Apa Itu Keyboard, Fungsi, Hingga Jenisnya

Pelayananpublik.id- Dalam menggunakan komputer baik itu PC maupun handset, saat ini kita sangat dimudahkan dengan adanya keyboard.

Bisa dibilang keyboard adalah salah satu perangkat yang penting dalam komputer.

Keyboard adalah papan yang berisi tombol-tombol huruf, angka dan kode lain. Tombol-tombol ini juga berfungsi mengirimkan perintah kepada komputer dari user.

Meskipun saat ini sudah ada mouse yang mempermudah pekerjaan user, tapi tak semua orang nyaman menggantikan fungsi keyboard dengan mouse. Kemudian keyboard digunakan untuk menulis dokumen. Itu tidak bisa dilakukan mouse pada komputer.

Sedangkan pada handset khususnya smartphone kini sudah ada fitur menulis dengan suara. Jadi ketika Anda mengucapkan sesuatu, handset Anda bisa menuliskannya tanpa perlu meminta Anda menyentuh keyboard.

Keyboard adalah salah satu perangkat input komputer dimana keyboard berisi susunan huruf, angka, dan fungsi kontrol yang lain.

Meskipun bukan satu-satunya perangkat input pada komputer, peran keyboard sangatlah penting karena sebagian perintah yang berupa teks dan komando lain yang dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui keyboard.

Terkait bentuknya, keyboard didesain mirip dengan tuts mesin tik, hanya saja ada beberapa fitur lain yang ditambahkan.

Dengan kata lain, keyboard digunakan sebagai alat untuk menyampaikan data atau perintah dari seseorang ke dalam komputer yang selanjutnya data tersebut akan diubah menjadi bahasa pemrograman yang dimengerti oleh CPU dan kemudian akan diproses secara seksama.

Papan keyboard modern yang digunakan saat ini adalah hasil pengembangan keyboard yang dipatenkan oleh Christipher Scholes pada tahun 1868. Istilah keyboard saat ini juga tidak hanya mengacu pada papan ketik pada komputer, melainkan juga mengacu pada keyboard laptop dan handphone.

Huruf yang tersusun pada setiap keyboard selalu sama yakni dalam susunan tombol Qwerty. Keyboard dengan konektor (port) PS/2 merupakan jenis keyboard yang ‘agak’ jadul di masa sekarang.

Fungsi Keyboard

Sepertin yang sudah dijelaskan sebelumnya, keyboard memiliki fungsi penting pada komputer.

Adapun fungsi utama suatu keyboard adalah untuk memasukkan data maupun perintah pada komputer atau yang dikenal sebagai perangkat input.

Sedangkan fungsi lain dari keyboard adalah sebagai berikit.

1. Berdasarkan tombol ketik yaitu dapat dipakai untuk kebutuhan mengetik atau meng-input data ke dalam suatu dokumen yangkemudian ditampilkan pada monitor komputer. Tombol ketik tersebut berupa tombol dengan huruf atau angka yang tersusun pada keyboard.

2. Memilih suatu perintah tertentu yang muncul pada aplikasi yang dijalankan pada komputer.

3. Menyesuaikan dengan aplikasi atau softwere yang sedang dijalankan seperti misalkan tombol F1 jika di tekan maka akan memunculkan menu bantuan (Help) sesuai dengan softwere yang dijalankan. Tombol fungsi ini terdiri dari F1sampai F12 yang tersusun secara berderet.

4. Membatalkan suatu dialog tertentu. Tombol Tab berfungsi untuk pemindahan suatu teks.

5. Menggulir layar ke bawah dan ke atas dan masih banyak fungsi lainnya.

Jenis-Jenis Keyboard

Nah, ada beberapa jenis keyboard yang sering digunakan user saat ini. Berikut contoh dan penjelasannya.

1. Berdasarkan Letak Tombol

– Qwerty

Untuk keyboard dengan letak huruf dan angka paling umum saat ini adalah keyboard QWERTY.

Keyboard QWERTY ini diciptakan berdasarkan layout mesin tik. Tata letak ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. Keyboard QWERTY didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saatmengetik (pada mesin ketik mekanik).

Nah, ingatkan dulu saat kemunculan smartphone dengan keyboard qwerty, sebagian orang masih bingung menggunakannya karena saat itu ponsel hanya memiliki keyword non qwerty

– Keyboard DVORAK

Keyboard ini dibuat pada tahun 1936. Keyboard Dvorak diciptakanberdasarkan prinsip kerja biomekanis dan efisiensi. Susunan letak tombol huruf dengan jenis QWERTY dibuat sedemikian rupa sehingga 56 % ketukan ada padatangan kanan dan jari-jari yang lebih banyak bekerja adalah jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Huruf-huruf yang ada pada baris tengah lebih seringdiketuk kira-kira sampai 70 % dan perpindahan antar baris hanya sekitar 10 %sehingga kelelahan jari-jari sangat banyak berkurang.

– Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiridan kanan).

Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajatdan dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasalebih nyaman.

Keyboard KLOCKENBERG tampak lucu karena dipisahkan bagian kiri dan kanannya yang relatif lebih banyak memakan ruang. Walaupun demikian, keyboard KLOCKENBERG sudah lebih baik dalam hal pengurangan beban padajari dan lengan. Hal ini dapat mengurangi nyeri otot pada bahu dan pergelangantangan. Dari ketiga macam keyboard tersebut, ternyata keyboard QWERTY yang tetap diusulkan sebagai keyboard resmi.

2. Berdasarkan Konektornya- Keyboard Serial

Keyboard serial ini menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada computer tipe AT. Keyboard Serial adalah keyboard yang terhubung ke computer menggunakan port Serial.

– Keyboard PS/2

Keyboard PS/2 biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat. Hal itu karena port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.

– Keyboard Wireless

Nah, zaman semakin canggih sehingga keyboard pun tak perlu oakai kabel. Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth.

Keyboard USB

Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat dan lebih mudah dalam pemasangannya.

Susunan tombol keyboard

Penyusunan angka dan huruf di dalam sebuah keyboard tentu tidak berlangsung begitu saja.

Dalam suatu papan keyboard terdapat huruf beberapa tombol dan lampu indikator yang menandakan keyboard berfungsi dengan benar. Susunan tombol tersebut meliputi :

1. Main Typing keypad

Main typing keyopad adalah papan ketik utama yang berisi huruf A sampai Z, tanda baca dan angka 1 – 0 yang digunakan untuk memasukkan teks ke dalam sistem komputer misalnya saat mengetik pada Microsoft Office atau pada browser internet.

2. Tombol Penunjuk Arah

Dalam keyboard posisi direction keys ini biasanya di sudut kanan bawah. Tombol itu biasanya berisi petunjuk arah dengan simbol anak panah.

3. Numeric/ Directional Keypad

Numerik atau NUM, adalah tombol yang berisi angka dan tombol pemindah kursor yang biasanya terletak pada sisi kanan main typing board.

Tombol ini hanya akan berfungsi jika tombol fungsi Numeric key dinyalakan. Tombol ini akan memudahkan seseorang dalam mengetik dan memasukkan angka ke dalam sistem.

4. Function Keys

Tombol-tombol ini berada diatas tombol main typing keypad dan dapat dikenali dari tanda F1 hingga F12. Tombol-tombol ini berfungsi untuk mengatur beberapa perintah seperti menyimpan dokumen, memunculkan menu help saat mengetik di Microsoft word dan lain sebagainya.

5. Special Keys

Tombol ini ada dibagian atas tombol directional keys dan terdiri dari tombol Home, Delete, Page up, Page Down, Insert, Print screen, pause break dan End.

6. Modifier Keys

Mofofier keysYang termasuk dalam golongan keypad ini adalah tombol Ctrl, Alt dan Shift. Sesuai dengan namanya, ketiga tombol ini akan merubah atau memodifikasi fungsi suatu tombol lain dalam keypad dan bisa ditekan bersamaan tombol lain tersebut untuk memunculkan suatu perintah.

Misalnya tombol Ctrl yang ditekan bersamaan dengan huruf C akan secara otomatis menyalin data yang sudah dipilih pada monitor. Kombinasi tombol-tombol tersebut juga sering disebut sebagai shortcut keys.

8. Lock Keys

Lock keyas adalah indikator cahaya yang menandakan bahwa suatu tombol sedang digunakan untuk mengatur suatu fungsi misalnya tombol Caps lock yang memungkinkan data diketik dengan huruf kapital dan numeric lock yang digunakan untuk mengaktifkan tombol numeric key.

9. Windows keys

Biasanya pada keyboard pada komputer windows memiliki tombol yang bergambar logo Microsoft windows itu sendiri. Tombol ini berfungsi untuk memunculkan menu pada jendela windows pada komputer.

Dari penjelasan mengenai pengertian keyboard diatas maka kita dapat mengetahui dengan jelas bahwa fungsi keyboard memang jelas dipergunakan untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer misalnya dalam bentuk teks dan angka saat mengetik.

Tidak hanya itu keyboard juga berfungsi menggerakkan kursor dan monitor yang sedang digunakan agar lebih efisien atau jika mengalami kesulitan menggeser kursor dengan menggunakan mouse. Ada banyak jenis dan merk keyboard di pasaran, pastikan Anda memilih keyboard yang baik untuk komputer Anda agar perangkat dapat bekerja secara optimal.

Demikian ulasan mengenai keyboard, pengertian, fungsi hingga manfaatnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *