Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Sederhana dan 5 Contoh Jitu Agar Diterima

Pelayananpublik.id – Bagi para pencari kerja tentu surat lamaran kerja adalah hal yang tidak asing lagi. Surat Lamaran Kerja adalah surat bersifat resmi yang dibuat dan dikirimkan ke perusahaan, kantor ataupun instansi oleh individu yang ingin bekerja di instansi tersebut.

Surat lamaran kerja merupakan wadah yang tepatbagi kamu untuk memperkenalkan dan mempromosikan diri kamu secara singkat namun tepat sasaran. Dalam cara buat surat lamaran kerja, hal yang perlu kamu perhatikan adalah data diri kamu serta pekerjaan apa yang hendak kamu lamar.

Untuk meyakinkan perusahaan yang akan kamu lamar, kamu harus membuat surat lamaran yang sederhana dan menarik agar bisa diterima bekerja. Selain itu, melengkapi seluruh berkas yang diminta juga harus kamu perhatikan. Nah, berikut hal yang harus kamu perhatikan dan langkah-langkah penulisan surat lamaran kerja versi Pelayanpublik:

6 hal penting yang harus kamu perhatikan dalam membuat surat lamaran kerja

1. Tips untuk struktur surat lamaran
– Perkenalkan diri kamu
– Sebutkan posisi pekerjaan apa yang akan kamu apply
– Berikan pembuktian bahwa kamu pantas untuk posisi tersebut, dengan cara sebutkan kemampuan dirimu yang relevan dan dapat menyukseskan posisi pekerjaan tersebut
– Tunjukkan semangat dan kesungguhan kamu dalam melamar pekerjaan tersebut
– Ucapkan terimakasih dan tinggalkan kontak kamu. Untuk lebih meyakinkan, kamu bisa tambahkan kalimat “Bisa dihubungi kapan saja” setelah kontak kamu.

2. Panjang surat lamaran
Perlu kamu ingat bahwa HRD menggunkan sekitar 10 detik saja untuk membaca surat lamaran, maka surat lamaran yang terlalu panjang malah akan melewatkan kesempatan kamu. Buatlah surat lamaran kamu pada selembar kertas, jangan bertele-tele dan buatlah seringkas mungkin namun tetap menarik. Intinya dalam sekali membaca, tim recruitment langsung tau siapa dirimu dan tertarik akan dirimu.

3. Jangan buat surat lamaran yang sama
Bahkan ketika kamu apply ke perusahaan dan posisi yang berbeda, hal ini tetap saja fatal. Kamu harsu membuat setiap surat lamaran kamu spesial dan bersifat personal.
Ini juga berlaku untuk CV yang akan kamu kirimkan beriringan dengan surat lamaran kamu. Kamu harus punya bank CV dan bank surat lamaran kerja yang mumpuni. Dalam bank tersebut kamu menyimpan dan memilah kemampuan, penghargaan, posisi yang cocok untuk kamu. Hal ini akan memudahkan kamu membuat beragam surat lamaran kerja yang tepat sasaran dan mengirimkannya pada perusahaan berbeda.

4. Mencari pekerjaan sama dengan seperti mecari jodoh!
Kamu harus mengenali latar belakang perusahaan yang akan kamu lamar, posisi yang dibutuhkan, kemampuan yang harsu dimiliki untuk posisi tersebut dan lebih baik lagi jika kamu tau nama bapak/ibu HRD di perusahaan tersebut. Hal ini bisa memperliatkan kamu adalah individu yang teliti, berkemauan tinggi dan keseriusan kamu untuk menempati posisi di perusahaan yang akan kamu lamar.

5. Yakinkan bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk dipilih menduduki posisi tersebut.
Kamu bida meyakinkan perusahaan yang akan kamu lamar dengan cara menuliskan latar belakang pendidikan, berbagai penghargaan dan pengalaman yang berhasil kamu raih dan relevan dengan posisi tersebut.

6. Perhatikan typo dan tanda baca
Memang kedengaran sepele, namun hal ini tentu sangat berpengaruh. Hal ini akan membuat kamu dipandang tidak teliti dan tidak meyakinkan.
Langkah-langkah menulis surat lamaran kerja :
– Tempat dan tanggal penulisan surat
– Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju (Lebih baik lagi jika kamu bubuhkan nama bapak/ibu HRD Perusahaan). Alamat lengkap perusahaan yang dituju.
– Salam Hormat
– Pembukaan/kata pengantar
Dalam kata pengantar, kamu wajib mencantumkan di mana kamu mendapatka informasi mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut. Misalya kamu mendapatkan informasi dari internet, surat kabar ataupun teman kamu.
Sebutkan posisi yang akan kamu lamar di perusahaan tersebut
– Biodata Pribadi
Tuliskan nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, email, nomor telpon serta pendidikan. Untuk riwayat pendidikan, kamu bisa menuliskan riwayat pendidikan tertinggi yang kamu punya.
– Pengalaman kerja dan kemampuan yang kamu punya
Jika kamu sudah pernah bekerja sebelumnya, kamu bisa menambahkan hal tersebut sebagai pengalaman kerja. Untuk kamu yang belum pernah bekerja, kamu bisa langsung saja membuat kemampuan kamu yang relevan dengan posisi pekerjaan yang dibutuhkan.
– Penutup
Dalam penutup ini, kamu bisa menuliskan bahwa kamupunya keinginan dan kemampuan yang kuat untuk diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa juga, ucapkan terimakasih dan kamu juga bisa menambahkan kalimat bahwa kamu siap dihubungi ataupun melakukan proses interview kapanpun.
– Lampiran
Untuk meyakinkan dan sebagai bukti kemampuan yang kamu sebutkan dalam surat lamaran, kamu juga harus melampirkan beberapa berkas pendukung sebagai berikut:
• Pas foto terbaru
• Fotokopi katru identitas diri (KTP)
• Daftar riwayat hidup
• Fotokopi ijazah terakhir
• Fotokopi sertifikat kompetensi (Kursus atau pelatihan kemampuan yang pernah kamu ikuti)
– Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap)

Untuk semakin memahami pembuatan surat lamaran kerja yang sudah dipaparkan, kamu bisa lihat beberapa contoh surat lamaran kerja berikut ini:

Contoh lamara kerja sebagai guru honor

Rantauprapat, 24 Juni 2020

Perihal : Lamaran pekerjaan
Yth Kepala SMA Negeri 2 Rantau Utara (Isi dengan nama Sekolah yang dituju)
Di Tempat

Dengan hormat,

Dengan ini saya membuat surat lamaran pekerjaan untuk menjadi guru honor di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin, adapun data pribadi saya sebagai berikut :

Nama :
Tempat dan Tanggal Lahir ;
Jenis Kelamin :
Pendidikan terakhir :
Alamat :
Email :
Nomor Telpon :

Berdasarkan keterangan di atas, saya bermaksud untuk melamar perkejaan sebagai guru honorer di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin.
Sebagai pertimbangan, saya lamprikan :
1. Fotokopi ijazah terakhir sebanyak 1 lembar
2. Fotokopi transkip nilai sebanyak 1 lembar
3. Fotokopi KTP sebanyak 1 lembar
5. Pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar

Demikian surat lamaran ini saya buat sebenar-benarnya, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya
(…………….)

—————————————————————————————————————————————————–

Contoh surat lamaran pekerjaan di hotel

Batam, 29 Februari 2020

Yang terhormat,
HRD PT. Hotel Ranay Indah
Batam, Kepulauan Riau
Hal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari situs resmi PT. Hotel Ranay Indah, bahwa perusahaan Bapak/Ibu pimpin sedang membutuhkan tenaga kerja untuk menempati posisi Penerima Tamu. Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi tersebut. Berikut saya cantumkan data diri saya :

Nama :
Tempat, Tanggal Lahir :
Jenis Kelamin ;
Alamat :
Pendidikan Terakhir
Telepon :
Saya siap dipanggil dan melakukan interview kapanpun. Perlu saya sampaikan bahwa saya menguasai Bahasa Inggis dan Bahasa Mndarin, setrta dapat berkomunikasi dengan baik. Sebagai pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa persyaratan yang diminta oleh perusahaan :

• Pas Foto 3×4 berwarna (2 lembar)
• Daftar Riwayat Hidup
• Fotokopi KTP
• Fotikopi Ijazah
• Fotokopi sertifikat-sertifikat keahlian

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya perbuat. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu HRD berkenan mempertimbangkan saya untuk menempati posisi yang sudah disebutkan. Atas perhatoan dan kebijaksanaanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

(nama pelamar)

——————————————————————————————————————————————————

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Umun

Hal : lamaran pekerjaan
Kepada Yth.
Bpk / Ibu Personalia
PT. Bangun Pelita
Jl. Soedirman No. 19
Jakarta Barat

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Bangun Pelita yang saya dapatkan dari iklan di Sosial Media (Instagram). Saya bermaksud untuk melamar untuk mengisi posisi kerja bagain Marketing di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Berikut saya cantumkan data diri saya :

Nama :
Tempat / tgl. Lahir :
Pendidikan Terakhir :
Alamat :
Telepon :
Email :
Perlu juga saya sampaikan bahwa saya menguasai bahasa Inggis. Saya juga dapat mengoperasikan komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya yang dapat memenuhi dan mensukseskan posisi Marketing.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Fotokopi ijazah S1
3. Fotokopi transkrip nilai
4. Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo terbaru (2 lembar)

Saya siap melakukan wawancara dengan dari Bapak / Ibu Personalia kapanpun, agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang kemampuan serta potensi saya untuk memajukan perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.
Demikian surat lamaran ini, atas perhatian Bapak / Ibu personalia saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

Dewinsa Sanira

—————————————————————————————————————————————————-

Contoh surat lamaran pekerjaan di Perusahaan Swasta

Medan, 20 Juni 2020

Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth,
Kepala PT Rahmat Sentosa
Medan Barat

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan PT Rahmat Sentosa yang saya dapatkan di website resmi PT Rahmat Sentosa. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun posisi pekerjaan yang akan saya lamar adalah bagian Staff Administrasi Produksi.
Berikut data diri saya :

N a m a :
Alamat :
Tempat dan Tanggal Lahir :
Pendidikan :
Telepon :

Saya dapat mengoperasikan dengan baik Microsoft Office (Word, Excel dan Power Point) sebagai program kerja yang sering digunakan dan juga fasih berbahasa Inggris.
Berikut saya lampirkan sebagai pertimbangan:
Curriculum Vitae
Foto Copy Ijazah Terakhir yang Dilegalisir
Foto Copy Transkip Nilai yang Dilegalisir
Foto Copy Kartu Keluarga
Foto Copy Sertifikat TOEFEL
Surat Pengalaman Kerja
Pas Foto Terbaru ukuran 4X6 2 Lembar
Demikian surat lamaran pekerjaan ini, saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat Saya
(……………)

—————————————————————————————————————————————————

Contoh surat lamaran kerja untuk ke Perusahaan Swasta

Batam, 16 Desember 2016

Kepada Yth
HRD Manager PT. Kembang Jaya Merpati
Jl. Gatot Subroto No. 8, Kota Batam

Perihal: Lamaran Kerja

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari media massa tertanggal 20 Desember 2019, PT. Kembang Jaya Merpati membuka beberapa lowongan pekerjaan. Dengan surat Lamaran ini, saya ingin bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu pimpinan. Adapun pekerjaan yang saya maksud adalah bagian Marketing di PT. Kembang Jaya Merpati.

Berikut adalah data singkat saya

Nama : Nur Fatimah
Tempat/tgl lahir : Medan, 12 maret 1988
Jenis kelamin : Perempuan
Pendidikkan terakhir : S1 Ekonomi
Alamat : Jl. Mangkubuni No. 2, Kota Medan
Telepon /HP : 085879670142

Saat ini saya dalam keadaaan sehat jasmani maupun rohani. Kemampuan berbahasa inggris saya cukup mumpuni. Saya juga mengutamakan kedisiplinan dan kerja keras.

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan di waktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:

Foto ukuran 3 x 4
Foto copy KTP
Daptar Riwayat Hidup
Foto copy Ijasah terakhir
Foto copy SKCK
Foto copy surat pengalaman kerja

Saya berharap menjadi bagian dari perusahaan Bapak/Ibu agar dapat menjelaskan lebih detil lagi mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna bagi perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya

(Nama Pelamar)

Selain membuat surat lamaran kerja yang sederhana dan bagus, hal penting untuk kamu ketahui mengenai peraturan penulisan lamaran kerja. Untuk surat lamaran ke perusahan, kamu bisa tulis dengan ketik atau tulisan tangan. Sedangkan untuk CPNS, sesuai dengan peraturan haruslah ditulis dengan tangan.

Nah, setelah mengirimkan surat lamaran, kamu juga akan diwawancarai. Maka, mempersiapkan pikiran serta mental kamu juga sangat penting demi berhasil menjawab pertanyaan dengan baik dan jujur dari pewawancara. Dan yang terakhir, jangan lupa berdoa agar kamu di terima kerja. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *