Review Kampus UMA dan Akreditasi Program Studi

Pelayananpublik.id – Nama Universitas Medan Area (UMA) diangkat sebagai penghargaan atas perjuangan mempertahankan kemerdekaan oleh para pejuang 1945 di kota Medan yang lebih dikenal dengan nama “Pejuang-Pejuang Medan Area”.

Adapun latar belakang pendirian Universitas Medan Area adalah sebagai salah satu wujud dari penjabaran UUD 1945 yaitu turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa serta merupakan wadah penampungan aspirasi dan hasrat masyarakat yang terus berkembang untuk menikmati pendidikan tinggi.

Tahun 1983-1984 adalah tahun-tahun akademik pertama dimulainya perjalanan Universitas Medan Area , yang kala itu telah memiliki lima Fakultas. Yakni Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Masing-masing fakultas tersebut berstatus izin operasional, menyelenggarakan program pendidikan Strata 1 (S1). Dalam waktu yang cukup singkat, pada pertengahan 1984 semua fakultas di UMA telah memperoleh status terdaftar. Pengakuan dan kepercayaan pemerintah ini tertuang dalam surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 054/0/1984 tanggal 6 Maret 1984.

Kemudian pada tahun akademik 1985/1986, Universitas Medan Area membuka fakultas baru yaitu Fakultas Psikologi. Kala itu, fakultas ini merupakan satu-satunya Fakultas Psikologi di luar pulau Jawa dan di tahun akademik pertamanya fakultas ini menampung 204 orang mahasiswa.

Perkembangan UMA tidak sampai di situ, pada tahun akademik 1988/1989 Universitas Medan Area kembali membuka satu fakultas baru, yaitu Fakultas Biologi. Yang lagi lagi, fakultas ini merupakan satu-satunya Fakultas Biologi di luar pulau Jawa.

Alamat kampus UMA terletak di Alamat: Jl. Setia Budi No.79 B, Tj. Rejo, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112.

Hingga saat ini Universitas Medan Area telah memiliki 7 fakultas dengan 16 program studi untuk Strata 1 (S1) dan 4 program studi untuk Strata 2 (S2). Daftar Fakultas beserta program studi di UMA adalah sebagai berikut :

  1. Fakultas Teknik
  • Teknik Sipil
  • Teknik Elektro
  • Teknik Mesin
  1. Fakultas Biologi
  • Biologi
  1. Fakultas Pertanian
  • Agroteknologi
  • Agribisnis
  1. Fakultas Isipol
  • Ilmu Pemerintahan
  • Ilmu Administrasi Negara
  • Ilmu Komunikasi
  1. Fakultas Ekonomi
  • Manajemen
  • Akuntansi
  1. Fakultas Hukum
  • Ilmu Hukum
  1. Fakultas Psikologi
  • Psikologi

Jenjang Pendidikan Strata Dua (S2) :

  1. Magister Administrasi Publik (MAP)
  2. Magister Agribisnis (MA)
  3. Magister Hukum (MH)
  4. Magister Psikologi (MPSI)

Tentunya keberadaan suatu kampus tidak akan terlepas dari unit kegiatan mahasiswa yang bertujuan untuk melatih pendewasaan diri dan memberikan berbagai pengalaman berharga bagi mahasiswanya. Kampus UMA punya beragam unit kegiatan mahasiswa di semua Fakultasnya, UKM tersebut antara lain :

FAKULTAS TEKNIK

  1. Ikatan Mahasiswa Sipil (IMS)
  2. Himpunan Mahasiswa Elektro (HME)
  3. Ikatan Mahasiswa Mesin (IMM)
  4. Ikatan Mahasiswa Arsitektur (WASTU KITA)
  5. Ikatan Mahasiswa Teknik Industri (IMTI)
  6. Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMIF)
  7. Pema Fakultas Teknik

FAKULTAS PERTANIAN

  1. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian (BEM FP)
  2. Himpunan Mahasiswa Agribisnis (HIMAGRI)
  3. Himpunan Mahasiswa Agroteknonoli (HIMAGRO)
  4. Cikal Nursary

FAKULTAS EKONOMI & BISNIS

  1. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis (BEM FEB)
  2. Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMMEN)
  3. Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKSI)

FAKULTAS HUKUM

  1. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum (BEMFH)
  2. LEX Natural Fakultas Hukum
  3. Himadana Fakultas Hukum
  4. Ikatan Mahasiswa Islam Fakultas Hukum (IMIFH)
  5. Ruang Kajian Mahasiswa Hukum
  6. Burjelick

FAKULTAS ISIPOL

  1. Pema Fisipol
  2. Hmj Administrasi Publik (Himap)
  3. Hmj Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Imajinasi)
  4. Hmj Ikatan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (Ikamita)

FAKULTAS PSIKOLOGI

  1. Forum Mahasiswa Islam Psikologi Ar-Ruuh (Formasi Ar-Ruh)
  2. Pemerintahan Mahasiswa Psikologi (Pema FPSI)
  3. Komunitas Mahasiswa Kristen Psikologi (KMKP)
  4. Gemar Alam Psikologi (GASI)

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

  1. Pema Fakultas Biologi
  2. Biosval

Kampus almamater biru tua ini memiliki dua lokasi, dengan sebutan Kampus I dan Kampus II. Adapun lokasi kampus UMA sebagai berikut:

Kampus I disebut Kampus Utama yang beralamat di Jalan Kolam No. 1, Medan Estate, Medan. Adapaun fakultas yang terdapat pada Kampus I adalah Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Biologi.

Sedangkan fasilitas pendukung perkuliahan yang ada di Kampus I antara lain Masjid Taqwa, kantin, kebun percobaan, pusat komputer, laboratorium-laboratorium, perpustakaan universitas dan perpustakaan fakultas, perkantoran rektorat, lapangan olah raga seperti sepak bola, volly, basket dan lain-lain.

Kampus II beralamat di Jalan Setia Budi No. 79B Medan. Selain 6 Fakultas regular ditambah dengan Fakultas Ekonomi, di Kampus II juga melaksanakan perkuliahan untuk mahasiswa pada jenjang Strata 2 (S2). Saat ini telah dibuka perkuliahan untuk Program Studi Magister Administrasi Publik (MAP), Magister Agribisnis (MA), Magister Hukum (MH), dan Magister Psikologi (MPsi) yang dilaksanakan pada pagi dan malam hari.

(foto: gedung-asrama-FAKULTAS-TEKNIK-UMA-KAMPUS-TERBAIK sumber UMA.ac.id)

Perpustakaan Kampus UMA pernah menjadi salah satu Perpustakaan Perguruan Tinggi Terbaik di Sumatera Utara, loh! Yaitu pada tahun 2015 dan 2017 yang diberikan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara.

Tidak hanya itu, Repository Universitas Medan Area juga memperoleh peringkat yang membanggakan pada Webometrics Repository. Pada tahun 2019, secara resmi perpustakaan Universitas Medan Area meraih penghargaan standar penyelenggaraan perpustakaan Perguruan Tinggi yaitu Akreditasi A yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Keren ya!

Setelah melewati banyak perkembangan dalam perjalan menuju kesuksesan mencerdaskan keidupan bangsa, akhirnya secara institusi UMA telah mendapatkan akreditasi “B” berdasarkan Surat Keputusa nomor  414/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Akreditasi biasanya juga bisa berubah dalam rentang lima tahun sekali, sehingga kamu perlu update mengenai informasi terkait. Karena, bisa saja sebelum 5 tahun, program studi terkait sudah melakukan re-akreditasi kembali. Untuk mengecek akreditasi terbaru, kamu bisa lihat di situs banpt.or.id.

Saat ini, sebagian besar program studi di UMA sudah terakreditasi dengan nilai A dan B. Untuk akreditasi masing-masing program studi adalah sebagai berikut:

Akreditasi Program Studi S1 UMA Medan

No Strata Program Studi Akreditasi
1 S1 Teknik Industri B
2 S1 Ilmu Hukum B
3 S1 Akuntansi B
4 S1 Manajemen A
5 S1 Psikologi B
6 S1 Teknik Sipil B
7 S1 Argoteknologi B
8 S1 Agribisnis A
9 S1 Ilmu Administrasi Negara A
10 S1 Ilmu Pemerintahan B
11 S1 Teknik Informatika C
12 S1 Biologi B
13 S1 Ilmu Komunikasi A
14 S1 Teknik Mesin B
15 S1 Teknik Elektro B
16 S1 Arsitektur B

Akreditasi Prodi S2

17 S2 Psikologi B
18 S2 Ilmu Hukum B
19 S2 Ilmu Administrasi Publik B
20 S2 Agribisnis A

 

Nah, itulah profil dan sejarah singkat mengenai Universitas Medan Area. Untuk kelengkapan informasi lainnya, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi kampus Universitas Medan Area ya! Semoga harimu menyenangkan! (noy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *