 Agustus 2020: Aceh, Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.
7 Agustus 2020: Aceh, Lampung, Jawa Barat, Jabodetabek, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan Sulawesi Tengah.
8 Agustus 2020: Aceh, Lampung, Jabodetabek, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah dan Maluku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *