Deretan Maskapai yang Berikan Layanan Rapid Test Murah dan Gratis

Pelayananpublik.id- Pandemi Covid-19 membuat transportasi umum harus dibatasi dan diberlakukan protokol kesehatan secara ketat. Tak terkecuali pesawat udara.

Sejak ada Covid-19, pemerintah Indonesia memberlakukan aturan kepada penumpang yang hendak melakukan perjalanan menggunakan pesawat harus bisa menunjukkan dirinya negatif Covid-19.
 itu menjadi masalah baru sebab biaya tes cepat Covid-19 tidaklah murah. Biasanya tes cepat dikenakan biaya Rp350 ribu- Rp400 ribu. Sedangkan tes swab bisa mencapai Rp1,5 juta- Rp3,5 juta.
Karena kebijakan itu, orang jadi enggan bepergian apalagi dengan pesawat.
Nah, mempermudah penumpang, beberapa maskapai telah mengeluarkan kebijakan untuk memberikan rapid test Covid-19 dengan harga murah.
Sejauh ini masih 2 maskapai penerbangan yang mengumumkan telah menyediakan rapid test murah bahkan gratis.
Untuk rapid test gratis, Anda bisa mendapatkannya di maskapai Citilink.
Rapid test gratis Citilink ini diberikan kepada penumpang yang melakukan pembelian tiket pesawat (fresh booking) melalui Website dan Mobile Apps Citilink.
“Beli tiket Citilink gratis Rapid Test pada periode beli 1-7 Juli 2020,” tulis Citilink dalam keterangan resminya, Kamis (2/7/2020).
Adapun pemberian layanan Rapid Test Covid-19 secara gratis dengan ketentuan penerbangan sebagai berikut:
– Pemesanan tiket pesawat Date of Issued (DOI) per tanggal 1 -7 Juli 2020
– Jadwal penerbangan Date of Travel (DOT) per tanggal 2 – 31 Juli 2020
– Setelah melakukan pembayaran tiket, bagi 500 orang pertama yang berhak mendapatkan layanan Rapid Test secara gratis, akan menerima E-Ticket yang didalamnya terdapat Unique Number sebagai bukti klaim layanan.
– Bagi penumpang yang mendapatkan layanan Rapid Test Covid-19 secara gratis dan tidak menggunakannya (tidak melakukan klaim), maka secara otomatis akan hangus.
Layanan Rapid Test Covid-19 secara gratis ini tidak dapat ditukar dengan uang dan tidak dapat dilakukan refund (non refundable). Jadi kalau Anda berharap bisa menukarnya dengan uang, maka Anda salah.
Untuk melakukan klaim layanan Rapid Test Covid-19, penumpang dapat langsung mendatangi klinik yang dipilih sesuai dengan daftar Mitra Klinik Citilink & Klinik Pintar (Walk-In) maksimal 12 jam sebelum jadwal keberangkatan.
Catatan lainnya adalah, surat hasil Rapid Test hanya berlaku maksimal 14 x 24 jam sebagaimana Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19.
Adapun yang diperlukan dalam klaim pelayanan Rapid Test Covid-19 yaitu E-Ticket dan Kartu Identitas.
Tidak kebagian yang gratis? Masih ada maskapai yang menyediakan layanan rapid test murah, yakni Lion Air dan Wings Air.
Lion Air dan Wings Air menawarkan uji kesehatan awal dan cepat atau rapid test Covid-19 senilai Rp 95 ribu kepada penumpangnya.
Rapid test ini berlaku selama 14 hari dan sudah termasuk surat keterangan sesuai hasil.
Layanan ini tersedia sejak 29 Juni 2020 lalu.
Saat ini, rapid test bisa dilakukan 4 lokasi yakni, kantor pusat Lion Air Tower, Kantor Lion Air Group, Kantor Pusat Lion Air Parcel Pusat, dan Kantor Lion Operation Center.
Nah, cukup membantu bukan? Jadi Anda yang punya budget pas-pasan tapi hendak bepergian dengan pesawat silakan segera mengontak dua maskapai di atas. Ingat, stay safe selalu ya… (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *