Ada Virus Berbahaya Lagi di China, Kali Ini dari Babi

Pelayananpublik.id- Ketika Covid-19 menggemparkan dunia, kini malah ada virus baru lagi yang ditemukan yang dikanarkan bisa menjadi pandemi berikutnya.

Virus Flu tipe baru itu juga ditemukan di China. Setelah hentavirus yang asalnya dari tikus, kini ilmuwan mengidentifikasi virus G4 EA H1N1 yang berasal dari babi.

Dikutip dari BBC, para ilmuwan mengatakan, meskipun ini bukan masalah mendesak, virus ini memiliki “semua ciri” yang sangat disesuaikan untuk menginfeksi manusia dan membutuhkan pemantauan ketat.

Karena ini baru, orang bisa memiliki sedikit atau tanpa kekebalan terhadap virus ini.

Para ilmuwan menulis dalam jurnal Proceeding Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional, menakar bagaimana mengendalikan virus pada babi, dan pemantauan ketat terhadap pekerja industri babi, harus segera diimplementasikan.

Melihat sedikit ke belakang, pandemi flu terakhir yang dihadapi dunia yang terjadi tahun 2009 dimulai di Meksiko.

Pada saat itu virus itu tidak begitu mematikan daripada yang ditakutkan sebab banyak orang tua yang telah kebal, mungkin karena sebelumnya sudah ada virus-virus yang mirip dengan virus flu babi ini.

Saat ini, flu babi dicakup oleh vaksin flu tahunan untuk memastikan orang terlindungi.

Dan virus flu baru yang terdapat di China ini dikabarkan mirip dengan flu babi 2009, tetapi dengan beberapa perubahan baru.

Meski begitu, sejauh ini, virus ini belum menjadi ancaman besar, tapi Profesor Kin-Chow Chang dan kolega yang meneliti ini, mengatakan hal ini harus menjadi perhatian.

Virus yang disebut peneliti sebagai G4 EA H1N1 ini, bisa tumbuh dan berkembang biak di dalam sel yang melapisi saluran pernapasan manusia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *