Hikvision Perkenalkan Kamera Termal saat Penyerahan Bantuan APD ke Pemkot Medan

Pelayananpublik.id – Di tengah masih merebaknya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), sejumlah bantuan medis terus berdatangan ke Pemko Medan.

Kali ini, bantuan diberikan dari perusahaan teknologi Hikvision berupa 1000 pcs masker medis, 1000 makser biasa, 200 masker N95 serta 50 kacamata pelindung. Diharapkan, bantuan yang diberikan dapat membantu Pemko Medan dalam percepatan penanganan Covid-19.

Bantuan tersebut diterima langsung Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi di Posko Gugus Tugas Covid-19, Gedung Serbaguna Dharma Wanita, Jalan Rotan Medan, Rabu (3/6/2020).

Saat menerima bantuan yang diberikan Manager Cabang Hikvision Sumatera Ocha Sandi Wijaya, Akhyar turut didampingi Kadis Kominfo Medan Zain Noval, Kadis Ketenagakerjaan Hannalore Simanjuntak, Kadis Koperasi dan UMKM Edliyati serta Plt Kadis Perindustrian Parlindungan Nasution.

Dalam sambutan singkatnya, Akhyar mengucapkan terima kasih kepada Hikvision atas bantuan yang diberikan kepada Pemko Medan. Sebab, saat ini Pemko Medan banyak membutuhkan alat medis guna membantu tugas tenaga kesehatan yang bertugas dalam penanganan Covid-19 di Kota Medan.

“Atas nama pribadi dan seluruh jajaran Pemko Medan, saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan tersebut. Nantinya bantuan ini akan kita salurkan kepada para tenaga medis yang bertugas. Selain itu, bantuan ini tentu menjadi wujud kepedulian bersama untuk memutus mata rantai Covid-19 di Kota Medan,” kata Akhyar.

Di kesempatan tersebut, Akhyar mengajak semua pihak untuk bersiap menuju era new normal (kenormalam baru). Meski saat ini Kota Medan belum menerapkan hal tersebut. Sebab ungkap Akhyar, Pemko Medan tengah mempersiapkan segala sesuatu untuk menuju proses penerapan new normal.

“Banyak persiapan yang harus dilakukan menuju new normal. Persiapan itu meliputi infrastruktur, kultur serta kesiapan masyarakat dari berbagai aspek. Untuk saat ini, kita siapkan diri dengan senantiasa patuh dan mengikuti protokol kesehatan untuk melindungi diri dan orang lain dari kemungkinan terjadinya penularan Covid-19. Tetap jaga kondisi tubuh, semoga pandemi ini segera berakhir,” pesannya.

Di tempat yang sama, Manager Cabang Hikvision Sumatera Ocha Sandi Wijaya mengungkapkan bahwa bantuan yang diberikan Hikvison sebagai bentuk dukungan kepada Pemko Medan untuk menanganani sekaligus upaya memutus mata rantai Covid-19 di Kota Medan.

“Bantuan ini menjadi wujud kepedulian Hikvision serta bentuk semangat untuk bersama-sama menangani Covid-19. Kami berharap, dengan bantuan ini dapat membantu Pemko Medan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sehingga aktifitas kita dapat kembali berjalan normal,” harap Ocha.

Dalam kesempatan itu, Hikvision memperkenalkan alat pemindai suhu thermal yang menawarkan pendekatan yang menggabungkan teknologi yang kompeten. Penggunaan alat surveillance (Sistem Kamera Teknologi Thermal).

“Alat ini berfungsi sangat baik dalam pencegahan penyebaran virus Covid 19 secara cepat, efektif dan efisien,” terang Ocha.

Alat ini juga sudah terpasang di posko utama gugus tugas kota Medan dalam rangka penanganan Covid 19 di kota Medan.

Pemindaian suhu tubuh menjadi salah satu protokol wajib yang harus dipersiapkan saat memasuki new normal atau kenormalan baru.

“Hikvision dapat menjadi solusi untuk persiapan memasuki kenormalan baru selama pandemi Covid-19. Hikvision Thermal dirancang untuk mendeteksi suhu permukaan kulit dengan cepat dan aman digunakan di area publik. Alat ini juga punya tingkat efisiensi tinggi dan dapat digunakan dalam berbagai skenario,” tambahnya.

Beberapa lokasi yang sudah terpasang alat canggih tersebut di antaranya bandara internasional di kota-kota besar Indonesia, bank multinasional, dan perkantoran yang tetap beroperasi selama masa pandemi Covid-19. Hikvision Thermal menggabungkan beragam teknologi yang kompeten dan canggih.

Alat ini lebih aman karena menggunakan metode pengukuran tanpa sentuh untuk menghindari kontak fisik. Hikvision Thermal juga lebih cepat mendeteksi suhu tubuh.

Waktu pemindaiannya hanya satu detik per orang sehingga bila dipasang di area publik tentunya dapat menghindari antrean. Selain itu, pemindai suhu dari Hikvision juga dilengkapi teknologi artificial intelligent (AI). Teknologi tersebut dapat mengurangi hasil pengukuran yang tidak akurat.

Alat termal dari Hikvision tersebut sangat cocok digunakan di gedung, rumah sakit, bandara, sekolah, taman bermain, tempat ibadah, dan ruang publik lainnya. Dengan alat ini, protokol kesehatan untuk kenormalan baru dapat dilakukan lebih efektif dan efisien.

Selanjutnya, Akhyar melihat thermal scanner (kamera pendeteksi suhu tubuh) yang dipasang Hikvison untuk diperkenalkan kepada Akhyar. Kemudian, Akhyar mencoba langsung fungsi thermal scanner dengan berdiri tepat di depan kamera pendeteksi yang telah terkoneksi langsung pada sebuah layar untuk menampilkan suhu tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *