Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi, Unsur Hingga Contohnya

Pelayananpublik.id- Salahsatu karya seni yang dapat dengan mudah dinikmati adalah seni rupa. Nah, yang saat ini juga mudah ditemukan, apalagi di era digital adalah seni rupa dua dimensi.

Seni rupa dua dimensi adalah suatu karya seni rupa yang hanya mempunyai 2 sisi yakni panjang dan lebar. Ia tidak mempunyai ruang karena tidak mempunyai unsur ketebalan.

Seni rupa juga termasuk salah satu dari berbagai cabang seni yang hasil karyanya bisa dinikmati oleh indera penglihatan dan perabaan.

Dengan kata lain, karya seni rupa disebut juga visual art yaitu karya seni yang dapat dilihat dan mempunyai wujud nyata.

Unsur Seni Rupa 2D

Dalam menghasilkan karya, seorang perupa (seniman, desainer, kriyawan, perajin dan sebagainya) biasanya mengolah unsur-unsur seni rupa fisik dan nonfisik sesuai dengan keterampilan dan kepekaan yang dimilikinya.

Unsur fisik dapat secara langsung dilihat dan atau diraba. Sedangkan unsur nonfisik adalah prinsip atau kaidah-kaidah umum yang digunakan untuk menempatkan unsur-unsur fisik dalam sebuah karya seni.

Adapun unsur fisik seni rupa 2 dimensi adalah sebagai berikut:

1. Garis, yakni unsur fisik yang mendasar dan penting untuk menciptakan karya seni rupa.

Dimensi garis adalah datar memanjang, arah dan sifat-sifat khusus seperti: pendek, panjang, vertikal, horizontal, lurus, melengkung, berombak dan sebagainya.

2. Raut yakni bidang dan bentuk atau wujud dari suatu objek. Istilah ”bidang” digunakan untuk menunjuk wujud benda yang datar, sedangkan bangun/bentuk menunjukkan wujud benda yang tampak memiliki volume (mass), meskipun pada seni rupa 2 dimensi, volume tersebut hanya ilusi.

3. Ruang, yakni kesan dimensi dari objek atau background yang terdapat pada karya seni. Ruang di sini bukan seperti pada seni rupa 3 dimensi yang bisa dilihat dan diraba secara nyata. Ruang dalam seni rupa 2 dimensi adalah hanya permainan teknik misalnya melalui perbedaan intensitas gelap-terang, warna hingga terlihat ruang semu.

4. Tekstur, yakni unsur rupa yang menunjukan kualitas taktil dari suatu permukaan atau penggambaran struktur permukaan suatu objek pada karya seni rupa. Terdapat tekstur semu (buatan) dan tekstur asli.

Tekstur asli adalah perbedaan ketinggian permukaan objek yang nyata dan dapat diraba (seperti cat timbul). Sementara tekstur semu/buatan adalah kesan semu permukaan objek yang direka melalui pengolahan unsur garis, gelap-terang, dan lainnya.

5. Gelap-Terang, yakni rekaan perbedaan intensitas cahaya yang jatuh pada permukaan benda yang digambar/dilukis pada karya seni rupa 2dimensi. Bagian yang terkena cahaya harus dibuat lebih terang dan bagian yang kurang terkena cahaya akan harus tampak lebih gelap.

6. Warna. Menurut teori warna Brewster, semua warna yang ada berasal dari tiga warna pokok (primer) yaitu merah, kuning, dan biru. Dalam berkarya seni rupa terdapat beberapa teknik penggunaan warna, yaitu secara harmonis, heraldis, murni, monokromatik dan polikromatik.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

1. Lukisan

Lukisan adalah karya seni rupa 2 dimensi yang proses membuatnya dilakukan dengan memulaskan cat dengan alat kuas lukis, pisau palet atau peralatan lain.

Sedangkan mediumnya bisa kertas, kayu, papan, kanvas dan sebagainya.

Lukisan bisa berupa gambaran pemandangan, benda, bunga, manusia, hewan, bahkan gambar abstrak yang berupa perpaduan warna-warna saja.

2. Fotografi

Contoh lain karya seni rupa dua dimensi adalah fotografi. Fotografi adalah adalah karya seni hasil proses pengambilan gambar lewat kamera.

Meski kelihatannya sangat mudah, fotografi juga memiliki teknik tersendiri agar foto yang dihasilkan berkualitas dan bernilai seni tinggi.

3. Batik

Batik merupakan seni melukis yang dilakukan diatas kain dengan menggunakan lilin/malam sebagai pelindung untuk mendapatkan ragam hias diatas kain tersebut.

Salah satu ciri khas dari Negeri kita adalah batik, banyak sekali motif batik khas dari berbagai daerah. Batik juga merupakan contoh seni rupa 2 dimensi.

4. Mural

Mural merupakan lukisan yang medianya adalah dinding atau tembok.
Mural dikenal juga sebagai lukisan dinding atau wall art.

Di beberapa kota bisa dilihat tembok-tembok dilukis dengan indah, sehingga pejalan kaki yanh melintas bisa sekalian cuci mata.

5. Poster

Kita sering kali melihat di jalan berbagai macam poster dengan bentuk gambar atau tulisan yang ditempel di dinding maupun di tembok. Nah poster ini juga termasuk ke dalam contoh seni rupa 2 dimensi.

Demikian ulasan mengenai seni rupa 2 dimensi mulai dari pengertian, unsur hingga contohnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *