Kepala BNPB Bingung Banyak Orang yang Anggap Covid-19 Rekayasa

Pelayananpublik.id- Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo tak habis pikir mengapa masih ada saja orang yang menganggap pandemi Covid-19 hanya dongeng belaka.

Padahal, kasus virus Corona di Indonesia terus melonjak signifikan setiap harinya. Bahkan keyakinan bahwa Covid-19 itu hanya rekayasa membuat orang-orang menjadi abai terhadap protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.
“Masih ada sejumlah pihak yang menganggap ini adalah konspirasi. Covid ini rekayasa, Covid ini adalah konspirasi,” kata Doni dikutip dari Merdeka,¬† Senin (13/7/2020).

Saat ini, kata dia, belum ada penurunan yang signifikan dari jumlah kasus Covid-19 di Indobesia

Dia mengatakan, pasien yang meninggal dunia akibat virus Corona di Indonesia justru sudah melampaui angka 3.500 kasus. Bahkan, pasien Covid-19 yang meninggal di dunia sudah melebihi 550.000 orang.

“Jadi ini nyata, ini fakta. Oleh karenanya semua pihak harus betul-betul memahami ini,” jelasnya.

Ia mengatakan perlu ada sosialisasi yang masif agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan tokoh masyarakat dan ulama. Sehingga, penyebaran virus corona dapat ditekan.

“Khususnya para ulama. Ini juga menjadi penekanan Bapak Wapres untuk melibatkan para ulama di seluruh daerah. Agar seluruh program sosialisasi ini bisa betul-betul dipahami secara baik,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah terus berupaya menekan angka kematian Covid-19. Salah satunya yakni, dengan sosialisasi efektif dengan melibatkan seluruh komponen dengan kearifan lokal seperti antropolog, sosiolog, serta psikolog. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *