Nyesal Pernah Alay, Begini Cara Hapus Unggahan Lawas di FB

Pelayananpublik.id– Media sosial memang tempat bersenang-senang dan mencari hiburan. Karenanya banyak orang yang menggunakannya sesuka hati tanpa pikir panjang.

Salahsatu media sosial yang cukup populer dan dimiliki hampir semua orang adalah Facebook (FB). Facebook sering kali digunakan untuk memposting hal-hal tidak bermanfaat, menyebar berita bohong, hingga dibanjiri curhahan hati.

Sayangnya, Facebook saat ini bukan cuma digunakan sebagai hal iseng saja. Sebutlah untuk keperluan melamar kerja, pihak HRD tak jarang meminta akun medsos untuk diteliti.

Kalau unggahan baru-baru ini sih baik-baik saja, tapi bagaimana dengan unggahan lawas Anda. Pernah alay? Pernah posting foto tidak senonoh? Pernah menghujat presiden?

Nah, ternyata Facebook punya fitur untuk menghapus atau menyunying unggahan lawas penggunanya loh.

Dikutip dari situs resmi Facebook lewat Liputan6, fitur tersebut adalah Manage Activity.

Fitur ini dapat membantu pengguna melakukan kurasi unggahan-unggahan konten yang menggambarkan dirinya di waktu sekarang.

Facebook menyebut fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan beberapa hal terhadap unggahan lawas. Salah satunya adalah mengarsipkan atau menyembunyikan unggahan tersebut dari publik, tapi tetap dapat dilihat pengguna.

Jadi jika Anda ingin menghapusnya silakan pilih delete. Tapi jika tidak, Anda cukup pilih hide from publik atau sembunyikan postingan.

Selain itu, pengguna juga dapat menghapus unggahan yang tidak ingin disimpan langsung ke tempat sampah. Kemudian unggahan tersebut akan otomatis terhapus setelah 30 hari di tempat sampah atau dapat dihapus secara manual.

Selama belum dihapus dari server, unggahan tersebut dapat dipulihkan, apabila pengguna berubah pikiran.

Facebook juga akan menampilkan unggahan pengguna dalam satu tampilan yang dibekali kemampuan filter untuk membantu mencari unggahan spesifik.

Namun untuk saat ini, fitur Manage Activity baru meluncur untuk aplikasi Facebook Lite dan menyusul di aplikasi Facebook biasa. Dan untuk versi desktop, belum ada informasi mengenai jadwal kehadirannya. (*)

Sumber: Liputan 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *